Hukum Menyebarkan Video Korban Pembantaian

💢💢💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Assllamuallaikum tad mau tanya ,
Tadi barusan kan terjadi penembakan trhdp muslim di new zeland ,
Pertanyaan nya banyak nya video2 yg tersebar ,bagaimana kita menyikapi nya tad soal menyebar luas kan video trsbt , apakah kita ikut menyebar luas kan juga / bagaimana seharus nya sifat kita..

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Menyebarkan video sebuah peristiwa, pada dasarnya sama dgn menyebarkan berita melalui media pemberitaan lainnya. Sama-sama berita, yg satu audio visual, dan yang satu verbal. Yg penting jujur dan bukan hoax.

Hanya saja, berita melalui audio visual, tidak boleh menampilkan aurat wanita, atau aurat para korban, atau kondisi mayat yg mengenaskan, sebab itu berpengaruh pada jiwa para penontonnya. Baik kengerian, bahkan ketakutan kepada pelaku kejahatan tersebut. Shgga, ahsannya di blur/samar.

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:

لا حرج في عرض صور ومقاطع الناس المنكوبين والقتلى والجرحى منهم ، مع مراعاة الضوابط الشرعية في هذا الباب

Tidak apa-apa menampilkan gambar-gambar klip korban bencana, pembunuhan, dan yang luka-luka di antara mereka, namun tetap dijaga rambu-rambunya dalam hal ini.

(Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 223274 )

Di sisi lain, kadang video-video informasi seperti ini, menjadi informasi penting yg tidak ditemukan pada media-media mainstream. Yang dengan info itu dapat menjadi penyeimbang dan menimbulkan simpati kepada korbannya.

Demikian. Wallahu a’lam

📙📘📕📒📔📓📗

🖋 Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top