🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾
📌 Shalat ba’diyah jumat adalah sunah, berdasarkan hadits berikut:
من كان مصليا بعد الجمعة فليصل أربعا
Barang siapa yang shalat setelah shalat Jum’at, maka shalatlah empat rakaat. (HR. Muslim No. 881)
Abdullah bin Umar Radhiallahu ‘Anhuma berkata:
فكان لا يصلي بعد الجمعة حتى ينصرف فيصلي ركعتين في بيته
Beliau ﷺ tidaklah shalat setelah shalat Jum’at sampai dia selesai dan dia shalat dua rakaat di rumahnya. (HR. Muslim No. 882)
📌 Ada yang memahami dua rakaat di masjid, lalu dua rakaat lagi di rumah. Imam Abu Daud menyebutkan dari Ibnu Yunus, dia berkata:
فَقَالَ لِى أَبِى يَا بُنَىَّ فَإِنْ صَلَّيْتَ فِى الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَتَيْتَ الْمَنْزِلَ أَوِ الْبَيْتَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ
Ayahku berkata kepadaku, “Wahai anakku, jika kamu shalatnya di masjid maka dua rakaat, lalu kamu pula ke rumah shalatlah dua rakaat.” (Sunan Abi Daud No. 1133)
📌 Ada yang memaknai dua rakaat lalu emat rakaat. Hal ini disebutkan oleh Imam At Tirmidzi:
روي عن علي بن أبي طالب [ رضي الله عنه ] أنه أمر أن يصلى بعد الجمعة ركعتين ثم أربعا
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa dia memerintahkan shalat setelah shalat Jum’at sebanyak dua rakaat, kemudian empat rakaat. (Sunan At Tirmidzi No. 523)
‘Atha Rahimahullah berkata:
رأيت ابن عمر صلى بعد الجمعة ركعتين ثم صلى بعد ذلك أربعا
Aku melihat Ibnu Umar shalat setelah shalat Jumat sebanyak dua rakaat, lalu shalat setelah itu empat rakaat. (Ibid)
📌 Ada yang memaknai empat rakaat jika shalat ba’diyahnya di masjid, dan dua rakaat jika shalat ba’diyahnya di rumah.
Berkata Ishaq bin Rahuya Rahimahullah:
إن صلى في المسجد يوم الجمعة صلى أربعا وإن صلى في بيته صلى ركعتين
Jika shalatnya di masjid, maka empat rakaat. Jika shalatnya di rumahnya shalatnya dua rakaat. (Ibid)
Imam Ibnu Taimiyah berkata:
إن صلى في المسجد صلى أربعا وإن صلى في بيته صلى ركعتين
Jika shalatnya di masjid maka shalatnya empat rakaat, jika shalatnya di rumahnya shalatnya dua rakaat. (Fiqhus Sunnah, 1/315)
📌 Ada pula yang mengatakan tidak ada bedanya jumlah rakaat antara di rumah dan di masjid. Boleh-boleh saja di masjid dua rakaat, dan di rumah lebih utama, sebagaimana dalil umum bahwa shalat paling utama adalah di rumah kecuali shalat wajib.
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani Rahimahullah berkata:
قلت : هذا التفصيل لا أعرف له أصلا في السنة إلا ما سيذكره من حديث ابن عمر ويأتي قريبا بيان ما فيه وقوله في الحديث الصحيح المتقدم : ” من كان منكم مصليا بعد الجمعة فليصل أربعا ” رواه مسلم وغيره وهو في ” الإرواء ” ( 625 ) لا دليل فيه على ان الأربع في المسجد والحديث الصحيح المعروف : ” أفضل صلاة المرء في بيته الا المكتوبة ” فإذا صلى بعد الجمعة ركعتين أو أربعا في المسجد جاز أو في البيت فهو أفضل لهذا الحديث الصحيح
Aku berkata: Perincian ini aku tidak ketahui dasarnya dalam sunnah, kecuali hadits Ibnu Umar yang sedikit lagi akan dijelaskan. Serta hadits shahih terdahulu: “Barang siapa di antara kamu shalat setelah Jumat, shalatlah empat rakaat.” Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, juga terdapat dalam Al Irwa’ (625), tidak ada petunjuk dalam hadits ini empat rakaat di masjid. Hadits shahih yang terkenal adalah: “Shalat paling utama bagi seseorang adalah di rumahnya kecuali shalat wajib.” Jadi, jika dia shalat setelah shalat Jumat sebanyak dua rakaat atau empat rakaat di masjid maka itu dibolehkan, atau di rumahnya itulah yang lebih utama menurut hadits shahih ini. (Tamamul Minnah, Hal. 342)
Demikian. Wallahu A’lam
🍃🌸🌾🌻🌷☘🌺🌴
✍ Farid Nu’man Hasan