Keutamaan Shaf Pertama

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dari Al Bara bin โ€˜Azib Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ููููˆูู ุงู„ู’ุฃููˆูŽู„ู

Sesungguhnya Allah dan malaikatNya bershalawat kepada orang-orang yang berada pada shaf pertama.

(HR. Abu Daud No. 664, Ahmad No. 18516, dll)

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan: hasan. (Al Khulashah Al Ahkam, 2/707). Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: shahih. (Taโ€™liq Musnad Ahmad No. 18516). Syaikh Al Albani mengatakan: shahih. (Shahih wa Dhaif Abi Daud No. 664)

📌 Kenapa shaf pertama mendapatkan keutamaan ini ?

Imam Badruddin Al โ€˜Aini Rahimahullah menjelaskan:

ูˆู„ุฃู† ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุตู ุงู„ุฃูˆู„ ู‡ู… ุงู„ู…ุจุงุฏุฑูˆู† ุงู„ู…ูุณุงุฑุนูˆู† ูˆู„ู‡ู… ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุณุจู‚ ูˆุงู„ู‚ุฑุจ ู…ู† ุงู„ุฅู…ุงู…ุŒ ูˆู„ูŠุณ ุจูŠู†ู‡ู… ูˆุจูŠู’ู† ุงู„ู‚ุจู„ุฉ ุฃุญุฏุŒ ุซู… ู‡ุฐุง ุงู„ู…ู…ุฏูˆุญ ู…ู† ุงู„ุตููˆู ู‡ูˆ ุงู„ุตู ุงู„ุฐูŠ ูŠู„ูŠ ุงู„ุฅู…ุงู… ุณูˆุงุก ุฌุงุก ุตุงุญุจู‡ ู…ุชู‚ุฏู…ุง ุฃูˆ ู…ุชุฃุฎุฑุง

Karena orang yang berada pada shaf pertama, dinilai sebagaiย  orang yangย  bersegera dan cepat tanggap, maka bagi merekalah mendapatkan keutamaan menyusul dan mendekat kepada imam, dan di antara mereka dan kiblat tidak ada seorang pun yang menghalanginya. Kemudian, pujian ini adalah pujian untuk shaf yang beradaย  pada barisan setelah imam, sama saja apakah dia datangnya awal waktu atau terlambat.ย  (Imam Al โ€˜Aini, Syarh Sunanย  Abi Daud, 3/232)

Hal ini juga sejalan dengan hadits lainnya, dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุฎูŽูŠู’ุฑู ุตููููˆูู ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑู‘ูู‡ูŽุง ุขุฎูุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ุตููููˆูู ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู ุขุฎูุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑู‘ูู‡ูŽุง ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูู‡ูŽุง

Sebaik-baiknya shaf kaum laki-laki adalah yang pertama, dan yang paling buruk adalah yang terakhir. Sebaik-baiknya shaf wanita adalah yang terakhir, dan yang terburuk adalah yang pertama. (HR. Muslim No. 440)

Ada pun jika ada hijab antara jamaah pria dan wanita, maka menurut sebagian ulama, seperti Syaikh Shalih Al Fauzan Hafizhahullah,ย  shaf pertama bagi wanita juga shaf yang terbaik. Sebab, peringatan dalam hadits di atas adalah jika tidak ada hijab antara jamaah pria dan wanita, sehingga shaf pertama adalah shaf yang paling dekat untuk ikhtilat dengan jamaah pria.

Demikian. Wallahu A’lam

🌸โ˜˜🌺🌴🍃🌷🌾🌻

โœ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top