Salahkah Beramal Karena Berharap Surga dan Karena Takut Neraka?

▫▫▫▫▪▪▪▪

PERTANYAAN:

Hani Ummu Arshan:
Ustadz apa benar belum sempurna iman kita jika masih takut neraka dan berharap surga?

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

JAWABAN

Bismillahirrahmanirrahim ..

Seorang beramal krn berharap surga dan ingin bebas dari neraka, karena memang Allah dan RasulNya mengiming-imingi seperti. Banyak ayat atau hadits menyebutkannya.

Seperti ayat-ayat jihad, sering kali Allah Ta’ala menyebutkan dijanjikan surga bagi para pelakunya .. baik dalam surat At Taubah, Ash Shaf dan lainnya.

Begitu pula dalam hadits-hadits Rasulullah ﷺ, .. seperti: membaca ayat kursi setiap habis shalat wajib maka tdk ada yang mencegahnya dari masuk surga, membaca al mulk akan terjaga dari siksa kubur, dll.

Sehingga seseorang yang beramal karena ingin surga dan menghindari neraka, adalah hal yang syar’i. Jangan dibenturkan dgn perkataan: “Kalau begitu dia beramal bukan karena ridha Allah, maka dia musyrik”, ini adalah pernyataan berlebihan.

Dalam Musnad Asy Syafi’iy, diriwayatkan bahwa doa yang paling banyak Rasulullah ﷺ baca saat Ihrom, adalah minta ridha, surga, dan perlindungan dari api neraka. Mirip doa umat Islam saat Ramadhan: Inni as’aluka ridhaka wal jannah wa a’udzubika minan naar (Aku minta kepadaMu ridhaMu dan surga, dan perlindungan dari api neraka).

Bahkan dalam surat Al Fajr, antara RIDHA dan SURGA itu tidak dipisahkan. Orang yang masuk surga pasti Allah ridha kepadanya, orang yang Allah ridhai pastilalah dia surga.

Perhatikan ayat-ayat berikut:

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ

Wahai jiwa yang tenang!

ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً

Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhai-Nya.

فَادْخُلِي فِي عِبَادِي

Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku,

وَادْخُلِي جَنَّتِي

dan masuklah ke dalam surga-Ku.

(QS. Al Fajr: 27-30)

Demikian. Wallahu a’lam

📙📘📕📒📔📓📗

🖋 Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top