10 Siasat Setan Menyesatkan Manusia

Untuk menjerumuskan manusia, setan tidak serta merta datang dan memerintahkannya melakukan kejahatan dan keburukan atau melarangnya berbuat kebaikan. Setan akan pelan-pelan dan bertahap menyeretnya keluar dari jalan Allah. Namun setan akan merayu dan menggodanya. Ini pun tergantung kekuatan imam seseorang. Semakin kuat iman seseorang, semakin licik setan menggodanya. Karena itu, cara setan itu sangat banyak dan beragam. Allah berfirman,

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ) ( النور : 21 ).

“Wahai orang-orang yang beriman, jangan kalian ikut langkah-langkah setan.” (An-Nur: 21)

Ibnu Katsir menjelaskan maknanya “langkah-langkah” adalah jalan-jalan dan setiap maksiat adalah langkah setan.

Berikut adalah cara-cara licik setan menjerumuskan manusia:

1⃣ Menghiasi Sebuah Perbuatan

Setan akan menghiasi perbuatan baik sehingga tampak buruk dan perbuatan buruk tampak baik. Kemaksiatan akan ditampakkan oleh setan lebih kepada unsur menyenangkanya saja pada saat itu. Sementara perbuatan baik akan ditampakkan unsur-unsur yang memberatkan dan melelahkan. Pada saat subuh misalnya, setan akan menggoda dengan membisikkan dalam hati, “Badan masih lelah, teruslah tidur.”

2⃣ Menipu, mengelabui dan mencampuradukkan.

Setan berusaha mengelabui akal dan jiwa. Ia berusaha meyakinkan manusia bahwa yang haram itu sebenarnya halal. Ketika ingin membangun rumah dari pinjaman riba, maka setan akan meyakinkan bahwa pinjaman itu halal.

3⃣ Menunda-nunda perbuatan baik.

Di sini setan menggunakan senjata “member harapan lebih banyak” sehingga akan memalingkan seseorang dari taubat. Setan akan membisikkan, “Tak apa jika mau taubat, tapi kenapa terburu-buru. Kamu masih muda. Selesaikan urusan ini dan itu dulu.”

4⃣ Meremehkan maksiat.

Setan akan membisikkan kepada orang yang hendak bertaubat, “Kenapa mesti bertaubat? Kamu masih orang baik-baik jika dibanding si anu. Taubat itu untuk orang-orang ahli maksiat dosa besar. Dosa yang kamu lakuka itu kecil.”

5⃣ Menyulitkan urusan setelah seseorang bertaubat.

Setan akan merayu, “Taubat itu berat, membutuhkan istiqamah, istiqamah itu berat. Kalo kau bertaubat, kau akan dimusuhi banyak orang. Kamu akan kehilangan banyak teman. Orang-orang juga tidak akan mudah percaya kepadamu karena masa lalumu yang kelam.” Demikian setan terus membisikkan dalam jiwa manusia.

6⃣ Menanamkan sikap pesimistis.

Jika seseorang ingin bertaubat, setan akan membisikkan dalam jiwanya, “Allah tidka menerima taubatmu karena dosamu sangat banyak, bagaimana Allah menerima taubatmu sementara kamu sudah melakukan dosa ini dan itu.”

7⃣ Menyulut marah.

Marah adalah pemberontakan setan atas logika orang yang berakal. Marah adalah keluar dari akal sehat. Sebuah riwayat menyebutkan, seorang Nabi berkata kepada Iblis, “Dengan apa engkau kalahkan anak Adam?” Iblis menjawab, “Ketika dia marah dan terbawa hawa nafsu.”

Suatu ketika seorang lelaki dari Quraisy berkata kasar kepada Umar bin Abdul Aziz. Sang Khalifah terdiam sejenak kemudian mengatakan, “Apakah engkau ingin agar setan menyeret saya dengan kemuliaan kekuasaan ini sehingga dia akan dapat memperdaya saya sekarang.”

8⃣ Memberikan khayalan dan memperdaya.

Ini senjata setan paling berbahaya.

{ يَعِدُهُمْ وَيُمَنّيهِمْ وَمَا يَعِدُهُمْ الشَّيْطَـانُ إِلاَّ غُرُوراً } [النساء:120].

“Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.(An-Nisa’:120)

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya.  Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri.  Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang lalim itu mendapat siksaan yang pedih. (Ibrahim: 22)

“Dan ketika setan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka dan mengatakan: “Tidak ada seorang manusia pun yang dapat menang terhadap kamu pada hari ini, dan sesungguhnya saya ini adalah pelindungmu”. Maka tatkala kedua pasukan itu telah dapat saling lihat melihat (berhadapan), setan itu balik ke belakang seraya berkata: “Sesungguhnya saya berlepas diri daripada kamu; sesungguhnya saya dapat melihat apa yang kamu sekalian tidak dapat melihat; sesungguhnya saya takut kepada Allah”. Dan Allah sangat keras siksa-Nya. (Al-Anfal: 48)

Setan akan merayu dan memperdaya manusia sesuai dengan kecenderungan dan kesenanganannya. Setan akan menakuti orang kaya dengan kemiskinan jika ingin bersedekah atau berbuat baik. Pada saat yang sama, setan akan menghiasi orang kaya dengan kekayaan-kekayaan yang melimpah dengan berbagai cara yang busuk.

9⃣ Menghiasi aliran sesat dengan fanatisme dan mengejek orang berbeda dengan mereka.

🔟 Berlebih-lebihan

Sebagian ulama salaf mengatakan, “Tidaklah Allah memerintahkan suatu perintah kecuali setan menggoda dengan dua sisi; sisi menyimpang dari perintah dan sisi berlebihan melaksanakan setan tidak lagi peduli seseorang mau berada di sisi yang mana.”

Ada sebagian kaum yang berlebihan menghormati para Nabi orang shalih hingga pada tingkat menuhankan. Ada sebagian kaum lainnya melanggarnya hingga pada tingkat membunuhnya.

Semoga kita terhindar sejauh-jauhnya dari tipu daya dan godaan setan.

Oleh: 🖋 Ahmad Tarmudli Lc. MHI.

Sudah Berkahkah Harta Kita?

Kata yang sering kita dengan dalam pengajian adalah berkah atau keberkahan. Tapi terkadang belum terlintas di kepala kita maksudnya dan kandungan maknanya. Apa lantas makna dan kandungannya? Berkah berasal dari bahasa Arab barakah (بركة) yang bermakna “berkembang”, “bertambah” dan “kebaikan yang banyak dan langgeng” dan “berkumpul dan berhimpunnya kebaikan” baik yang kasat mata atau yang abstrak. Allah memberkahinya, memberkahi di dalamnya, memberkahi atasnya dan memberkahi baginya.

Istilah “ngalap berkah” (jawa) berarti mencari dan meminta keberkahan dari sesuatu. Atau lebih ditepat di dalam istilah syariat tabarruk. Pada prinsipnya Allah-lah pemegang kebaikan, manfaat dan mara bahaya. Allah lah yang menciptakan berkah dan memberkahi dalam berbagai urusan. Maka ngalap berkah tidak lepas dari dua hal:

Pertama, meminta dan mencari berkah dengan hal-hal yang disyariatkan. Seperti meminta dan mencari berka dengan Al-Quran. Hal ini disyariatkan karena memang Al-Quran itu diberkahi dan juga kepada orang yang membaca dan mengamalkannya serta mengajarkannya.

{وَهَذَا كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ}(92) 

“Dan kitab ini kami turunkan, ia kitab yang diberkahi.” (Al-An’am: 92)

Artinya meminta berkah dengan Al-Quran adalah menjadikannya sebagai petunjuk hati, pengobat hati dan perbaikan jiwa serta pendidik akhlak dan lain-lain.

Kedua, tabarruk dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat. Seperti meminta dan mencari berkah dari pohon, batu, akik, cincin, kuburan, dan tempat atau barang-barang lain yang tidak ada keterangan dalam syariat bahwa tempat dan sesuati itu mengandung keberkahan. Hal ini termasuk dari kesyirikan.

Sebab Allah yang menciptakan keberkahan dalam segala hal. Keberkahan yang disandarkan kepada Allah itu adalah dua macam; Ibnu Qayyim berkata dalam Badaiul fawaid, “Berkah yang bersumber dari perbuatan Allah dimana Allah menjadikannya diberkahi-Nya. Kedua, keberkahan yang bermakna rahmat dan kemuliaan.

Keberkahan Tempat, Waktu dan Sosok

Allah memberikan kekhususan keberkahan kepada tempat, waktu dan sosok (seseorang). Allah memberikan keberkahan kepada beberapa tempat seperti Allah memberkahi Masjid Al-Aqsha dan sekitarnya.

{سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ}(1) سورة الإسراء،

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Al Isra’: 1)

At-Thabari mengatakan, “Yang Kami jadikan di sekelilingnya keberkahan bagi penduduknya dalam hidup, mencari makan, beternak, dan bercocok tanam.”

Allah juga memberikan keberkahan kepada sebagian manusia seperti para Nabi dan utusan Allah.

{قِيلَ يَا نُوحُ اهْبِطْ بِسَلاَمٍ مِّنَّا وَبَركَاتٍ عَلَيْكَ وَعَلَى أُمَمٍ مِّمَّن مَّعَكَ}(48) سورة هود.

“Difirmankan: “Hai Nuh, turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkatan dari Kami atasmu dan atas umat-umat (yang mukmin) dari orang-orang yang bersamamu. Dan ada (pula) umat-umat yang Kami beri kesenangan pada mereka (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab yang pedih dari Kami.”

Juga Allah memberkahi Nabi Isa alaihissalam. (Maryam: 31) Demikian juga Nabi Muhammad dan seluruh nabi Allah diberkahi jasad dan fisiknya.

Allah juga memberkahi pohon zaitun.

{يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَارَكَةٍ زَيْتُونِةٍ}(35) سورة النــور،

“yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.” (An-Nur: 35)

Artinya pohon yang banyak manfaat.

Allah juga memberikan berkah kepada air hujan dari langit (Qaaf: 9).

Allah juga memberikan keberkahan kepada waktu-waktu tertentu seperti waktu sahur dan waktu berjamaah serta waktu pagi hari, ucapan salam dan lain-lain.

Lantas apa saja yang membuat sebuah pekerjaan dan rizki menjadi diberkahi Allah? Kita bahas dalam tulisan berikutnya insyaAllah. wallahu a’lam

Oleh: Ahmad Tarmuli LC. MHI

8 Hal Penolak Musibah

Hampir bisa dipastikan setiap manusia pernah ditimpa musibah. Entah itu kehilangan harta benda, kecelakaan, ditimpa penyakit dan lain-lain. Meski sudah menjadi suratan takdir, secara naluri, tak ada manusia yang ingin ditimpa musibah, terutama di luar kemapuannya.

“Ya Allah jangan Engkau bebankan kepada kami sesuatu (musibah) yang kami tidak mampu menanggungnya.” (Al-Baqarah:  286)

Namun jika sudah terjadi dan tertimpa musibah, maka seorang mukmin harus menerimanya dengan ridla, tidak boleh mengeluh atau marah. Harus tetap sabar. Sebab di balik setiap bencana dan musibah selalu ada hikmah. Allah ingin agar dengan musibah itu, manusia tetap kokoh dengan keimanannya. Keimanan akan teruji kualitasnya di antaranya dengan musibah. Dengan musibah itu Allah ingin menuliskan pahala buat hamba-Nya yang tertimpa dan menggugurkan dosa-dosanya.

“Apakah manusia mengira bahwa manusia itu akan mengatakan “kami beriman” sementara mereka tidak diuji?. Sungguh kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, sehingga Allah mengetahui orang-orang yang benar keimanannya dan orang-orang yang dusta” (Al-Ankabut: )

Meski sudah menjadi takdir, manusia tetap tidak tahu selama belum terjadi. Kewajiban manusia adalah berusaha (al-akhdzu bil asbab) agar terhindar.

Lebih penting dari itu adalah mendekat diri kepada Allah dengan cara-cara berikut agar terhindar dari musibah dan bala.

Pertama, Berdoa

Kenapa meski berdoa? Sebab Allah yang memerintahkan dan berjanji akan memenuhinya. Selain itu, doa juga akan menolak takdir. Selain itu, dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ الله  بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ: إِمَّا أَنْ يُعَجِّلَ لَهُ دَعْوَتَهُ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يَكُفَّ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا قَالُوا: إِذًا نُكْثِرُ قَالَ: الله عَزَّ وَجَلَّ أَكْثَرُ

 

“Tidaklah seorang hambar berdoa kepada Allah dengan satu doa yang tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahim, kecuali Allah memberinya salah satu dari tiga; menyegerakan pengabulan doanya di dunia, atau balasannya akan disimpan untuk di akhirat, atau dia akan dihindarkan dari mara bahaya dan keburukan.” Mereka bertanya, “Jika kami memperbanyak doa?” Beliau menjawab, “Allah lebih banyak” (HR. Ahmad, Baihaqi)

Kedua, Sedekah Menolak Bala’

داووا مرضاكم بالصدقة

Rasulullah bersabda, “Obati orang sakit dengan sedekah.” (HR. Baihaqi, dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Aljami)

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

إن الصدقة تطفئ غضب الرب، وتدفع ميتة السوء

 “Sedekah itu memadamkan amarah Allah dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Ibnu Hibban)

Ketiga, Shalat Sunnah, Terutama Shalat Malam

Rasulullah bersabda,

عليكم بقيام الليل فإنه دأب الصالحين من قبلكم وقربة إلى الله تعالى ومنهاة عن الإثم وتكفير للسيئات ومطردة للداء عن الجسد


“Lakukanlah shalat malam karena ia adalah jalan orang-orang shalih sebelum kalian, mendekatkan kalian kepada Allah, mencegah dari dosa, menghapus kesalahan dan keburukan, dan mengusir penyakit dari tubuh” (HR. Tirmidzi)

وكان رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم إذا حزبه أمر فزع إلى الصلاة 

 

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam apabila menghadapi sesuatu maka beliau melakukan shalat. (HR. Al-Baghawi)

Keempat, Memperbanyak Istigfar

Ini termasuk penyebab terpenting dalam menolak balak dan menyelesaikan masalah dan problema.

“Maka aku katakan kepada mereka: `Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai (Nuh: 10-12)

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

من لزم الاستغفار جعل الله له من كل ضيق مخرجاً، ومن كل هم فرجاً، ورزقه من حيث لا يحتسب

“Barangsiapa yang selalu menjaga (mengucapkan) istigfar, Allah akan menjadika baginya bagi setiap kesempitan ada jalan keluar dan setiap kesedihan ada kegembiraan dan Allah akan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Kelima, Banyak Bersalawat atas Nabi

Dalam sebuah hadits disebutkan, apabila dua pertiga malam pertama sudah berlalu maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

يا أيها الناس : أذكروا الله ، اذكروا الله ، جاءت الراجفة تتبعها الرادفة ، جاء الموت بما فيه جاء الموت بما فيه قال أبي قلت يا رسول الله إني أكثر الصلاة عليك فكم أجعل لك من صلاتي ؟ فقال : ما شئت ، قال : قلت الربع ، قال : ما شئت فإن زدت فهو خير لك ، قلت :النصف قال : ما شئت ، فإن زدت فهو خير لك ، قال : قلت فالثلثين ، قال : ما شئت فإن زدت فهو خير لك قلت : أجعل لك صلاتي كلها قال إذا تُكفى همك ويُغفر لك ذنبك

 

“Wahai manusia, dzikirlah kepada Allah, dzikirlah kepada Allah. Telah datang hari ketika tiupan pertama menggoncang alam, tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua, telah datang kematian dengan segala isinya dan datang kematian dengan segala isinya. Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Aku perbanyak salawat kepadamu berapa yang aku jadikan untuk dalam salawatku?” beliau menjawab, “Terserah engkau.” Dia berkata: Seperempat. Beliau menjawab, “Terserah dirimu, jika engkau tambah itu lebih baik bagimu.” Dia berkata: Separuh. Beliau berkata, “Terserah engkau. Jika engkau tambah itu lebih baik bagimu.” Dia berkata: Dua pertiga. Beliau berkata, “Terserah engkau jika engkau tambah itu lebih baik.” Dia berkata: Aku jadikan untuk salawatku semuanya. Beliau bersabda, “Kalau begitu kesedihanmu akan diselesaikan dan dosa-dosamu diampuni.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Keenam, Kebajikan dan Amal Shalih

Rasulullah bersabda,

صنائع المعروف تقي مصارع السوء والآفات والهلكات، وأهل المعروف في الدنيا هم أهل المعروف في الآخرة 

 

“Perbuatan-perbuatan baik itu menjaga dari kematian-kematian buruk, bencana dan musibah. Orang-orang yang senantiasa melakukan kebajikan di dunia adalah orang-orang ahli kebajikan di akhirat.” (HR. Thabrani, dishahihkan Albani)

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (An-Nahl: 128)

Dalam hadits disebutkan ada tiga orang yang terjebak dalam sebuah gua. Pintu gua itu tertutup oleh batu yang jatuh. Mereka tidak bisa keluarga. Lantas letiganya lalu bertawasul dengan amal shalih mereka masing-masing. Maka Allah membukannya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketujuh, Membantu dan Meringankan Orang Muslim

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

من كان في حاجة أخيه كان الله في حاجته، ومن فرج عن مسلم كربة فرج الله عنه كربة من كرب يوم القيامة

“Barangsiapa yang membantu menutupi kebutuhan saudaranya maka Allah akan menutupi kebutuhannya. Barangsiapa yang meringankan dan membebaskan seorang muslim dari bencana maka Allah akan membebaskannya dari bencana dan kesulitan di hari kiamat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Kedelapan, Memperbanyak Tasbih (membaca subhanallah)

Allah menjelaskan kisah Nabi Yunus ketika ditelan ikan besar. Kemudian Allah mengeluarkannya karena di antaranya Nabi Yunus banyak membaca tasbih (mensucikan Allah).

“Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.(Ash-Shaffat: 141-142)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

دعوة ذي النون إذ دعا وهو في بطن الحوت: لاإله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين) فإنه لم يدع بها رجل مسلم في شيء قط إلا استجاب الله له

 

“Doa Dzun Nuun (nabi Yunus) pada saat di dalam perut ikan besar adalah: (artinya: tidak ada tuhan kecuali Engkau ya Allah, Engkau Maha Suci dan aku termasuk orang zhalim). Tidaklah seorang mukmin selalu membacanya dalam suatu hal melainkan Allah akan mengabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi) wallahu a’lam. 

Oleh: Ahmad Tarmuli LC. MHI


🍃🌺 Musibah Terbesar 🌺🍃

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Imam Abdullah bin Al Mubarak Rahimahullah berkata:

«من أعظم المصائب للرجل أن يعلم من نفسه تقصيرًا ثم لا يبالي، ولا يحزن عليه!»

Di antara musibah terbesar bagi seseorang adalah dia tahu bahwi dirinya memiliki kekurangan, kemudian dia tidak peduli, dan tidak bersedih atas hal itu.

📚 Jawaahir min Aqwaal As Salaf No. 90

🌸☘🌺🌴🌻🌾🌷🍃

✍ Farid Nu’man Hasan

4 Karakter Mukmin, Belajar dari Filosofi Pohon

Allah Berfirman,

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ (24) تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (25)

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada Setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.(Ibrahim: 24-25)

Setiap orang pasti senang dan terhibur melihat indahnya pemandangan pohon. Suka berteduh di bawahnya. Menikmati buah lezatnya. Memanfaatkan oksigen yang dihasilkannya dan menyerap karbon dioksida yang kita keluarkan. Bahkan memanfaatkan setiap helai daun, serabut akarnya dan kayunya untuk berbagai macam kepentingan. Pohon adalah paru-paru dunia. Itulah perumpamaan seorang muslim.

Di dalam Al-Quran atau hadits, banyak perumpamaan (matsal) untuk mendekatkan pemahaman terhadap sesuatu yang logis abstrak (ma’qul) dengan sesuatu yang bisa diindra (mahsus). Seperti halnya ayat di atas yang mengumpamakan seorang mukmin dengan pohon.

Tentang “kalimat” dalam ayat itu, para ahli tafsir memiliki dua penafsiran; sebagian menyatakan bahwa yang dimaksud adalah keimanan di dalam dada dan sebagian lagi menyatakan sebagai orang mukmin itu sendiri. Kedua pendapat ini sebenarnya bisa dikompromikan yakni seorang mukmin dengan keimanannya ibarat sebuah pohon dengan sifat-sifat yang disebutkan setelahnya. Tentang pohon yang menjadi perumpamaan, sebagian ulama menyebutnya sebagai pohon kurma. Sebagian lagi menyatakan pohon sempurna itu hanya ada di surga.

Allah mengumpamakan seorang mukmin dengan keimanannya ibarat pohon dengan empat sifat; pohon yang baik, akarnya kuat menghunjam ke dalam tanah, batang dan dahannya menjulang tinggi ke langit, yang memberikan buahnya setiap saat tak kenal musim. Semua itu terjadi dengan izin Allah. Perumpamaan ini dibuat oleh Allah agar manusia mengambil pelajaran.

Imam Fakrur Razi dalam buku tafsirnya menjelaskan bahwa seorang mukmin memiliki empat karakter mendasar seperti karakter pohon. Masing-masing sifat pohon itu memiliki padanan sifat (karakter) yang harus dimiliki oleh seorang mukmin.

  1. Pohon Yang Baik (Thayyib)

kalimat yang baik seperti pohon yang baik

Karena tidak semua pohon itu baik, subur, banyak manfaat. Perumpaan seorang mukmin ibarat pohon yang baik. itu disebut “thayyib” apabila memiliki empat sifat mendasar;

Pertama, bentuk luar, dari akar hingga pucuk daunnya indah dipandang. Ia layak menjadi pemandangan indah untuk “cuci mata”. Maknanya, secara fisik penampilan seorang mukmin harus indah dan bersih. Wajah dan senyumnya harus menyenangkan orang lain.

Rasulullah Sallallu Alaihi wa Sallam, “Allah juga Maha Indah dan mencintai keindahan.” (HR. Muslim)

Bahkan kebersihan dan kesucian badan, tempat dan pakaian dari najis menjadi prasyarat sahnya setiap ibadah kepada Allah. Dalam momen tertentu seperti Jumat dan shalat hari raya, seorang mukmin dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya. Seorang mukmin dianjurkan senantiasa menjaga sunanul fitrah (memotong kuku, memotong kumis, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan dan rambutnya).  Untuk tampil indah, tentu tidak mesti ganteng dan cantik , menor atau mengenakan aksesori yang berlebihan. Sebab Allah sekali-kali tidak melihat tampilan fisik seseorang. Allah menilai seseorang dari takwanya. Sederhana namun tetap kelihatan bersih dan pantas tentu lebih baik.

Rasulullah Sallallu Alaihi wa Sallam bersabda, “Senyummu di wajah saudaranya adalah sedekah” (HR. Tirmidzi)

Seorang mukmin tidak perlu menampakkan kemurungannya kepada orang lain. Sebaliknya, ia harus menampakkan wajah sumringahnya.

Kedua, pohon memiliki aroma yang sedap bahkan wangi, semisal kayu gaharu atau pohon yang menghasilkan bungah dan dedauan yang wangi. Maknanya, seorang mukmin juga harus menjaga aroma tubuhnya agar tetap wangi, atau minimal tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Seorang mukmin harus memperhatikan bau mulut dan tubuhnya jangan sampai mengganggu orang disekitarnya. Seorng mukmin harus mampu membuat orang di sekitarnya merasa nyaman.

Rasulullah Sallallu Alaihi wa Sallam bersabda, “Aku dikaruniai rasa cinta dari dunia kalian yakni kepada wanitanya dan minyak wanginya. Dan dijadikan penyejuk hatiku ketika dalam shalat. (HR. Baihaqi)

Karenanya, Rasulullah melarang seseorang makan bawang kemudian datang ke masjid. Sebab, efek makanan itu akan berimbas kepada aroma tubuh dan mulutnya. Bukan hanya karena ia akan menghadap kepada Allah, namun hal itu juga dikhawatirkan akan mengganggu kekhusuan jamaah lainnya di masjid.

Ketiga, pohon itu memiliki buah yang harum dan lezat rasanya. Maknanya, seorang mukmin harus senantiasa menjaga lisannya. Kata-kata yang diucapkan harus senantiasa menentramkan, menenangkan, menghibur. Jika tidak, hendaklah dia diam. Jangan sampai lisannya mengeluarkan kata-kata yang menyakiti dan menusuk hati orang lain, apalagi kata-kata gombal (bohong) dan gunjingan dan namimah. Konsekswensi keimanan mengharuskan seseorang berkata baik, jika tidak bisa maka dia harus diam.

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari )

Lisan adalah juru bicara hati. Maka untuk menjaga hati, otomatis harus menjaga lisannya.

Keempat,  pohon, baik dari akar, batang dan dedaunannya memiliki manfaat dan khasiat bagi lingkungan sekitarnya. Maknanya, keberadaan seorang mukmin harus memberikan manfaat kepada orang lain. Seorang mukmin harus menjadi solusi dan jawaban atas sebuah masalah bukan menciptakan masalah.

“Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat di antara manusia. Amal yang paling dicintai Allah adalah menggembirakan dan menghibur orang muslim.” (HR. Baihaqi )

  1. Pohon Yang Memiliki Akar Yang Kuat

akarnya teguh

Semakin kuat akar sebuah pohon maka manfaatnya akan semakin banyak. Akar yang kuat membuktikan kesuburan pohon tersebut dan akan bisa bertahan lebih lama. Maknanya, seorang mukmin harus memiliki akidah, prinsip, pendirian dan mental kuat yang “tak lekang oleh panas dan tak lapuk oleh hujan”. Seorang mukmin senantiasa harus bisa menjaga imannya, memperbaruinya dan menghiasi hati dengan keimanan itu. Sebab, meski dia seorang mukmin, tetap saja tidak keluar dari dimensi kemanusiannya. Ia memiliki keterbatasan kekuatan fisik dan akal. Suatu saat akan mengalami kelesuan. Sehingga ia perlu memperbaruinya. Iman ibarat pakaian yang selalu dikenakan, pasti akan mengalami lecek dan kusam sehingga perlu dibersihkan.

“Allah menciptakan keimanan laksana pakaian. Karenanya, mintalah kepada Allah agar memperbarui keimanan kalian.” (HR. Disahihkan oleh Al-Albani)  

“Iman itu bertambah dan berkurang. Bertambah dengan ketataan dan berkurang dengan keimanan.” (HR. Muslim)

  1. Pohon Yang Memiliki Dahan dan Ranting Kuat dan Tinggi

dan cabangnya (menjulang) ke langit,

Batang dan dahan yang kuat dan tinggi sebuah pohon dihasilkan oleh akarnya yang kuat. Sebuah pohon tanpak sempurna jika ia memiliki batang dan dahan kuat menjulang ke langit. Keduanya saling terkait. Semakin tinggi dan kuat sebuah pohon maka akan semakin rindang dedaunannya dan akan memberikan manfaat oksigen bagi manusia. Orang juga akan semakin merasa nyaman berteduh di bawahnya.

Maknanya, ruhiah (hubungan spiritualnya dengan Allah) mukmin dan akhlaknya sesama manusia harus tinggi dan kuat. Setinggi dan sekuat sebuah pohon. Semakin tinggi ruhiyah seorang mukmin maka orang lain akan semakin nyaman dengannya. Sama halnya sebuah bangunan rumah, semakin tinggi atapnya maka semakin adem orang yang tinggal di dalamnya.

Selain itu, ini filosofi ini juga bermakna, maka seorang mukmin harus bugar dan kuat secara fisik. Sebab dengan kesehatan dan kekuatan fisik saja, perintah-perintah Allah bisa dilaksanakan secara sempurna.

“Orang mukmin yang kuat lebih baik daripada orang mukmin yang lemah.” (HR. Muslim)

  1. Pohon Yang Memberikan Buahnya Tak Kenal Musim

Ini sifat penyempurna dari sifat-sifat sebelumnya. Dengan keindahan, akar kuat, dahan tinggi, sebuah pohon belum bermanfaat secara sempurna kalau dia tidak berbuah. Atau berbuah namun hanya sekali sepanjang usianya. Atau hanya berbuah secara musiman. Pohon akan semakin sempurna bila berbuah sepanjang tahun dan tak kenal musim.

Maknanya, seorang mukmin itu harus beramal yang bermanfaat untuk dirinya, keluarga dan orang lain secara berkesinambungan dan istiqamah. Dilakukan dalam kondisi apapun. Inilah simpul ajaran Islam. Amal salih tidak bermakna jika hanya dilakukan sekali atau hanya dilakukan karena trend tertentu.

Istiqamah inilah yang menyebabkan Rasulullah saw beruban.

“Surat Hud (yang ada perintah istiqomah “istiqamahlah terhadap apa yang aku perintahkan” (Hud: 112) telah membuatku beruban.” (HR. Tirmidzi )

Karenanya, salah satu sifat orang bertakwa ada berinfak dalam kondisi leluasa (berpunya) atau dalam keadaan kekurangan sesuai dengan kadar kemampuannya.

“Yakni orang yang berinfak dalam keadaan leluasa dan sempit.” (Ali Imran: 134)

Jika ingin istiqamah, seseorang harus memiliki energi kesabaran di atas rata-rata. Hanya dengan kesabaran dan istiqamah itulah seseorang akan bisa menyudahi tugasnya dengan happy ending atau lebih tepatnya husnul khatimah.

Semua itu Dengan Izin Allah

“Dengan izin Allah”

Kebaikan, manfaat dan amal salih seseorang hanya bisa terwujud dengan taufiq, hidayah dan izin Allah. Seseorang tak layak membusungkan dada dan berkacak pinggang saat mampu menorehkan prestasi kebaikan. Sebab pada dasarnya ia tidak memiliki daya apa-apa kecuali dari Allah.

“Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan dan aku tidak akan mendapatkan taufiq kecuali dari Allah.” (Hud: 88)

Karenanya, seorang mukmin harus meminta hidayah taufiq kepada Allah setiap hari 17 kali dalam setiap rakaat shalatnya. Para menjelaskan bahwa yang dimaksud dalam ayat,

“Tunjukkanlah kami ke dalam jalan lurus” (Al-Fatihah: 6) adalah hidayah taufiq yakni seseorang diberi Allah persetujuan, izin dan kemampuan yang mampu melakukan kebajikan.

Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

Lantas maukah hati dan fikiran kita terbuka merenungi perumpaan ini? Maukah mengevaluasi seberapa jauh kesesuaian kita dengan sifat-sifat tersebut? Wallahu a’lam 

Oleh: Ahmad Tarmuli LC. MHI

scroll to top