💢💢💢💢💢💢
📨 PERTANYAAN:
Assalamualaikum ustadz ada titipan pertanyaan kalau di suatu daerah atau pemukiman penduduk pada saat shalat jumat khotib dalam penyampaian khotbah memakai bahasa arab saja sehingga bisa dikatakan 90% jamaah tidak paham apa yang disampaikan oleh khotib bagaimana menyikapi masalah ini dan apa kah khutbah jumat memang harus memakai bahasa arab? (+62 878-2xxxxxxx)
📬 JAWABAN
🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh ..
Ada tiga pendapat dalam masalah “Khutbah Jumat Memakai Bahasa Arab”.
1. Lebih utama pakai bahasa Arab yaitu bagi khathib yang mampu dgn baik bahasa Arabnya, walau pendengar tidak paham bahasa Arab.
Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid menjelaskan:
أنه يشترط أن تكون بالعربية للقادر عليها ولو كان السامعون لا يعرفون العربية
وبهذا قال المالكية ، وهو المذهب والمشهور عند الحنابلة
Disyaratkan pada khutbah Jum’at hendaknya dgn bahasa Arab bagi yang mampu walau audiens tidak paham bahasa Arab. Ini pendapat Malikiyah, dan pendapat yg masyhur dr Hanabilah.
2. Jika audiens tidak paham bahasa Arab maka boleh pakai bahasa mereka.
Syaikh menjelaskan lg:
يشترط أن تكون بالعربية للقادر عليها ، إلا إذا كان السامعون جميعاً لا يعرفون العربية فإنه يخطب بلغتهم
وهذا هو الصحيح عند الشافعية ، وبه قال بعض الحنابلة
Disyaratkan khutbah Jum’at dgn bahasa Arab bagi yang mampu, KECUALI jika semua audiens tidak paham bahasa Arab, maka khutbahnya dgn bahasa mereka. Inilah pendapat yg shahih dari Syafi’iyyah dan sebagian Hanabilah.
3. Khutbah pakai bahasa Arab hanya Sunnah bukan syaratnya khutbah, jadi tidak masalah sama sekali memakai selain bahasa Arab.
Syaikh menjelaskan lagi:
يستحب أن تكون بالعربية ولا يشترط ، ويمكن للخطيب أن يخطب بلغته دون العربية :
وهو قول أبي حنيفة وبعض الشافعية
Disunnahkan menggunakan bahasa Arab dan itu bukan syarat. Dimungkinkan si khathib menggunakan bahasa audiens, bukan bahasa Arab. Inilah pendapat Hanafiyah dan sebagian Syafi’iyyah.
(Fatawa Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 112041)
Pendapat yang ketiga adalah pendapat yang saya pilih. Mengingat tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa bahasa Arab menjadi syarat sahnya khutbah. Disampingnya tujuan khutbah adalah sampainya pesan ke jamaah yg tidak bisa diraih kecuali dgn bahasa yg mereka pahami.
Dalam Majelis Al Majma’ Al Fiqhiy-nya Rabithah ‘Alam Islamiy , dikeluarkan fatwa:
الرأي الأعدل هو أن اللغة العربية في أداء خطبة الجمعة والعيدين في غير البلاد الناطقة بها ليست شرطاً لصحتها ، ولكن الأحسن أداء مقدمات الخطبة وما تضمنته من آيات قرآنية باللغة العربية ، لتعويد غير العرب على سماع العربية والقرآن ، مما يسهل تعلمها ، وقراءة القرآن باللغة التي نزل بها ، ثم يتابع الخطيب ما يعظهم به بلغتهم التي يفهمونها
Pendapat yang paling adil adalah bahwa berkhutbah Jumat di negeri yg tidak berbahasa Arab bukanlah syarat sahnya khutbah Jum’at. Tetapi lebih baik dalam pembukaan khutbah dan membaca kandungan Al Qur’an hendaknya memakai bahasa Arab. Agar orang-orang selain Arab terbiasa mendengar bahasa Arab dan Al Qur’an, juga agar mudah dalam mempelajarinya dan membaca Al Qur’an sesuai bahasa saat turunnya.
Lalu si khathib melanjutkan mau’izhahnya dengan bahasa yang mereka pahami.
(Qararat Al Majma’ Al Fiqhiy, Hal. 99)
Demikian. Wallahu a’lam
🌷🌱🌴🌾🌸🍃🌵🍄
✍ Farid Nu’man Hasan