Tafsir Surat At Tahrim (Bag. 2)

🏹🏹🏹🏹🏹🏹🏹

📌Jangan Haramkan Apa Yang Allah Halalkan

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ู„ูู…ูŽ ุชูุญูŽุฑู‘ูู…ู ู…ูŽุง ุฃูŽุญูŽู„ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูƒูŽ ุชูŽุจู’ุชูŽุบููŠ ู…ูŽุฑู’ุถูŽุงุชูŽ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌููƒูŽ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุบูŽูููˆุฑูŒ ุฑูŽุญููŠู…ูŒ

โ€˜Wahai Nabi, mengapa kamu mengharamkanย  apa yang Allah halalkan bagimu, kamu mencari kesenangan hati isteri-isterimu?dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayangโ€. ( QS. At Tahrim [66]:1)

📌Sabab Nuzul ayat

Seperti telah disebutkan pada bagian pendahuluan, ayat pertama ini berkisah tentang sikap Nabi Muhammad yang mengharamkan istrinya yaitu Mariyah al Qibtiyah, saat Hafshah mendapati nabi bersama Mariyah dirumah Hafshah, yang pada saat itu merupakah giliran Hafshah yang seharusnya bersama Nabi, Hafshah cemburu. Lalu beliau bersumpah tidak akan mencampuri Mariyah al Qibtiyah lagi dengan maksud agar Hasfhah ridha dan senang atas hal tersebut. namun kemudian Allah menegur sikap nabi tersebut dan memerintahkannya untuk melakukan kafarat atas sumpahnya.[1]

📌Siapakah Mariyah al-Qibtiyah?

Dia adalah Mariyah binti Syamaโ€™un dan dilahirkan di dataran tinggi Mesir yang dikenal dengan nama Hafn. Ayahnya berasal dan Suku Qibti, dan ibunya adalah penganut agama Nasrani di Romawi. Setelah dewasa, bersama saudara perempuannya, Sirin, Mariyahย  dipekerjakan pada Raja Muqauqis di Iskandariyah, Mesir.

Rasulullah mengirim surat kepada Muqauqis melalui Hatib bin Abi Baltaโ€™ah, menyeru raja agar memeluk Islam. Raja Muqauqis menerima Hatib dengan hangat, namun dengan ramah dia menolak memeluk Islam, justru dia mengirimkan Mariyah, Sirin, dan seorang budak bernama Maburi, serta hadiah-hadiah berupa emas dan hasil kerajinan dari Mesir untuk Rasulullah. Di tengah perjalanan, Hatib merasakan kesedihan hati Mariyah karena harus meninggalkan kampung halamannya. Hatib menghibur mereka dengan menceritakan tentang Rasulullah dan Islam, kemudian mengajak mereka memeluk Islam.

Mereka pun menerima ajakan tersebut. Ibnu Saโ€™ad menyebutkan dalam Tabaqat al-Kubra bahwa Aisyah memendam rasa cemburunya kepada Mariyah, โ€œAku tidak pernah cemburu kepada wanita kecuali kepada Mariyah karena dia berparas cantik dan Rasulullah sangat tertarik kepadanya.Ketika pertama kali datang, Rasulullah menitipkan Mariyah di rumah Haritsah bin Nuโ€™man al-Anshari, lalu dia menjadi tetangga kami. Akan tetapi, beliau sering kali di sana siang dan malam. Aku merasa sedih. Oleh karena itu, Rasulullah memindahkannya ke kamar atas, tetapi beliau tetap mendatangi tempat itu. Sungguh, itu lebih menyakitkan bagi kami.โ€ Di dalam riwayat lain dikatakan bahwa Aisyah berkata, โ€œAllah memberinya anak, sementara kami tidak dikaruni anak seorang pun, diberi nama Ibrahim namun wafat pada usia dua tahun. Mariyah al-Qibthiyah wafat padaย  zaman pemerintahan Umar bin Khattab pada tahun ke 16 hijrah.[2]

Muhammad Ali As Shabuni menyebutkan, dalam ayat ini Allah mengawali ayat dengan panggilan โ€œYa Ayyuhan Nabi_ ( Wahai Nabi) padahal sudah jelas bahwa yang dimaksud adalah nabi Muhammad, namun Allah tidak memangil dengan nama, seperti yang Allah lakukan kepada nabi-nabi lain, misalnya Ya Ibrahim, Ya Yusuf, Ya Nuh, Ya Isa dan seterusnya. Hal ini mengandung hikmah bahwa Nabi Muhammad adalah dengan maksud tertentu sebagai penghormatan:

ูˆุฐู„ูƒ ุฃุนุธู… ุฏู„ูŠู„ู ูˆุจุฑู‡ุงู†ู ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ุตู„ูˆุงุช ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุฃูุถู„ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูˆุงู„ู…ุฑุณู„ูŠู†

Hak itu merupakan bukti bahwa Beliau ( Nabi Muhammad Shaallahu alaihi wasallam) adalah sebaik-baik nabi dan Rasul.[3]

📌Kaffarat sumpah

Kaffarat berasal dari derivative kata al kufrย  artinya menutup ( as satr).[4]

ูˆุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ุจู‡ุง ู‡ู†ุง ุงู„ุงุนู…ุงู„ ุงู„ุชูŠ ุชูƒูุฑ ุจุนุถ ุงู„ุฐู†ูˆุจ ูˆุชุณุชุฑู‡ุง ุญุชู‰ ู„ุง ูŠูƒูˆู† ู„ู‡ุง ุฃุซุฑ ูŠุคุงุฎุฐ ุจู‡ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆู„ุง ููŠ ุงู„ุงุฎุฑุฉ

Maksudnya amalan-amalan yang menutupi sebagian dosa dan menjadi penghalang agar tidak berpengaruh terhadap hukum Allah di dunia dan diakherat.

Kafarat atas sumpah dilakukan dengan empat cara:[5]

💦ย  Memberi makan sepuluh orang miskin

Menurut Syafiโ€™, Maliki dan penduduk Madinah sebanyak 1 mud (3/4 kg) untuk satu orang miskin. Dengan makanan pokok negeri (padi, jagung dan sejenisnya) tersebut sesuai dengan makanan yang dimakan. Sedangkan pendapat lain mengatakan, sebanyak setengah shaโ€™ untuk satu orang. Sedangkan 1 shaโ€™ adalh 2,176 kg.[6]

💦ย  Memberi pakaian

Pakaian yang diberikan layak pakai yang layak untuk mendirikan shalat, seperti celana, sarung dan sejenisnya. Sedangkan kaum wanita baju kurung (khimar) dan kerudung.

💦ย  Membebaskan seorang budak

💦ย  Jika tidak mampu maka diganti dengan puasa tiga hari berturut-turut.

Hal ini seperti tercantum dalam firman Allah:

ู„ูŽุง ูŠูุคูŽุงุฎูุฐููƒูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽุบู’ูˆู ูููŠ ุฃูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ููƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠูุคูŽุงุฎูุฐููƒูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ุนูŽู‚ู‘ูŽุฏู’ุชูู…ู ุงู„ู’ุฃูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ูŽ ููŽูƒูŽูู‘ูŽุงุฑูŽุชูู‡ู ุฅูุทู’ุนูŽุงู…ู ุนูŽุดูŽุฑูŽุฉู ู…ูŽุณูŽุงูƒููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽูˆู’ุณูŽุทู ู…ูŽุง ุชูุทู’ุนูู…ููˆู†ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ููŠูƒูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ูƒูุณู’ูˆูŽุชูู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ุชูŽุญู’ุฑููŠุฑู ุฑูŽู‚ูŽุจูŽุฉู ููŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌูุฏู’ ููŽุตููŠูŽุงู…ู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ูƒูŽูู‘ูŽุงุฑูŽุฉู ุฃูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ููƒูู…ู’ ุฅูุฐูŽุง ุญูŽู„ูŽูู’ุชูู…ู’ ูˆูŽุงุญู’ููŽุธููˆุง ุฃูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ูŽูƒูู…ู’ ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠูุจูŽูŠู‘ูู†ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’ ุขูŠูŽุงุชูู‡ู ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุดู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksudkan (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu dengan memberi makan sepuluh orang miskin yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa yang tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kafaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kafarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah dan kamu langgar. Dan dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur. ( QS. Al Maidah [5]:89)

Imam Ibnu Katsir menyebutkan dua pendapat terkait dengan kaffarat sumpah:[7]

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ู…ูู…ู‘ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจููˆูุฌููˆุจู ุงู„ู’ูƒูŽูู‘ูŽุงุฑูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุชูŽู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽุชูŽู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุดูŽุฑูŽุงุจู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู…ูŽู„ู’ุจูŽุณู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุญูŽุงุชูุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ูˆูŽุทูŽุงุฆูููŽุฉู. ูˆูŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ุชูŽุฌูุจู ุงู„ู’ูƒูŽูู‘ูŽุงุฑูŽุฉู ูููŠู…ูŽุง ุนูŽุฏูŽุง ุงู„ุฒู‘ูŽูˆู’ุฌูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŽุŒ ุฅูุฐูŽุง ุญูŽุฑู‘ูŽู… ุนูŽูŠู’ู†ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุทู’ู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุฑููŠู…ูŽ ูููŠู‡ูู…ูŽุง ูููŠ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ูุŒ ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุฅูู†ู’ ู†ูŽูˆูŽู‰ ุจูุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุฑููŠู…ู ุทูŽู„ูŽุงู‚ูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽูˆู’ุฌูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุนูุชู’ู‚ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู…ูŽุฉูุŒ ู†ูŽููŽุฐูŽ ูููŠู‡ูู…ูŽุง

💦ย  Imam Ahmad mewajibkan kafarat bagi orang yang mengharamkan budak wanitanya,istri, makanan, minuman, pakaian, atau hal mubah lainnya.

💦ย  Sedangkan Imam asy-Syafiโ€™i berpendapat tidak wajib, kafarat selain dari mengharamkan istri dan budak wanita saja juga tidak wajib kafarat jika mengharamkan keduanya dalam ucapan saja. Sedangkan jika disertai niat, baik mentalaq isterinya atau membebaskan budaknya maka hukumnya berlaku.

Firman Allah:

ู‚ูŽุฏู’ ููŽุฑูŽุถูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุญูู„ู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽูŠู’ู…ุงู†ููƒูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽูˆู’ู„ุงูƒูู…ู’ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู…ู ุงู„ู’ุญูŽูƒููŠู…ู

โ€œSesunggunya Allah telah mewajibkan kepadamu sekalian membebaskan diri dari sumpahmu dan Allah adalah Pelindungmu dan Dia Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.โ€ (QS. At Tahrim:2)

Ayat diatas merupakan perintah Allah untuk membebaskan diri dari sumpah dengan kaffarat (tebusan) seperti tercantum dalam surat Al Maidah: 89 diatas, hikmahnya adalah karena Allah Maha Mengetahu tentang kondisi Nabi dan umatnya, dan Maha Bijaksana dalam keputusan-Nya.[8]

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

[1] Ibnu Jarir At Thabari w.310 H, Tafsir at Thabari (Muassasah ar Risalah,1420H) 23/476
[2] Ibnu Saโ€™ad, Tabaqat Kubra, Beirut: Dar Kutub al Ilmiyah,ย  1410, jilid 8/174
[3] Ali Ash Shabuni, Shafwat Tafasir, 3/383
[4] Sayid Sabiq, Fikih Sunnah, 3/24
[5] Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, 2/179
[6] Baznaz.go.id
[7] Ibnu Katsir, Tafsir Al-Quran Al Adzim, Dar Taybah lin Nasyr, 1420, 8/160
[8] Al Jazairi, Aisar At Tafasir, 5/385

🌺☘🌿🌻🌸🌴🌹🌷🍃

Ust Fauzan Sugiono, Lc

Serial Tafsir Surat At-Tahrim

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 1)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 2)

Tafsir At Tahrim (Bag. 3)

Tafsir At Tahrim (Bag. 4)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 5A)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 5B)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 6)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 7)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 8)

Tafsir Surat At Tahrim (Bag 9, Selesai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top