Hukum Akad Nikah Online/Streaming

💢💢💢💢💢💢

Assalaamu’alaykum
Ustadz apakah nikah online sah hukumnya dlm Islam? Krn ada teman dan calonnya posisi di Melbourne Australia ingin menikah tetapi Ayahnya di Jkt tdk bs terbang ke Melbourne dikarenakan kondisi pandemik. Dan saya baca di salah satu negara tetangga pernikahan online ini sudah diloloskan izinnya oleh pemerintahnya.

Jazakallahu khayran. (+61 405 483xxx)

🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Dalam pernikahan, ada rukun-rukun yang mesti diwujudkan, yaitu:

– Ijab qabul
– Calon istri
– Calon suami
– Wali
– Dua Saksi
(al Fiqh al Manhaji, 2/51-70)

Ada pun mahar adalah wajib, bukan rukun. (Ibid, 2/71)

Semua ini terjadi mesti terjadi dalam satu majelis. (Imam al Buhuti, Kasysyaf al Qina’, 5/41)

Lalu, apakah nikah online melanggar ketentuan ini? Ini yang menjadi masalah. Jika tidak melanggar tentu tidak masalah. Jika melanggar maka menjadi masalah.

Sebagian ulama melarang cara ini, sebab mirip dengan ketiadaan saksi dalam akad, juga cukup bahaya dan rentan terjadi penipuan dan penyalahgunaan. Misal fatwa Al Lajnah ad Daimah (18/90) kerajaan Arab Saudi, juga keputusan Majma’ Fiqih al Islami no. 52, yg melarang hal ini demi kehati2an (ihtiyathan).

Namun, ada pula ulama yang membolehkan. Jika pernikahan online tersebut telah memenuhi semua syarat atau rukun pernikahan. Mereka semua ada, terlihat, walau pakai video secara waktu bersamaan, baik dua pengantennya, walinya, serta dua saksi, tidak ada kepalsuan, maka itu sah dan boleh. Apalagi mereka bisa saling melihat dengan media live streaming. Itu sudah semakna dengan maksud “satu majelis.” Karena tujuan adanya satu majelis adalah agar adanya kejelasan, jika kejelasan semua itu bisa terwujud dgn media ini maka itu sudah cukup.

Di sisi lain, para ulama tidak pernah mensyaratkan penganten harus saling melihat. Tidak ada ketentuan pria mesti lihat wanita atau sebaliknya. (Fatawa asy Syabakah Al Islamiyyah no. 96558)

Oleh karenanya, sebagian ulama membolehkan cara ini dengan syarat-syarat ketat, tidak boleh bermain-main, semua rukun dan unsur mesti terpenuhi. Seperti pendapat Syaikh Abdul Aziz bin Baaz. (Majmu Fatawa, no. 2201)

Tentu menghindari kontroversi adalah lebih baik, bersabar saja sambil menunggu wabah selesai, serta bertaqwalah kepada Allah dalam penantian.

Demikian. Wallahu A’lam

🌷🍀🌿🌸🌳🌻🍃

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top