Serba Serbi Amar Ma’ruf Nahi Munkar

💢💢💢💢💢💢💢

📌 Kewajiban Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Imam Ibnu Daqiq al ‘Id Rahimahullah:

فهو أمر إيجاب بإجماع الأمة وقد تطابق الكتاب والسنة على وجوب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر وهو أيضا من النصيحة التي هي الدين

Menghilangkan kemungkaran adalah hal yang wajib berdasarkan ijma’ umat ini. Hal itu sejalan dengan Al Quran dan As Sunnah tentang wajibnya amar ma’ruf nahi munkar dan itu bagian dari nasihat dan itu adalah bagian dari agama.

📌 Jangan Menunggu Sempurna

Imam Ibnu Daqiq al ‘Id:

قال العلماء: ولا يشترط في الآمر بالمعروف والناهي عن المنكر أن يكون كامل الحال، ممتثلاً ما يأمر به. مجتنباً ما ينهى عنه بل عليه الأمر. وإن كان مرتكباً خلاف ذلك لأنه يجب عليه شيئان: أن يأمر نفسه وينهاها. وأن يأمر غيره وينهاها. فإذا أخذ بأحدهما لا يسقط عنه الآخر

Para ulama mengatakan: menjadi sempurna itu bukanlah syarat dalam amar ma’ruf nahi munkar yang mengharuskan dia mesti sudah menjalankan apa yang dia katakan dan menjauhi apa yang dia larang. Jika dia melakukan apa-apa yang menyelisihi ajakannya sendiri maka dia wajib melakukan dua hal: amar ma’ruf nahi munkar kepada dirinya, dan juga kepada orang lain. Jika dia sudah melakukan salah satunya, maka tidaklah gugur terhadap satunya lagi.

📌 Bukan Hanya Tugas Penguasa dan Ulama

Imam Ibnu Daqiq al ‘Id :

قالوا: ولا يختص الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر بأصحاب الولاية بل ذلك ثابت لآحاد المسلمين وإنما يأمر وينهى من كان عالماً بما يأمر به وينهى عنه فإن كان من الأمور الظاهرة مثل: الصلاة والصوم والزنا وشرب الخمر ونحو ذلك، فكل المسلمين علماء بها وإن كان من دقائق الأفعال والأقوال وما يتعلق بالاجتهاد ولم يكن للعوام فيه مدخل فليس لهم إنكاره بل ذلك للعلماء

Mereka (para ulama) mengatakan bahwa amar ma’ruf nahi munkar tidaklah khusus bagi penguasa saja, tapi ini berlaku bagi individu muslim mana pun. Sesungguhnya amar ma’ruf nahi munkar ini kewajiban bagi yang tahu jika ada hal yang memang mesti di perintah dan dicegah. Jika mencakup hal-hal yang sudah jelas seperti shalat, puasa, puasa, minum khamr, zina, dan semisalnya, maka semua umat Islam sudah tahu hal itu. Ada pun untuk ucapan dan perbuatan yang rumit yang membutuhkan ijtihad maka itu bukan bagiannya orang awam untuk amar ma’ruf nahi munkar tapi domainnya para ulama.

📌 Kemungkaran yang diingkari hanyalah hal yang disepakati kemungkarannya

Imam Ibnu Daqiq al ‘Id:

والعلماء إنما ينكرون ما أجمع عليه أما المختلف فيه فلا إنكار فيه لأن على أحد المذهبين: أن كل مجتهد مصيب وهو المختار عند كثير من المحققين. وعلى المذهب الآخر: أن المصيب واحد والمخطئ غير متعين لنا والإثم موضوع عنه لكن على جهة النصيحة للخروج من الخلاف فهو حسن مندوب إلى فعله برفق

Para ulama hanyalah mengingkari apa-apa yang telah ijma’ (kemungkarannya), sedangkan perkara yg masih diperselisihkan tidak boleh ada pengingkaran dalam hal itu. Sebab, bagi seseorang ada dua madzhab yang berlaku: 1. Seluruh Mujtahid itu benar. Inilah yang dipilih oleh banyak muhaqqiq (peneliti). 2. Yang benar hanya satu yang lainnya salah, namun tidak tentu yg mana, dan dosa tidak berlaku. Tapi dia dinasihati agar keluar dari perselisihan. Ini adalah hal yang bagus dan diajurkan melakukannya dengan lembut.

📚 Imam Ibnu Daqiq al ‘Id, Syarah al Arbain an Nawawiyah, Hal. 112 – 113

🌿🌻🍃🍀🌷🌸🌳

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top