Makna “Datang Tuhanmu” dalam Surat Al Fajr ayat 22

💢💢💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Ust, di surat Al Fajr (ayat 22) ada ayat Jaa’a rabbuka (datanglah Tuhanmu), itu maksudnya gimana ya? Apa Allah mengalami perpindahan tempat?

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Bismillahirrahmanirrahim..

Ayat tersebut, oleh para imam salaf tidaklah dipahami secara tekstual. Maha Suci Allah dari pemahaman dan pemikiran bahwa Allah Ta’ala pindah-pindah tempat sebagaimana makhluk yang pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Imam Ibnu Katsir mengatakan dalam Tarikh-nya (10/648):

وروى الحافظ البيهقي في مناقب أحمد عن الحاكم عن أبي عمرو بن السماك عن حنبل عن أحمد بن حنبل تأول قول الله {وَجَاء رَبُّكَ} [سورة الفجر] أنه جاء ثوابه، ثم قال البيهقي: وهذا إسناد لا غبار عليه

Al Hafizh al Baihaqi meriwayatkan dalam Manaqib Ahmad, dari Al Hakim, dari Abu ‘Amr bin as Simaak, dari Hambal, dari Ahmad bin Hambal, bahwa Beliau mentakwil firman Allah Ta’ala: wa jaa’a rabbuka – dan datanglah Tuhanmu, maknanya adalah DATANG PAHALANYA.

Al Baihaqi berkata: “Sanad riwayat ini tidak ada debu padanya” (maksudnya shahih). (selesai)

Imam al Baihaqi Rahimahullah berkata:

وفيه دليل على أنه كان لا يعتقد في المجيء الذي ورد به الكتاب والنزول الذي وردت به السنة انتقالا من مكان إلى مكان كمجيء ذوات الأجسام ونزولها وإنما هو عبارة عن ظهور ءايات قدرته..

Ini menjadi dalil bahwa Beliau (Imam Ahmad) tidak berkeyakinan kata “kedatangan” yang terdapat dalam Al Quran dan kata “turun” seperti yang ada dalam As Sunnah adalah perpindahan dari satu tempat ke tempat lain sebagaimana perpindahan dan turunnya berbagai zat yang memiliki jism (raga/bentuk). Itu hanyalah ungkapan yang bermakna nampaknya tanda-tanda kekuasaanNya.. (Ibid)

Imam al Baidhawi Rahimahullah mengatakan:

وَجاءَ رَبُّكَ أي ظهرت آيات قدرته وآثار قهره

“Dan datanglah Tuhanmu” yaitu telah nampak tanda-tanda kekuasaanNya dan jejak-jejak kekuatanNya. (Tafsir Al Baidhawi, 5/311)

Imam al Qurthubi Rahimahullah menjelaskan:

قوله تعالى : { وَجَآءَ رَبُّكَ } أي أمره وقضاؤه؛ قاله الحسن

FirmanNya (dan datanglah Tuhanmu) yaitu urusanNya dan ketetapanNya. Ini dikatakan oleh Al Hasan.

(Tafsir Al Qurthubi, 13/103)

Al Kalbi berkata tentang ayat tsb:
ينزل حكمه
Dia turunkan hikmah-hikmahNya. (Tafsir Al Baghawi, 5/252)

Demikian. Wallahu a’lam

🌷🍀🌿🌸🌻🍃🌳🍁

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top