Iqamah Buat Shalatnya Wanita

💥💦💥💦💥💦

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum, Ustad. Apakah setiap sholat, saya (perempuan) harus iqomat terlebih dahulu, walaupun sholat munfarid. Terima kasih atas penjelasan Ustad.

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah, Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was zsalamu ‘ala Rasulillah wa ba’d:

Untuk iqamah kaum wanita, dijelaskan oleh Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berikut ini:

أذان النساء واقامتهن: قال ابن عمر رضي الله عنهما: ليس على النساء أذان ولا إقامة.
رواه البيهقي بسند صحيح وإلى هذا ذهب أنس، والحسن، وابن سيرين، والنخعي والثوري، ومالك، وأبو ثور، وأصحاب الرأي.
وقال الشافعي وإسحاق: إن أذن وأقمن فلا بأس. وروي عن أحمد: إن فعلن فلا بأس، وإن لم يفعلن فجائز.
وعن عائشة: (أنها كانت تؤذن وتقيم وتؤم النساء، وتقف وسطهن) رواه البيهقي.

Adzan dan Iqamah Kaum Wanita

📌 Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhuma: “Kaum wanita tidak adzan dan iqamah.” Itu diriwayatkan Al Baihaqi dengan sanad shahih. Dan ini menjadi pendapat Anas, Al Hasan, Ibnu Sirin, Ats Tsauri, An Nakha’i, Malik, Abu Tsaur, dan Ashhabur Ra’yi (Hanafiyah).

📌 Asy Syafi’i dan Ishaq mengatakan: Jika wanita adzan dan iqamah maka tidak apa-apa.

📌 Diriwayatkan dari Ahmad: Jika mereka melakukannya tidak apa-apa, jika tidak melakukannya juga boleh.

📌 Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha: Dahulu dia (‘Aisyah) pernah adzan, iqamah, dan menjadi imam kaum wanita, dan posisinya di tengah mereka. Diriwayatkan Al Baihaqi. (Selesai dari Fiqhus Sunnah)

Adapun dalam kitab Al Mausu’ah:

اتفق الفقهاء على عدم جواز أذان المرأة وإقامتها لجماعة الرجال ، لأن الأذان في الأصل للإعلام ، ولا يشرع لها ذلك ، والأذان يشرع له رفع الصوت ، ولا يشرع لها رفع الصوت ، ومن لا يشرع في حقه الأذان لا يشرع في حقه الإقامة .
وأما إذا كانت منفردة أو في جماعة النساء ففيه اتجاهات .
الأول : الاستحباب . وهو قول المالكية والشافعية ، وهي رواية عند الحنابلة .
الثاني : الإباحة . وهي رواية عن أحمد .
الثالث : الكراهة . وهو قول الحنفية .

📌 Ahli Fiqih semua sepakat bahwa wanita tidak boleh adzan dan iqamah untuk jamaah kaum laki-laki

📌 Karena adzan pada dasarnya adalah pemberitahuan, dan hal itu tidak disyariatkan bagi wanita.

📌 Adzan adzan itu disyariatkan meninggikan suara, dan kaum wanita tidak disyariatkan meninggikan suara

📌 Siapa yang tidak berhak adzan maka dia juga tidak berhak iqamah

📌 Sedangkan jika shalatnya sendiri atau jamaah kaum wanita saja, maka ada beberapa pendapat:

🍃 Pertama: disukai (sunnah), ini pendapat Malikiyah, Syafi’iyah, dan juga sebuah riwayat dari Hambaliyah.

🍃 Kedua: boleh, ini salah satu riwayat dari Imam Ahmad bin Hambal.

🍃 Ketiga: makruh, ini adalah pendapat Hanafiyah.

(Selesai)

📖 Kesimpulan:

– Jika iqamahnya untuk jamaah laki-laki, sepakat para ulama itu tidak boleh

– Jika untuk shalat sendiri atau jamaah kaum wanita, maka umumnya fuqaha tidak melarang, kecuali Hanafiyah yang memakruhkan, juga sebagian sahabat nabi.

📚 Sumber: Fiqhus Sunnah, 1/120, Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 6/9

🍃🌴☘🌺🌷🌸🌾

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top