Posisi Tangan Bersedekap Saat Shalat

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Kami akan ambil dari dua sumber.

1. Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 38/369

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุณูู†ูŽู†ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุถูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูˆูŽุถู’ุนู ุงู„ู’ูŠูŽุฏู ุงู„ู’ูŠูู…ู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽุฎูŽุงู„ูŽููŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ููŽู‚ูŽุงู„ููˆุง : ูŠูู†ู’ุฏูŽุจู ุงู„ุฅู’ูุฑู’ุณูŽุงู„ ูˆูŽูŠููƒู’ุฑูŽู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุถู ูููŠ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ููŽุฑู’ุถู ูˆูŽุฌูŽูˆู‘ูŽุฒููˆู‡ู ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽูู’ู„ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู„ูŽุฉู .
ูˆูŽู…ูŽูƒูŽุงู†ู ูˆูŽุถู’ุนู ุงู„ู’ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู†ู ุจูู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽูŠู’ูููŠู‘ูŽุฉู ู‡ููˆูŽ ุชูŽุญู’ุชูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุฏู’ุฑู ูˆูŽููŽูˆู’ู‚ูŽ ุงู„ุณู‘ูุฑู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุฌูุจูŽูŠู’ุฑู ู„ูู…ูŽุง ุฑูŽูˆูŽู‰ ูˆูŽุงุฆูู„ ุจู’ู†ู ุญูุฌู’ุฑู ู‚ูŽุงู„ : ุตูŽู„ู‘ูŽูŠู’ุชู ู…ูŽุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนูŽ ูŠูŽุฏูŽู‡ู ุงู„ู’ูŠูู…ู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ูŠูŽุฏูู‡ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽุฏู’ุฑูู‡ู
ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽูููŠ ุงู„ุฑู‘ููˆูŽุงูŠูŽุฉู ุงู„ุฃู’ูุฎู’ุฑูŽู‰ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุถูŽุนู ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุชูŽุญู’ุชูŽ ุณูุฑู‘ูŽุชูู‡ู ูˆูŽุฑููˆููŠูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽู„ููŠู‘ู ูˆูŽุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ูˆูŽุฃูŽุจููŠ ู…ูุฌู’ู„ูŽุฒู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฎูŽุนููŠู‘ู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุฑููŠู‘ู ูˆูŽุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽ ู„ูู…ูŽุง ุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽู„ููŠู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ : ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุถู’ุนู ุงู„ู’ูƒูŽูู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูƒูŽูู‘ู ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุชูŽุญู’ุชูŽ ุงู„ุณู‘ูุฑู‘ูŽุฉู

Mayoritas ahli fiqih seperti Hanafiyah, Syafiโ€™iyah dan Hanabilah, berpendapat bahwa di antara sunah-sunah shalat adalah Al Qabdh (bersedekap), yaitu meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri. Sementara Malikiyah menyelisihi mereka dalam hal ini, mereka mengatakan: โ€œDianjurkan irsaal (meluruskan tangan) dan dimakruhkan sedekap di dalam shalat wajib namun boleh di shalat sunnah.โ€ Inilah gambaran secara umum.

Ada pun tempat meletakkan tangannya adalah di bawah dada dan di atas pusar, ini menurut Malikiyah, Syafiโ€™iyah, dan sebuah riwayat dari Hanabilah. Ini juga pendapat Saโ€™id bin Jubeir. Berdasarkanย  hadits Wail bin Hujr, dia berkata: โ€œAku shalat bersama Rasulullah ๏ทบ, Beliau meletakkan tangan kanan di atas tangan kirinya, di dadanya.โ€

Sedangkan menurut Hanafiyah, dan sebuah riwayat lain dari Hanabilah, bahwa diletakkan kedua tangan itu di bawah pusar. Cara seperti ini diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, Abu Hurairah, Abu Mijlaz, An Nakhaโ€™i, Ats Tsauri, dan Ishaq. Berdasarkan riwayat dari Ali bin Abi Thalib: โ€œDiantara sunah dalam shalat adalah meletakkan telapak tangan di atas telapak tangan, di bawah pusar.โ€

2. Fiqhus Sunnah, 1/146

ู‚ุงู„ ุงู„ูƒู…ุงู„ ุจู† ุงู„ู‡ู…ุงู…. ูˆู„ู… ูŠุซุจุช ุญุฏูŠุซ ุตุญูŠุญ ูŠูˆุฌุจ ุงู„ุนู…ู„ ููŠ ูƒูˆู† ุงู„ูˆุถุน ุชุญุช ุงู„ุตุฏุฑุŒ ูˆููŠ ูƒูˆู†ู‡ ุชุญุช ุงู„ุณุฑุฉุŒ ูˆุงู„ู…ุนู‡ูˆุฏ ุนู†ุฏ ุงู„ุญู†ููŠุฉ ู‡ูˆ ูƒูˆู†ู‡ ุชุญุช ุงู„ุณุฑุฉ ูˆุนู†ุฏ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ุชุญุช ุงู„ุตุฏุฑ.
ูˆุนู† ุฃุญู…ุฏ ู‚ูˆู„ุงู† ูƒุงู„ู…ุฐู‡ุจูŠู†ุŒ ูˆุงู„ุชุญู‚ูŠู‚ ุงู„ู…ุณุงูˆุงุฉ ุจูŠู†ู‡ู…ุง.
ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ: ุฃู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุงู„ุชุงุจุนูŠู† ูˆู…ู† ุจุนุฏู‡ู… ูŠุฑูˆู† ุฃู† ูŠุถุน ุงู„ุฑุฌู„ ูŠู…ูŠู†ู‡ ุนู„ู‰ ุดู…ุงู„ู‡ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉุŒ ูˆุฑุฃู‰ ุจุนุถู‡ู… ููˆู‚ ุงู„ุณุฑุฉุŒ ูˆุฑุฃู‰ ุจุนุถู‡ู… ุฃู† ูŠุถุนู‡ุง ุชุญุช ุงู„ุณุฑุฉุŒ ูˆูƒู„ ุฐู„ูƒ ูˆุงู‚ุน ุนู†ุฏู‡ู…. ุงู†ุชู‡ู‰.
ูˆู„ูƒู† ู‚ุฏ ุฌุงุกุช ุฑูˆุงูŠุงุช ุชููŠุฏ ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูƒุงู† ูŠุถุน ูŠุฏูŠู‡ ุนู„ู‰ ุตุฏุฑู‡ุŒ ูุนู† ู‡ู„ุจ ุงู„ุทุงุฆูŠ ู‚ุงู„: ุฑุฃูŠุช ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุถุน ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุนู„ู‰ ุตุฏุฑู‡ ููˆู‚ ุงู„ู…ูุตู„ุŒ ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏุŒ ูˆุญุณู†ู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ.
ูˆุนู† ูˆุงุฆู„ ุจู† ุญุฌุฑ ู‚ุงู„: (ุตู„ูŠุช ู…ุน ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููˆุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุนู„ู‰ ุตุฏุฑู‡) ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ุฎุฒูŠู…ุฉ ูˆุตุญุญู‡ ูˆุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ุจู„ูุธ: ุซู… ูˆุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ุธู‡ุฑ ูƒูู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ูˆุงู„ุฑุณุบ ูˆุงู„ุณุงุนุฏ.ุฃูŠ ุฃู†ู‡ ูˆุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ุธู‡ุฑ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ูˆุฑุตุบู‡ุง ูˆุณุงุนุฏู‡ุง.

Berkata Al Kamal bin Al Hummam: โ€œTidak ada hadits shahih yang menunjukkan aktifitas posisi meletakkan tangan di bawah dada, dan di bawah pusar. Dan, yang dianut oleh Hanafiyah adalah posisinya di bawah pusar, dan bagi Syafiโ€™iyah di bawah dada.โ€

Sedangkan Ahmad ada dua riwayat, sebagaimana dua madzhab tersebut.

At Tirmidzi berkata: โ€œPara ulama dari kalangan sahabat Nabi ๏ทบ, tabiโ€™in, dan generasi setelah mereka, berpendapat bahwa seseorang meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya, sebagian mereka berpendapat meletakkan di atas pusar, sebagian lain berpendapat di bawah pusar. Semua ini ada dalam pendapat mereka.โ€ Selesai

Tetapi terdapat banyak riwayat yang menunjukkan bahwa Nabi ๏ทบ meletakkan kedua tangannya di atas dadanya. Dari Halab Ath Thaโ€™iy, dia berkata: โ€œAku melihatย  Nabi ๏ทบ meletakkanย ย  tangan kanannya di atas tangan kirinya, di dadanya, di atas mufashshal (batas antara dada dan perut).โ€

Diriwayatkan oleh Ahmad, dan dihasankan oleh At Tirmidzi.
Dari Wail bin Hujr, dia berkata: โ€œAku shalat bersama Rasulullah ๏ทบ, Beliau meletakkan tangan kanan di atas tangan kirinya, di dadanya.โ€ Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan dia menshahihkannya.

Diriwayatkan oleh Abu Daud dan An Nasaโ€™i dengan lafaz: โ€œKemudian Beliau meletakkan tangan kanannya di atas punggung telapak tangan kirinya dan pergelangan tangannya serta tulang hastanya.โ€ Maksudnya Beliau meletakkan tangan kanannya di punggung tangan kirinya, pergelangannya dan bagian hastanya.

💢 Kesimpulan:

✅ Hanafiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah (Hambaliyah), berpendapat adanya bersedekap

✅ Sementara Malikiyah -pengikut Imam Malik- memakruhkan sedekap pada shalat wajib, tapi boleh pada shalat sunah.

✅ Tempatnya sedekap adalah di bawah dada tapi di atas pusar (antara dada dan pusar). Ini pendapat Malikiyah,ย  Syafi’iyah, juga Imam Ahmad dalam satu riwayat, berdasarkan riwayat Wail bin Hujr.

✅ Hanafiyah dan sebagian Hanabilah, meletakkan tangan di bawah pusar. Ini juga pendapat Imam Ahmad dalam riwayat lainnya. Berdasarkan hadits Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu.

✅ Para ulama masa sahabat nabi, tabi’in, dan generasi setelah mereka mempraktekan keduanya, baik di antara dada dan pusar, dan di bawah pusar.

✅ Ada pun pas di dada berdasarkan riwayat Halab bin Tha’iy, disebutkan oleh Imam Ahmad dan Imam At Tirmidzi, dengan sanad hasan.

✅ Jadi, mau di bawah pusar, antara dada dan pusar, atau di dada, semuanya ada. Ada pun TANPA SEDEKAP, tangan lurus saja, dianggap pendapat lemah oleh Syaikh Wahbah Az Zuhailiy. Pendapat yang rajih/kuat adalah pendapat mayoritas ulama. ( Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 2/63)

✅ Imam Malik sendiri berbeda dengan pengikutnya, Beliau sampai akhir hayatnya tetap bersedekap, sebagaimana dikatakan Imam Ibnu Abdil Bar. ( Fiqhus Sunnah, 1/146)

Demikian. Wallahu a’lam

🌷☘🌴🌺🍃🌸🌾🌻

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top