Kesulitan Belajar Qur’an

▪▫▪▫▪▫

📨 PERTANYAAN:

Euis Bunda:
Aslmkm wr.wb, Ustadz saya mau tanya, Mengapa sy susah sekali belajar makhrojal huruf al quran. Kl teman2 sy diajarin satu dua kali langsung bisa, tp sy harus berkali2 dan harus dijadikan PR . Apa kiat2 supaya lidah sy ini mudah belajar al quran. Sy sedih krn bacaan sy belum benar. Terima ksh banyak

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’Alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh. Bismillah wal hamdulillah …

Jangan putus asa ya .. tetap semangat!!

Seorang muslim/ah yang sudah mau berdekatan dengan Al Quran saja, itu sudah menjadi nilai plus. Apalagi di zaman ini, zaman yang banyak umat Islam menjauh dari Al Quran.

Allah ﷻ berfirman:

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا

Berkatalah Rasul: Wahai Rabb, sesungguhnya kaumku akan menjadikan Al Quran ini sebagai sesuatu yang dijauhi. (QS. Al Furqan: 30)

Rasulullah ﷺ bersabda:

والذي يقرأ القرآن ويتتعتع فيه وهو عليه شاق له أجران

Dan orang yang membaca Al Quran terbata-bata, dan dia kesulitan, maka dia mendapatkan dua pahala. (HR. Muslim No. 798)

Maka, upaya sungguh-sungguh terhadap Al Quran jelas mesti diapresiasi dan disyukuri.

Lalu .., ada pun kesulitan pengucapan makhraj huruf-huruf hijaiyah, sebenarnya orang Indonesia sudah punya modal yang baik, sebab keseharian kaum muslimin yang sudah biasa mendengarnya. Saya melihat bacaan Al Quran para da’i yang berasal dari Eropa, Asia Timur, Amerika, masih kebawa logat dan cengkokan bahasa mereka. Bandingkan dengan bacaan orang Indonesia, yang umumnya bagus-bagus.

Sepertinya cara terbaik untuk memperbaiki kulitas pengucapan makharijul huruf, shifatul huruf, dan juga waqaf-waqafnya, adalah dengan pembiasaan, latihan, dengan bimbingan seorang guru tahsin. Jangan bosan-bosa, jangan putus asa, dan berdoa kepada Allah ﷻ untuk diberikan kemudahan. Jika untuk kebaikan dunia saja kadang kita rela berkorban waktu dan harta, maka untuk kebaikan agama dan akhirat kita, tentu itu lebih layak kita lakukan. Wallahu A’lam

📙📘📗📕📒📔📓

🖋 Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top