Hukum Wanita Baca Qur’an Didengar Laki-Laki

📔📓📒📕📙📘📗

📨 PERTANYAAN:

Afwan, bolehkah muslimah membaca Al Quran dengan suara dikeraskan padahal ada banyak laki-laki di situ, dan bagaimana dengan akhwat yang setor hapalan ke guru yang laki-laki ? Jzklh

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu โ€™ala Rasulillah wa โ€˜ala Aalihi wa Shahbihi wa man waalah wa baโ€™d:

Pertanyaan ini ada dua pembahasan:

📕 Pertama. Auratkah suara wanita?

Dalam hal ini para ulama terjadi perselisihan pendapat. Ada yang menyatakan aurat seperti golongan Hanafiyah dan yang mengikuti mereka. Ada yang menyatakan bukan aurat, dan ini adalah pendapat mayoritas ulama. Walau mereka sepakat, bahwa bagi laki-laki ajnabi (asing) jika suara wanita memancing fitnah yang melahirkan syahwat, atau sengaja berlezat-lezat mendengarkannya maka itu aurat dan diharamkan.

📌Pihak Yang Mengatakan Aurat dan Alasannya

Ada beberapa alasan:

1. Allah ๏ทป berfirman:

ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุถู’ุฑูุจู’ู†ูŽ ุจูุฃูŽุฑู’ุฌูู„ูู‡ูู†ู‘ูŽ ู„ููŠูุนู’ู„ูŽู…ูŽ ู…ูŽุง ูŠูุฎู’ูููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฒููŠู†ูŽุชูู‡ูู†ู‘ูŽ

Janganlah kaum wanita menghentakkan kaki-kaki mereka agar diketahui perhiasan mereka yang tersembunyi. (QS. An Nuur: 31)

Ayat ini melarang wanita dengan sengaja memperdengarkan perhiasannya ke laki-laki bukan mahramnya, dan suara wanita termasuk perhiasan bagi mereka, maka itu lebih layak untuk dilarang.

Syakh Abdurraman Al Jazairi menjelaskan:

ูู‚ุฏ ู†ู‡ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู† ุงุณุชู…ุงุน ุตูˆุช ุฎู„ุฎุงู„ู‡ุง ู„ุฃู†ู‡ ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุฒูŠู†ุชู‡ุง ูุญุฑู…ุฉ ุฑูุน ุตูˆุชู‡ุง ุฃูˆู„ู‰ ู…ู† ุฐู„ูƒ ูˆู„ุฐู„ูƒ ูƒุฑู‡ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ุฃุฐุงู† ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ู„ุฃู†ู‡ ูŠุญุชุงุฌ ููŠู‡ ุฅู„ู‰ ุฑูุน ุงู„ุตูˆุช ูˆุงู„ู…ุฑุฃุฉ ู…ู†ู‡ูŠุฉ ุนู† ุฐู„ูƒ ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ููŠุญุฑู… ุฑูุน ุตูˆุช ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุจุงู„ุบู†ุงุก ุฅุฐุง ุณู…ุนู‡ุง ุงู„ุฃุฌุงู†ุจ ุณูˆุงุก ุฃูƒุงู† ุงู„ุบู†ุงุก ุนู„ู‰ ุขู„ุฉ ู„ู‡ูˆ ุฃูˆ ูƒุงู† ุจุบูŠุฑู‡ุง ูˆุชุฒูŠุฏ ุงู„ุญุฑู…ุฉ ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุบู†ุงุก ู…ุดุชู…ู„ุง ุนู„ู‰ ุฃูˆุตุงู ู…ู‡ูŠุฌุฉ ู„ู„ุดู‡ูˆุฉ ูƒุฐูƒุฑ ุงู„ุญุจ ูˆุงู„ุบุฑุงู… ูˆุฃูˆุตุงู ุงู„ู†ุณุงุก ูˆุงู„ุฏุนูˆุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ูุฌูˆุฑ ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ

Allah ๏ทป telah melarang mendengarkan suara karena hal itu menunjukkan perhiasannya maka haramnya meninggikan suaranya lebih pantas diharamkan, oleh karena itu para ahli fiqih memakruhkan azan kaum wanita karena azan membutuhkan suara yang ditinggikan dan wanita dilarang untuk itu. oleh karena itu, diharamkan meninggikan suara wanita dalam nyanyian jika yang mendengarkannya adalah laki-laki bukan mahramnya sama saja apakah pakai alat musik, atau tidak, dan keharamannya bertambah jika nyanyian tersebut mengandung penyifatan yang bisa menimbulkan syahwat seperti senandung cinta, rindu, penggambaran tentang wanita, dan ajakan kepada perbuatan keji dan lainnya. ( Al Fiqh โ€˜Alal Madzaahib Al Arbaโ€™ah, 5/26)

2. Anjuran bertepuk tangan bagi wanita untuk merakat kesalahan imam

ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุงุจูŽู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ููŽู„ู’ูŠูุณูŽุจู‘ูุญู’ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุฅูุฐูŽุง ุณูŽุจู‘ูŽุญูŽ ุงู„ู’ุชูููุชูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽุตู’ูููŠุญู ู„ูู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู

Dari Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam:

โ€œBarangsiapa yang terganggu dalam shalatnya oleh suatu hal maka bertasbihlah, sesungguhnya jika dia bertasbih hendaknya menengok kepadanya, dan bertepuk tangan hanyalah untuk kaum wanita.โ€ (HR. Bukhari No. 652, Muslim No. 421)

Pembedaan dalam hadits ini, yaitu khusus kaum wanita dianjurkan bertepuk tangan, menunjukkan bahwa suara wanita memang aurat. Sebab, jika memang bukan aurat pastilah disamakan dengan kaum laki-laki yaitu ucapan subhanallah.

📌 Pihak Yang Mengatakan Bukan Aurat dan Alasannya

Kelompok ini memiliki beberapa alasan:

1. Rasulullah ๏ทบ pernah berbicara dengan kaum wanita.

Allah ๏ทป berfirman:

ู‚ูŽุฏู’ ุณูŽู…ูุนูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูุฌูŽุงุฏูู„ููƒูŽ ูููŠ ุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุง ูˆูŽุชูŽุดู’ุชูŽูƒููŠ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนู ุชูŽุญูŽุงูˆูุฑูŽูƒูู…ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุณูŽู…ููŠุนูŒ ุจูŽุตููŠุฑูŒ

Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu (Muhammad) tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al Mujadilah: 1)

2. Rasulullah ๏ทบ dan para sahabat (Abu Bakar, Utsman, dan Ali Radhiallahu โ€˜Anhum) pernah mendengarkan wanita bernyanyi

Dari Buraidah katanya:

ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุจูŽุนู’ุถู ู…ูŽุบูŽุงุฒููŠู‡ูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุงู†ู’ุตูŽุฑูŽููŽ ุฌูŽุงุกูŽุชู’ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŒ ุณูŽูˆู’ุฏูŽุงุกูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’: ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฅูู†ู‘ููŠ ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽุฐูŽุฑู’ุชู ุฅูู†ู’ ุฑูŽุฏู‘ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุณูŽุงู„ูู…ู‹ุง ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุถู’ุฑูุจูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ูƒูŽ ุจูุงู„ุฏู‘ููู‘ู ูˆูŽุฃูŽุชูŽุบูŽู†ู‘ูŽู‰ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽุฐูŽุฑู’ุชู ููŽุงุถู’ุฑูุจููŠ ูˆูŽุฅูู„ุงู‘ูŽ ููŽู„ุงูŽ. ููŽุฌูŽุนูŽู„ูŽุชู’ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ููŽุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูŽู„ููŠู‘ูŒ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ููŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽุชู ุงู„ุฏู‘ููู‘ูŽ ุชูŽุญู’ุชูŽ ุงุณู’ุชูู‡ูŽุงุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุนูŽุฏูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูŠูŽุฎูŽุงูู ู…ูู†ู’ูƒูŽ ูŠูŽุง ุนูู…ูŽุฑูุŒ ุฅูู†ู‘ููŠ ูƒูู†ู’ุชู ุฌูŽุงู„ูุณู‹ุง ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจู ููŽุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูŽู„ููŠู‘ูŒ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุถู’ุฑูุจูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ู’ุชูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูŠูŽุง ุนูู…ูŽุฑู ุฃูŽู„ู’ู‚ูŽุชู ุงู„ุฏู‘ููู‘ูŽ

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melakukan peperangan, ketika sudah kembali datanglah kepadanya seorang budak wanita berkulit hitam, lalu berkata, โ€œWahai Rasulullah, aku bernadzar jika engkau kembali dalam keadaan selamat aku akan memainkan rebana dan BERNYANYI di hadapanmu.โ€ Rasulullah bersabda, โ€œJika engkau sudah bernadzar maka pukullah rebana itu, jika tidak bernadzar maka tidak usah dipukul rebananya.โ€ Maka wanita itu pun memainkan rebananya, lalu masuklah Abu Bakar dia masih memainkannya. Masuklah Ali dia masih memainkannya. Masuklah Utsman dia masih memainkannya. Lalu ketika Umar yang masuk, dibantinglah rebana itu dan dia duduk (ketakutan). Lalu Rasulullah ๏ทบ bersabda: โ€œWahai Umar syetan saja benar-benar takut kepadamu, ketika aku duduk dia memukul rebana, ketika Abu Bakar masuk dia amsih memainkannya, ketika Ali datang dia masih memainkannya, ketika Utsman datang dia masih memainkannya, tapi ketika Engkau yang datang dia lempar rebana itu. (HR. At Tirmdzi No. 3690, katanya: hasan shahih. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam berbagai kitabnya)

Imam Ali Al-Qari Rahimahullah mengomentari kisah ini:

ุฏูŽู„ููŠู„ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุณูŽู…ูŽุงุนูŽ ุตูŽูˆู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุจูุงู„ู’ุบูู†ูŽุงุกู ู…ูุจูŽุงุญูŒ ุฅูุฐูŽุง ุฎูŽู„ูŽุง ุนูŽู†ู ุงู„ู’ููุชู’ู†ูŽุฉู

Ini merupakan dalil bahwa mendengarkan suara wanita yang bernyanyi adalah mubah jika tidak ada fitnah. ( Mirqah Al Mafatih, 9/3902)

Ar Rubayyi binti Muโ€™awidz Radhiallahu โ€˜Anha bercerita:

ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุนูุฑู’ุณููŠุŒ ููŽู‚ูŽุนูŽุฏูŽ ูููŠ ู…ูŽูˆู’ุถูุนู ููุฑูŽุงุดููŠ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูˆูŽุนูู†ู’ุฏููŠ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุชูŽุงู†ู ุชูŽุถู’ุฑูุจูŽุงู†ู ุจูุงู„ุฏู‘ููู‘ูุŒ ูˆูŽุชูŽู†ู’ุฏูุจูŽุงู†ู ุขุจูŽุงุฆููŠ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‚ูุชูู„ููˆุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุจูŽุฏู’ุฑูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽุชูŽุง ูููŠู…ูŽุง ุชูŽู‚ููˆู„ูŽุงู†ู: ูˆูŽูููŠู†ูŽุง ู†ูŽุจููŠู‘ูŒ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู†ู ูููŠ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽูููŠ ุบูŽุฏู. ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ููŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ููˆู„ูŽุงู‡ู

Pada hari pernikahanku Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam datang, dia duduk di permadaniku ini, aku memiliki dua jariyah (budak wanita remaja) yang sedang memainkan rebana, mereka menyanyikan lagu tentang ayah-ayah kami ketika terbunuh dalam perang Badar, maka mereka berkata, โ€œDi tengah kita ada seorang nabi yang mengetahui apa yang terjadi hari ini dan esok.โ€ Maka Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda, โ€œUcapan yang ini, janganlah kalian berdua ucapkan.โ€ (HR. Ahmad No. 27021. Syaikh Syuโ€™aib Al-Arnauth mengatakan: shahih sesuai syarat Imam Muslim. Lihat Taโ€™liq Musnad Ahmad, 44/570)

3. Para sahabat Nabi ๏ทบ juga berbicara dengan kaum wanita serta meriwayatkan hadits dari istri-istri Nabi ๏ทบ.

Begitu pula โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha, Beliau menjenguk ayahnya dan Bilal bin Rabah Radhiallahu โ€˜Anhu yang sedang demam. โ€˜Aisyah Radhiallahu โ€˜Anha berkata:

ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุฏูู…ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉูŽุŒ ูˆูุนููƒูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽุจูู„ุงูŽู„ูŒ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’: ููŽุฏูŽุฎูŽู„ู’ุชู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ู‚ูู„ู’ุชู: ูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุชู ูƒูŽูŠู’ููŽ ุชูŽุฌูุฏููƒูŽุŸ ูˆูŽูŠูŽุง ุจูู„ุงูŽู„ู ูƒูŽูŠู’ููŽ ุชูŽุฌูุฏููƒูŽุŸ

Ketika Rasulullah ๏ทบ sampai di Madinah, Abu Bakar dan Bilal mengalami demam. Lalu aku masuk menemui keduanya. Aku berkata: โ€œWahai ayah, bagaimana keadaanmu? Wahai Bilal bagaimana keadaanmu?โ€ (HR. Al Bukhari No. 5654)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili Rahimahullah berkata:

ุตูˆุช ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุนู†ุฏ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ู„ูŠุณ ุจุนูˆุฑุฉุ› ู„ุฃู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูƒุงู†ูˆุง ูŠุณุชู…ุนูˆู† ุฅู„ู‰ ู†ุณุงุก ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู…ุนุฑูุฉ ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุฏูŠู†ุŒ ู„ูƒู† ูŠุญุฑู… ุณู…ุงุน ุตูˆุชู‡ุง ุจุงู„ุชุทุฑูŠุจ ูˆุงู„ุชู†ุบูŠู… ูˆู„ูˆ ุจุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู†ุŒ ุจุณุจุจ ุฎูˆู ุงู„ูุชู†ุฉ

Suara wanita menurut mayoritas ulama bukanlah aurat karena dahulu para sahabat Nabi ๏ทบ mendengarkan dari istri-istri Nabi ๏ทบ untuk mempelajari hukum-hukum agama, tetapi diharamkan mendengarkan suara wanita jika melahirkan gairah dan mendayu-dayu walau pun membaca Al Quran, disebabkan khawatir lahirnya fitnah. ( Al Fiqhu Al Islami wa Adillatuhu, 1/665)

Jadi, jika lahir fitnah yaitu lahirnya syahwat misalnya, maka hal itu terlarang walau mendengarkan wanita membaca Al Quran , jika tidak ada fitnah maka tidak apa-apa, walau pun mendengarkan wanita bernyanyi sebagaimana dikatakan oleh Imam Ali Al Qari.

Syakh Wahbah Az Zuhaili Rahimahullah juga mengatakan:

ูู„ุง ูŠุญุฑู… ุณู…ุงุน ุตูˆุช ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ูˆู„ูˆ ู…ุบู†ูŠุฉุŒ ุฅู„ุง ุนู†ุฏ ุฎูˆู ุงู„ูุชู†ุฉ

Maka, tidaklah diharamkan mendengarkan suara wanita walau wanita penyanyi kecuali jika khawatir terjadinya fitnah. (Ibid, 2/116)

📘 Kedua. Wanita Membaca Al Quran Diperdengarkan Laki-Laki

Dalam hal ini kami sodorkan Fatwa Samahatusy Syaikh, Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz Rahimahullah:

ู…ุง ุญูƒู… ุงู„ุงุณุชู…ุงุน ุฅู„ู‰ ุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ู†ุณุงุก ููŠ ู…ุณุงุจู‚ุงุช ุงู„ู‚ุฑุขู† ุงู„ูƒุฑูŠู… ุงู„ุชูŠ ุชู‚ุงู… ุณู†ูˆูŠุง ููŠ ุจุนุถ ุงู„ุจู„ุงุฏ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠุฉุŸ ุฃููŠุฏูˆู†ุง ุฃูุงุฏูƒู… ุงู„ู„ู‡

โ€œApa hukum mendengarkan bacaan Al Quran kaum wanita dalam acara MTQ yang dilakukan secara tahunan di sebagian negeri islam? Semoga Allah memberikan faidah kepada kami dan Anda. โ€

Jawab (Syaikh Ibnu Baz):

ู„ุง ุฃุนู„ู… ุจุฃุณุง ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุดูŠุก ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู†ุณุงุก ุนู„ู‰ ุญุฏุฉ ูˆุงู„ุฑุฌุงู„ ุนู„ู‰ ุญุฏุฉุŒ ู…ู† ุบูŠุฑ ุงุฎุชู„ุงุท ููŠ ู…ุญู„ ุงู„ู…ุณุงุจู‚ุฉุŒ ุจู„ ูŠูƒู† ุนู„ู‰ ุญุฏุฉุŒ ู…ุน ุชุณุชุฑู‡ู† ูˆุชุญุฌุจู‡ู† ุนู† ุงู„ุฑุฌุงู„
ูˆุฃู…ุง ุงู„ู…ุณุชู…ุน ูุฅุฐุง ุงุณุชู…ุน ู„ู„ูุงุฆุฏุฉ ูˆุงู„ุชุฏุจุฑ ู„ูƒู„ุงู… ุงู„ู„ู‡ ูู„ุง ุจุฃุณุŒ ุฃู…ุง ู…ุน ุงู„ุชู„ุฐุฐ ุจุฃุตูˆุงุชู‡ู† ูู„ุง ูŠุฌูˆุฒ. ุฃู…ุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู‚ุตุฏ ุงู„ุงุณุชู…ุงุน ู„ู„ูุงุฆุฏุฉุŒ ูˆุงู„ุชู„ุฐุฐ ููŠ ุงุณุชู…ุงุน ุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆุงู„ุงุณุชูุงุฏุฉ ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ูู„ุง ุญุฑุฌ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุฐู„ูƒ

โ€œSaya tidak ketahui adanya masalah dalam hal ini, jika kaum wanita dan laki-laki masing-masing diberi pembatas ditempatnya, tidak ikhtilath (campur baur) ditempat perlombaan, bahkan diberikan batasan khusus yang menutup mereka dan menghijabnya dari laki-laki.

Ada pun pendengar, jika tujuannya adalah untuk mendapatkan faidah dan tadabbur firman Allah, maka tidak apa-apa. Sedangkan jika dibarengi niatan berlezat-lezat terhadap suara para wanita maka tidak boleh. Jika mendengarkannya untuk mendapatkan faidah, dan menikmati bacaan Al Quran, dan mengambil manfaat dari Al Quran maka tidak ada masalah dalam hal ini. Insya Allah.โ€ (Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Fatawa Nur โ€˜Alad Darb, No. 37)

Demikian. Wallahu Aโ€™lam

Wa Shallallahu โ€˜Ala Nabiyyina Muhammadin wa โ€˜Al Aalihi wa Shahbihi wa Sallam

🌾🌱💐☘🌴🌿🌻🌺🍃

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top