Sedekah Atas Nama Orang Tua Yang Sudah Wafat

💦💥💦💥💦💥

📨 PERTANYAAN:

Assalamu alaikum ustad
Gini ustadz..
Jika saya ingin bersedekah atas nama orng tua yang sudah meninggal apakah amalannya sampai..??

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Jawaban:

Wa ‘alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh.

Bismillah wal Hamdulillah wash shalatu was Salamu ‘ala Rasulillah wa Ba’d:

Bersedekah yang diniatkan kebaikan pahalanya untuk mayit, telah menjadi keyakinan dan ijmaโ€™ (aklamasi) seluruh para Salafush Shalih, dan imam kaum muslimin dari zaman ke zaman bahwa hal itu boleh, dan sampai pahalanya kepada mayit. Tak satu pun ulama yang mengingkarinya. Sedangkan, ijmaโ€™ merupakan salah satu sumber hukum Islam, setelah Al Quran dan As Sunnah.

Berikut dalil-dalil shahih โ€˜sampainya pahala sedekah ke mayitโ€™:

Hadits 1⃣ : Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุจููŠ ู…ูŽุงุชูŽ ูˆูŽุชูŽุฑูŽูƒูŽ ู…ูŽุงู„ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠููˆุตู ููŽู‡ูŽู„ู’ ูŠููƒูŽูู‘ูุฑู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู†ูŽุนูŽู…ู’

โ€œBahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam: โ€œSesungguhnya ayahku sudah wafat, dia meninggalkan harta dan belum diwasiatkannya, apakah jika disedekahkan untuknya maka hal itu akan menghapuskan kesalahannya? Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam menjawa: Naโ€™am (ya).โ€ (HR. Muslim No. 1630, Ibnu Majah No. 2716, An Nasaโ€™i No. 3652, Ahmad No. 8486)

Hadits ini sanadnya shahih. (Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani, Shahih wa Dhaif Sunan Nasaโ€™i No. 3562, dan Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 2716)

Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya, memasukkan hadits ini dalam Bab Wushul Tsawab Ash Shadaqat Ilal Mayyit (Bab: Sampainya pahala Sedekah kepada Mayit).

Imam An Nasaโ€™i dalam kitab Sunan-nya memasukkan hadits ini dalam Bab Fadhlu Ash Shadaqat โ€˜anil Mayyit (Bab: Keutamaan Bersedekah Untuk Mayyit)

Hadits 2⃣: Dari โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, katanya:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูู…ู‘ููŠ ุงูู’ุชูู„ูุชูŽุชู’ ู†ูŽูู’ุณูู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุธูู†ู‘ูู‡ูŽุง ู„ูŽูˆู’ ุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุชู’ ุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽุชู’ ููŽู‡ูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ุฅูู†ู’ ุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ู’ุชู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู†ูŽุนูŽู…ู’ ุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง

โ€œBahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam: โ€œSesungguhnya ibuku wafat secara mendadak, aku kira dia punya wasiat untuk sedekah, lalu apakah ada pahala baginya jika aku bersedekah untuknya? Beliau menjawab: โ€œNaโ€™am (ya), sedekahlah untuknya.โ€ (HR. Bukhari No. 2609, 1322, Muslim No. 1004, Malik No. 1451, hadits ini menurut lafaz Imam bukhari)

Imam Bukhari dalam kitab Shahih-nya memasukkan hadits ini dalam Bab Maa Yustahabu Liman Tuwufiya Fujaโ€™atan An Yatashaddaquu โ€˜Anhu wa Qadhaโ€™i An Nudzur โ€˜anil Mayyit (Bab: Apa saja yang dianjurkan bagi yang wafat tiba-tiba, bersedekah untuknya, dan memenuhi nazar si mayyit).

Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya memasukkan hadits ini dalam Bab Wushul tsawab Ash Shadaqah โ€˜anil Mayyit Ilaih. (Sampainya pahala sedekah dari Mayit kepada yang Bersedekah)

Hadits 3⃣: Dari Saโ€™ad bin โ€˜Ubadah Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ู‚ู„ุช ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฅู† ุฃู…ูŠ ู…ุงุชุช ุฃูุฃุชุตุฏู‚ ุนู†ู‡ุง ู‚ุงู„ ู†ุนู… ู‚ู„ุช ูุฃูŠ ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุฃูุถู„ ู‚ุงู„ ุณู‚ูŠ ุงู„ู…ุงุก

โ€œAku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku wafat, apakah aku bersedekah untuknya? Beliau menjawab: Ya. Aku berkata: โ€œSedekah apa yang paling afdhal?โ€ Beliau menjawab: โ€œMengalirkan air.โ€ (HR. An Nasaโ€™i No. 3664, Ibnu Majah No. 3684)

Hadits ini sanadnya shahih. (Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani, Shahih wa Dhaif Sunan An Nasaโ€™i No. 3664, dan Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 3684)

Dan masih banyak hadits lainnya.

Semua hadits ini adalah shahih. Penjudulan nama Bab yang dibuat oleh para imam ini sudah menunjukkan kebolehan bersedekah untuk mayit, serta sampainya manfaat pahala untuk mayit dan juga pahala bagi yang bersedekah. Tak ada yang mengingkarinya kecuali kelompok inkar sunnah (kelompok yang menolak hadits nabi) dan muโ€™tazilah (kelompok yang mendewakan akal).

📌Pandangan Imam Ahlus Sunnah

✅ Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan tentang maksud hadits di atas:

ูˆูŽูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ุฌูŽูˆูŽุงุฒ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุช ูˆูŽุงุณู’ุช

ูุญู’ุจูŽุงุจู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุซูŽูˆูŽุงุจู‡ูŽุง ูŠูŽุตูู„ู‡ู ูˆูŽูŠูŽู†ู’ููŽุนู‡ู ุŒ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ููŽุน ุงู„ู’ู…ูุชูŽุตูŽุฏู‘ูู‚ ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง ุŒ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูู„ู‘ู‡ ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู†ูŽ

โ€œDalam hadits ini menunjukkan bolehnya bersedekah untuk mayit dan itu disunahkan melakukannya, dan sesungguhnya pahala sedekah itu sampai kepadanya dan bermanfaat baginya, dan juga bermanfaat buat yang bersedekah. Dan, semua ini adalah ijmaโ€™ (kesepakatan) semua kaum muslimin.โ€ (Imam An Nawawi, Al Minhaj Syah Shahih Muslim, 6/20. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)

✅ Imam Ibnu Katsir Rahimahullah, dalam kitab tafsirnya:

ูุฃู…ุง ุงู„ุฏุนุงุก ูˆุงู„ุตุฏู‚ุฉ ูุฐุงูƒ ู…ุฌู…ุน ุนู„ู‰ ูˆุตูˆู„ู‡ู…ุงุŒ ูˆู…ู†ุตูˆุต ู…ู† ุงู„ุดุงุฑุน ุนู„ูŠู‡ู…ุง

โ€œAdapun doa dan bersedekah, maka keduanya telah disepakati (ijmaโ€™) akan sampai kepadanya (mayit), dan keduanya memiliki dasar dalam nash syariat.โ€ (Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, Imam Ibnu Katsir, Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, Juz.7, Hal. 465. Dar Thayyibah Lin Nasyr wat Tauziโ€™. Cet. 2, 1999M-1420H)

✅ Imam Abu Sulaiman Walid Al Baji Rahimahullah mengatakan:

ููŽุงุณู’ุชูŽุฃู’ุฐูŽู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู… ูููŠ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ููŽุฃูŽุฐูู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุซูŽุจูŽุชูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุชูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ูŠูุชูŽู‚ูŽุฑู‘ูŽุจู ุจูู‡ู

โ€œMaka, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam mengizinkan bersedekah darinya, hal itu diizinkan untuknya, karena sedekahnya itu termasuk apa-apa yang bisa mendekatkan dirinya (kepada Allah).โ€ (Al Muntaqaโ€™ Syarh Al Muwaththaโ€™, 4/74. Mawqiโ€™ Al Islam)

✅ Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan:

ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ . ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุขูŠูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุชูŽููุนู ุจูุฏูุนูŽุงุกู ุงู„ู’ุฎูŽู„ู’ู‚ู ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุจูู…ูŽุง ูŠูุนู’ู…ูŽู„ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุจูุฑู‘ู ุจูŽู„ู’ ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ู…ูุชู‘ูŽููู‚ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู†ู’ุชูููŽุงุนู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ูŠูุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ูุงุถู’ุทูุฑูŽุงุฑู ู…ูู†ู’ ุฏููŠู†ู ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฏูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู ููŽู…ูŽู†ู’ ุฎูŽุงู„ูŽููŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุจูุฏูŽุนู

โ€œSegala puji bagi Allah. Tidak ada dalam ayat, dan tidak pula dalam hadits, yang mengatakan bahwa โ€˜Tidak Bermanfaatโ€™ doa seorang hamba bagi mayit, dan juga amal perbuatan yang diperuntukkannya berupa amal kebaikan, bahkan para imam Islam sepakat hal itu bermanfaat bagi mayit, hal ini sudah ketahui secara pasti dalam agama Islam, hal itu telah ditunjukkan oleh Al Quran, As Sunnah, dan ijmaโ€™. Barang siapa yang menyelesihinya, maka dia adalah ahli bidโ€™ah.โ€ (Majmuโ€™ Fatawa, 5/466. Mawqiโ€™ Al Islam)

Beliau juga berkata:

ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉู ุงุชู‘ูŽููŽู‚ููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŽ ุชูŽุตูู„ู ุฅู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุงุชู ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููŠู‘ูŽุฉู : ูƒูŽุงู„ู’ุนูุชู’ู‚ู

โ€œPara imam telah sepakat bahwa sedekah akan sampai kepada mayit, demikian juga ibadah maliyah (harta), seperti membebaskan budak.โ€ (Ibid)

✅ Imam Ibnu Qudamah Rahimahullah mengatakan:

ุฃูŽูŠู‘ูŽ ู‚ูุฑู’ุจูŽุฉู ููŽุนูŽู„ูŽู‡ูŽุง ุงู„ุฅู’ูู†ู’ุณูŽุงู†ู ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ ุซูŽูˆูŽุงุจูŽู‡ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ู†ูŽููŽุนูŽู‡ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : ูƒูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุงูุณู’ุชูุบู’ููŽุงุฑู ุŒ ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจูŽุงุชู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูŽุฏู’ุฎูู„ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ููŠูŽุงุจูŽุฉู

โ€œAmal apa pun demi mendekatkan diri kepada Allah yang dilakukan oleh manusia dan menjadikan pahalanya untuk mayit seorang muslim, maka hal itu membawa manfaat bagi mayit itu, Insya Allah, seperti: doa, istighfar, sedekah, dan kewajiban yang bisa diwakilkan.โ€ (Al Mughni, 567-569)

Kewajiban yang bisa diwakilkan adalah haji dan puasa, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits-hadits shahih.

✅ Imam Khathib Asy Syarbini Rahimahullah mengatakan:

ุชูŽู†ู’ููŽุนู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชูŽ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽูˆูŽู‚ู’ููŒ ูˆูŽุจูู†ูŽุงุกู ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุŒ ูˆูŽุญูŽูู’ุฑู ุจูุฆู’ุฑู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆู ุฐูŽู„ููƒูŽ

โ€œSedekah bagi mayit membawa manfaat baginya, wakaf membangun masjid, dan membuat sumur air dan semisalnya ..โ€ (Mughni Muhtaj, 3/69-70)

✅ Imam Al Bahuti Rahimahullah mengatakan:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู : ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ูŠูŽุตูู„ู ุฅู„ูŽูŠู’ู‡ู ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูู†ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุฃูŽูˆู’ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ู„ูู„ู’ุฃูŽุฎู’ุจูŽุงุฑู

Imam Ahmad mengatakan, bahwa semua bentuk amal shalih dapat sampai kepada mayit baik berupa doa, sedekah, dan amal shalih lainnya, karena adanya riwayat tentang itu. (Syarh Muntaha Al Iradat, 3/16)

✅ Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Rahimahullah โ€“ mantan Mufti Saudi Arabia- mengatakan:

ุฃู…ุง ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุนู† ุฃู…ูˆุงุช ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ุฏุนุงุก ู„ู‡ู… ุŒ ููƒู„ ุฐู„ูƒ ู…ุดุฑูˆุน

โ€œAda pun bersedekah dan berdoa bagi mayit kaum muslimin, maka semua ini disyariatkan.โ€ (Syaikh Bin Baz, Fatawa Nur โ€˜Alad Darb, 1/89)

✅ Syaikh Muhammad bin Shalih โ€˜Utsaimin Rahimahullah mengatakan:

ุฃู…ุง ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุนู† ุงู„ู…ูŠุช ูู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡ุง ูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ูŠุชุตุฏู‚ ูุฅู† ุฑุฌู„ุงู‹ ุฌุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‚ุงู„ ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฅู† ุฃู…ูŠ ู‚ุฏ ุงูุชู„ุชุช ู†ูุณู‡ุง ูˆุฃุธู†ู‡ุง ู„ูˆ ุชุตุฏู‚ุช ู„ุชูƒู„ู…ุช ุฃูุฃุชุตุฏู‚ ุนู†ู‡ุง ู‚ุงู„ ู†ุนู… ููŠุฌูˆุฒ ู„ู„ุฅู†ุณุงู† ุฃู† ูŠุชุตุฏู‚ ุนู† ุฃุจูŠู‡ ุฅุฐุง ู…ุงุช ูˆุนู† ุฃู…ู‡ ูˆุนู† ุฅุฎูˆุชู‡ ูˆุฃู‚ุงุฑุจู‡ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุนู† ุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†

โ€œAda pun sedekah buat mayit, maka itu tidak apa-apa, boleh bersedekah (untuknya). Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam dan berkata: โ€œWahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku wafat mendadak, aku mengira dia berencana untuk bersedekah, apakah saya boleh bersedekah untuknya? Beliau menjawab: Ya. Maka, boleh bagi manusia bersedekah untuk ayahnya jika sudah wafat, juga untuk ibunya, saudaranya, kerabatnya, demikian juga untuk yang lainnya dari kaum muslimin.โ€ (Syaikh Muhammad bin Shalih โ€˜Utsaimin, Fatawa Nur โ€˜Alad Darb, No. 44)

Dan masih banyak ulama lainnya, namun para ulama di atas sudah mewakili yang lainnya, bahwa bersedekah untuk mayit adalah boleh, dan sampai pahalanya kepada mayit, serta berpahala juga bagi yang bersedekah. Ini adalah ijmaโ€™ (kesepakatan) kaum muslimin dari dahulu hingga saat ini, bahkan Imam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa hal ini telah diketahui secara pasti dalam agama. Maka, barang siapa yang mengingkarinya โ€“kata Imam Ibnu Taimiyah- dia adalah ahli bidโ€™ah (pelaku kesesatan).

Bukan hanya itu, mengingkari hal ini merupakan pengingkaran terhadap sunah nabi, dan Imam Asy Syaukani dan lainnya menyebutkan pengingkaran hal ini hanya dilakukan oleh kaum muโ€™tazilah (pendewa akal).

Kehujjahan Ijmaโ€™ telah diakui semua umat Islam, kecuali para pengikut hawa nafsu. Berkata Imam Ibnu Taimiyah:

ุงู„ู’ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุตู‘ููˆูููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽู„ูŽุงู…ู ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู„ูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ูƒูŽุฑูŽู‡ู ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุจูุฏูŽุนู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู…ูุนู’ุชูŽุฒูู„ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุดู‘ููŠุนูŽุฉู

โ€œIjmaโ€™ telah menjadi kesepakatan antara umumnya kaum muslimin, baik dari kalangan ahli fiqih, sufi, ahli hadits, dan ahli kalam, serta selain mereka secara global, dan yang mengingkarinya adalah sebagian ahli bidโ€™ah seperti muโ€™tazilah dan syiโ€™ah.โ€ ( Majmuโ€™ Fatawa, 3/6. Mawqiโ€™ Al Islam)

Dan, orang-orang yang mengingkari ijmaโ€™ adalah penghancur dasar-dasar agama, sebagaimana kata Imam As Sarkhasi dalam kitab Ushul-nya:

โ€œOrang-orang yang mengingkari keberadaan ijma sebagai hujjah , maka mereka telah membatalkan ushuluddin (dasar-dasar agama), padalah lingkup dasar-dasar agama dan referensi umat Islam adalah ijmaโ€™nya mereka, maka para munkirul ijma (pengingkar ijmaโ€™) merupakan orang-orang yang merobohkan dasar-dasar agama.โ€ (Ushul As Sarkhasi, 1/296. Darul Kutub Al โ€˜Ilmiyah)

Al Imam Al Hafizh Al Khathib Al Baghdadi berkata:

โ€œIjmaโ€™ (kesepakatan) ahli ijtihad dalam setiap masa adalah satu di antara hujjah-hujjah Syaraโ€™ dan satu di antara dalil-dalil hukum yang dipastikan benarnya”. (Al Faqih wal Mutafaqih, 1/154)

Allah Taโ€™ala memerintahkan agar kita mengikuti ijmaโ€™, dan bagi penentangnya disebut sebagai orang-orang yang mengikuti jalan selain jalan orang-orang beriman, yakni dalam firmanNya:

โ€œDan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.โ€ (QS. An Nisa (4): 115)

Dalam hadits juga disebutkan:

ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู„ุง ูŠุฌู…ุน ุฃู…ุชูŠ ุนู„ู‰ ุถู„ุงู„ุฉ ูˆูŽูŠูŽุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉ

โ€œSesungguhnya Allah Taโ€™ala tidaklah meng-ijmaโ€™kan umatku dalam kesesatan, dan tangan Allah bersama jamaah.โ€ (HR. At Tirmidzi No. 2255, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jamiโ€™ No 1848)

Demikian, Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang menginginkan kebenaran.

Wallahu Aโ€™lam wa ilaihi musytaka โ€ฆ

🍃🌴🌻☘🌾🌸🌷

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top