Sekilas Seputar Zakat (Bag. 4)

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

2⃣ Zakat Mal (Zakat Harta)

Zakat Mal mencakup beberapa jenis harta, yakni:

A.ย  Zakat Emas dan Perak

Kewajiban zakat emas dan perak, diperintahkan dalam Al Quran:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขูŽู…ูŽู†ููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ุจูŽุงุฑู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูู‡ู’ุจูŽุงู†ู ู„ูŽูŠูŽุฃู’ูƒูู„ููˆู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุจูุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ู ูˆูŽูŠูŽุตูุฏู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู†ู’ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽูƒู’ู†ูุฒููˆู†ูŽ ุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููุถู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู†ู’ููู‚ููˆู†ูŽู‡ูŽุง ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽุจูŽุดู‘ูุฑู’ู‡ูู…ู’ ุจูุนูŽุฐูŽุงุจู ุฃูŽู„ููŠู…ู (34) ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูุญู’ู…ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูููŠ ู†ูŽุงุฑู ุฌูŽู‡ูŽู†ู‘ูŽู…ูŽ ููŽุชููƒู’ูˆูŽู‰ ุจูู‡ูŽุง ุฌูุจูŽุงู‡ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฌูู†ููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุธูู‡ููˆุฑูู‡ูู…ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุง ูƒูŽู†ูŽุฒู’ุชูู…ู’ ู„ูุฃูŽู†ู’ููุณููƒูู…ู’ ููŽุฐููˆู‚ููˆุง ู…ูŽุง ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽูƒู’ู†ูุฒููˆู†ูŽ (35)

34. Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,
35. pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah (9): 34-35)

Khadimus Sunnahย  Asy Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:

ูˆุงู„ุฒูƒุงุฉ ูˆุงุฌุจุฉ ููŠู‡ู…ุงุŒ ุณูˆุงุก ุฃูƒุงู†ุง ู†ู‚ูˆุฏุงุŒ ุฃู… ุณุจุงุฆูƒุŒ ุฃู… ุชุจุฑุฃุŒ ู…ุชู‰ ุจู„ุบ ู…ู‚ุฏุงุฑ ุงู„ู…ู…ู„ูˆูƒ ู…ู† ูƒู„ ู…ู†ู‡ู…ุง ู†ุตุงุจุงุŒ ูˆุญุงู„ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุญูˆู„ุŒ ูˆูƒุงู† ูุงุฑุบุง ุนู† ุงู„ุฏูŠู†ุŒ ูˆุงู„ุญุงุฌุงุช ุงู„ุงุตู„ูŠุฉ.

Zakat diwajibkan atas keduanya (emas dan perak), sama saja apakah berupa mata uang, kepingan, atau masih gumpalan, pada saat dimiliki keduanya sudah mencapai nishab dan sudah se-haul (satu tahun) kepemilikannya, dan pemiliknya bebas dari hutang dan berbagai kebutuhan mendasar. (Lihat Fiqhus Sunnah, 1/339. Darul Kitab Al โ€˜Arabi)

Nishab zakat emas adalah jika telah mencapai 20 Dinar dan selama satu tahun kepemilikan, maka zakatnya 1/40-nya, yakni setengah Dinar. (HR. Abu Daud No. 1573, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7325, dishahihkan Syaikh Al Albani. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 1573)

Satu Dinar adalah 4,25 gram emas. Jadi, jika sudah memiliki 85 gram emas, maka dikeluarkan zakatnya 2,125 gram.

Nishab zakat perak adalah jika telah mencapai 200 Dirham selama setahun kepemilikan sebanyak 1/40-nya, yakni 5 dirham. (HR.ย  Abu Daud No. 1574, At Tirmdizi No. 620,ย  Ahmad No. 711, 1232,ย  Al Bazar No. 679, dan lainnya. Imam At Tirmidzi bertanya kepada Imam Bukhari, apakah hadits ini shahih? Beliau menjawab: โ€œshahih.โ€ Lihat Sunan At Tirmidzi No. 620)

Satu Dirham adalah 2,975 gram perak. Jadi, jika sudah memiliki 595 gram perak, maka dikeluarkan zakatnya 14,875 gram.

Bersambung …

🍃🌾🌻🌸🌴🌺☘🌷

✏ Farid Nu’man Hasan

Serial Sekilas Seputar Zakat

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 1)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 2)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 3)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 4)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 5)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 6)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 7)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 8)

Sekilas Seputar Zakat (Bag. 9)

Download E-book Sekilas Seputar Zakat oleh Farid Nu’man Hasan, di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top