Shalat Sunnah Sambil Duduk Walau Mampu Berdiri, Bolehkah?

💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Assalamu’alaikum ustadz… Mau tanya, Hukum sholat sunnah dengan posisi sambil duduk tanpa sebab sakit.. (08127399xxxx)

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam warahmatullah …

Dalam shalat sunnah, seseorang melakukannya secara duduk, TIDAK ADA BEDA PENDAPAT .. hal itu dibolehkan walau dia mampu berdiri. Hanya saja berdiri lebih utama dan lebih berlipat pahalanya.

Berikut ini keterangannya:

ูู„ุง ุญุฑุฌ ุนู„ูŠูƒ ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุณู†ู† ูˆุงู„ู†ูˆุงูู„ ูƒู‚ูŠุงู… ุงู„ู„ูŠู„ ุฌุงู„ุณุงู‹ ูˆู„ูˆ ู…ุน ุงู„ู‚ุฏุฑุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ูŠุงู… ูˆู…ู† ูุนู„ ุฐู„ูƒ ูู„ุง ุฅุซู… ุนู„ูŠู‡ุŒ ุฅู„ุง ุฃู† ุซูˆุงุจ ุงู„ู‚ุงุฆู… ุถุนู ุซูˆุงุจ ุงู„ู‚ุงุนุฏ ุฅุฐุง ู„ู… ูŠูƒู† ุจู‡ ุนุฐุฑุŒ ู„ุญุฏูŠุซ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ุงู„: ุญุฏุซุช ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„: ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฑุฌู„ ู‚ุงุนุฏุงู‹ ู†ุตู ุงู„ุตู„ุงุฉ. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆุนู† ุนู…ุฑุงู† ุจู† ุญุตูŠู† ู‚ุงู„: ุณุฃู„ุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฑุฌู„ ู‚ุงุนุฏุงู‹ ูู‚ุงู„ ุฅู† ุตู„ู‰ ู‚ุงุฆู…ุงู‹ ูู‡ูˆ ุฃูุถู„ุŒ ูˆู…ู† ุตู„ู‰ ู‚ุงุนุฏุงู‹ ูู„ู‡ ู†ุตู ุฃุฌุฑ ุงู„ู‚ุงุฆู…ุŒ ูˆู…ู† ุตู„ู‰ ู†ุงุฆู…ุงู‹ ูู„ู‡ ู†ุตู ุฃุฌุฑ ุงู„ู‚ุงุนุฏ. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ.

ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ู‚ุฏุงู…ุฉ: ู„ุง ู†ุนู„ู… ุฎู„ุงูุงู‹ ููŠ ุฅุจุงุญุฉ ุงู„ุชุทูˆุน ุฌุงู„ุณุงู‹ ูˆุฃู†ู‡ ููŠ ุงู„ู‚ูŠุงู… ุฃูุถู„. ุงู†ุชู‡ู‰

Tidak apa2 bagimu shakat sunah dan nafilah seperti qiyamul lail dgn cara duduk walau mampu untuk berdiri. Siapa yang melakukan itu dia tidak berdosa. Hanya saja pahala berdiri lebih berlipat dibanding duduk jika dia memang tidak ada uzur. (Maksudnya jk duduknya krn uzur maka pahalanya sama dgn berdiri).

Hal ini berdasarkan hadits Abdullah bin Amr Radhiallahu ‘Anhuma, dia berkata: bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Shalat seseorang dengan duduk itu bernilai setengah shalat.” (HR. Muslim dan lainnya)

Dari Imran bin Hushain Radhiallahu ‘Anhu dia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang Shalat seseorang duduk.”

Beliau menjawab: “Sesungguhnya shalat orang yang berdiri maka itu lebih utama, sdgkanย  yang shalatnya duduk maka pahalanya setengah yang berdiri, barang siapa yang shalatnya berbaring maka pahalanya setengah yang duduk. (HR. Bukhari)

Ibnu Qudamah mengatakan: ” Tidak kami ketahui adanya perbedaan pendapat tentang BOLEHNYA shakat sunnah dengan cara duduk, dan jk dengan berdiri maka itu lebih utama. (Selesai fatwa dari islamweb.com)

Demikian. Wallahu A’lam

🌴🌷🌱🌸🍃🌵🌾

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top