Panasnya Api Neraka

🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

نارُكُمْ هَذِهِ الَّتِي يُوْقِدُ ابْنُ آدَمَ جُزْءٌ مِنْ سَبْعِيْنَ جُزْءاً مِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ، قالُوا: وَاللهِ يا رسولَ اللهِ إِنْ كانَتْ لَكافِيَةً، قالَ: فَإِنَّها فُضِّلَتْ عَلَيْها بِتِسْعَةٍ وَسِتِّيْنَ جُزْءًا كُلُّها مِثْلُ حَرِّها

“Api kalian ini yang dinyalakan oleh anak cucu Adam hanyalah satu bagian dari 70 bagian dari panasnya api Jahannam. Mereka berkata, “Demi Allah wahai Rasulullah, api di dunia ini saja sungguh sudah cukup (untuk menyiksa).” Maka beliau bersabda, “Maka sesungguhnya api jahannam dilebihkan 69 kali lipat panasnya, dan setiap bagiannya (dari 69 ini) mempunyai panas yang sama seperti api di dunia.” (HR. Bukhari No. 3265 dan Muslim No. 2843)

Panas yang paling panas dan pernah ada dibumi adalah inti bumi, seperti yang dilansir Live Science, 26 April 2013, adalah 6000 derajat celcius.

Betapa panasnya neraka, jika 6000 dikalikan 69. Jika panasnya api bisa melelhkan konstruksi baja gedung kembar WTC pada peristiwa 911, maka bagaimana dengan daging dan tulang manusia?

Ada pun neraka yang paling ringan adalah orang yang kakinya menginjak batu neraka sampai otaknya mendidih, juga orang yang memakai sandal sampai otaknya menjadi bubur mendidih.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَنْتَعِلُ بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ يَغْلِي دِمَاغُهُ مِنْ حَرَارَةِ نَعْلَيْهِ

Sesungguhnya penduduk neraka yg paling ringan siksanya, orang yang memakai dua sandal dari api neraka yg mana otaknya mendidih disebabkan panasnya kedua sandalnya. (HR. Muslim, 1/211)

Hadits lain:

إِنَّ أَهْوَنَ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَرَجُلٌ تُوضَعُ فِي أَخْمَصِ قَدَمَيْهِ جَمْرَتَانِ يَغْلِي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ

Sesungguhnya orang yg paling ringan azabnya pada Hari Kiamat ialah seorang lelaki yg diletakkan pada tapak kakinya dua buah batu dari Neraka, kemudian otaknya mendidih karena sebab panasnya keduanya’. (HR. Muslim, 1/213)

Di antara yang merasakan neraka seperti ini adalah Abu Thalib, sebagaimana hadits:

أهون أهل النار عذابا أبو طالب وهو منتعل بنعلين يغلي منهما دماغه

Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya adalah Abu Thalib, dia memakai sandal yang membuat mendidih otaknya. (HR. Muslim, 1/212)

Rabbana atinaa fis dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban naar … amiin

🌷☘🌺🌴🍃🌸🌾🌻

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top