Makna “Datang Tuhanmu” dalam Surat Al Fajr ayat 22

💢💢💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Ust, di surat Al Fajr (ayat 22) ada ayat Jaa’a rabbuka (datanglah Tuhanmu), itu maksudnya gimana ya? Apa Allah mengalami perpindahan tempat?

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Bismillahirrahmanirrahim..

Ayat tersebut, oleh para imam salaf tidaklah dipahami secara tekstual. Maha Suci Allah dari pemahaman dan pemikiran bahwa Allah Ta’ala pindah-pindah tempat sebagaimana makhluk yang pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Imam Ibnu Katsir mengatakan dalam Tarikh-nya (10/648):

ูˆุฑูˆู‰ ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ููŠ ู…ู†ุงู‚ุจ ุฃุญู…ุฏ ุนู† ุงู„ุญุงูƒู… ุนู† ุฃุจูŠ ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุงู„ุณู…ุงูƒ ุนู† ุญู†ุจู„ ุนู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ ุชุฃูˆู„ ู‚ูˆู„ ุงู„ู„ู‡ {ูˆูŽุฌูŽุงุก ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ} [ุณูˆุฑุฉ ุงู„ูุฌุฑ] ุฃู†ู‡ ุฌุงุก ุซูˆุงุจู‡ุŒ ุซู… ู‚ุงู„ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ: ูˆู‡ุฐุง ุฅุณู†ุงุฏ ู„ุง ุบุจุงุฑ ุนู„ูŠู‡

Al Hafizh al Baihaqi meriwayatkan dalam Manaqib Ahmad, dari Al Hakim, dari Abu ‘Amr bin as Simaak, dari Hambal, dari Ahmad bin Hambal, bahwa Beliau mentakwil firman Allah Ta’ala: wa jaa’a rabbuka – dan datanglah Tuhanmu, maknanya adalah DATANG PAHALANYA.

Al Baihaqi berkata: “Sanad riwayat ini tidak ada debu padanya” (maksudnya shahih). (selesai)

Imam al Baihaqi Rahimahullah berkata:

ูˆููŠู‡ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ู„ุง ูŠุนุชู‚ุฏ ููŠ ุงู„ู…ุฌูŠุก ุงู„ุฐูŠ ูˆุฑุฏ ุจู‡ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ู†ุฒูˆู„ ุงู„ุฐูŠ ูˆุฑุฏุช ุจู‡ ุงู„ุณู†ุฉ ุงู†ุชู‚ุงู„ุง ู…ู† ู…ูƒุงู† ุฅู„ู‰ ู…ูƒุงู† ูƒู…ุฌูŠุก ุฐูˆุงุช ุงู„ุฃุฌุณุงู… ูˆู†ุฒูˆู„ู‡ุง ูˆุฅู†ู…ุง ู‡ูˆ ุนุจุงุฑุฉ ุนู† ุธู‡ูˆุฑ ุกุงูŠุงุช ู‚ุฏุฑุชู‡..

Ini menjadi dalil bahwa Beliau (Imam Ahmad) tidak berkeyakinan kata “kedatangan” yang terdapat dalam Al Quran dan kata “turun” seperti yang ada dalam As Sunnah adalah perpindahan dari satu tempat ke tempat lain sebagaimana perpindahan dan turunnya berbagai zat yang memiliki jism (raga/bentuk). Itu hanyalah ungkapan yang bermakna nampaknya tanda-tanda kekuasaanNya.. (Ibid)

Imam al Baidhawi Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽุฌุงุกูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุฃูŠ ุธู‡ุฑุช ุขูŠุงุช ู‚ุฏุฑุชู‡ ูˆุขุซุงุฑ ู‚ู‡ุฑู‡

“Dan datanglah Tuhanmu” yaitu telah nampak tanda-tanda kekuasaanNya dan jejak-jejak kekuatanNya. (Tafsir Al Baidhawi, 5/311)

Imam al Qurthubi Rahimahullah menjelaskan:

ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : { ูˆูŽุฌูŽุขุกูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ } ุฃูŠ ุฃู…ุฑู‡ ูˆู‚ุถุงุคู‡ุ› ู‚ุงู„ู‡ ุงู„ุญุณู†

FirmanNya (dan datanglah Tuhanmu) yaitu urusanNya dan ketetapanNya. Ini dikatakan oleh Al Hasan.

(Tafsir Al Qurthubi, 13/103)

Al Kalbi berkata tentang ayat tsb:
ูŠู†ุฒู„ ุญูƒู…ู‡
Dia turunkan hikmah-hikmahNya. (Tafsir Al Baghawi, 5/252)

Demikian. Wallahu a’lam

🌷🍀🌿🌸🌻🍃🌳🍁

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top