💢💢💢💢💢💢💢
📌 Mau Umroh tapi haid, gimana nih?
– Tetap ikut miqot bersama jamaah lain. Yg didahului oleh mandi dan berihrom.
Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:
الحائض إذا مرت على الميقات وهي تريد الحج أو العمرة وجب عليها أن تحرم من الميقات ولا يجوز لها تأخير الإحرام حتى تصل إلى مكة وتطهر
Wanita haid jika melewati miqot dan dia hendak haji atau umroh, maka WAJIB baginya berihrom di miqot, dan TIDAK BOLEH baginya menunda ihromnya sampai ke Mekkah dan suci.
وقد دلت السنة وإجماع العلماء على أن الحيض لا ينافي الإحرام ، فتحرم المرأة وهي حائض ثم لا تؤدي العمرة حتى تطهر وتغتسل
Hal ini ditunjukkan oleh Sunnah dan Ijma’ (konsensus) ulama, bahwa HAID tidaklah menafikan ihrom, maka wanita haid hendaknya berihrom lalu dia tidak umroh dulu sampai suci dan mandi.
(Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 49992)
Dalilnya:
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فِي حَدِيثِ أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ حِينَ نُفِسَتْ بِذِي الْحُلَيْفَةِ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَأَمَرَهَا أَنْ تَغْتَسِلَ وَتُهِلَّ
Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu’Anhuma, yakni terkait dengan hadits Asma binti Umais saat ia melahirkan di Dzulhulaifah (Bir Ali) bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan Abu Bakar Radhiallahu ‘anhu, agar ia (Asma) mandi (untuk ihrom) dan berniat Ihrom.
(HR. Muslim no. 1210)
Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:
وَفِيهِ : صِحَّة إِحْرَام النُّفَسَاء وَالْحَائِض , وَاسْتِحْبَاب اِغْتِسَالهمَا لِلإِحْرَامِ اهـ
Dalam hadits ini menunjukkan SAH-nya ihrom bagi wanita nifas dan haid, dan disunnahkan bagi mereka MANDI IHROM.
(Syarh Shahih Muslim, 8/133)
Kemudian, kalau sudah suci barulah dia mandi, lalu lanjutkan umrohnya tanpa miqot lagi .. , jadi tinggal thawaf, sa’i, dan tahallul.
📌 Bagaimana Kalau Haidnya Muncul menjelang Thawaf atau Pas Thawaf?
Dia tahan thawafnya, sampai nanti suci lalu mandi dr haidnya itu, barulah ia thawaf setelah mandi dari haidnya.
Dalilnya, Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata:
فَقَدِمْتُ مَكَّةَ وَأَنَا حَائِضٌ لَمْ أَطُفْ بِالْبَيْتِ وَلَا بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ فَشَكَوْتُ ذَلِكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ انْقُضِي رَأْسَكِ وَامْتَشِطِي وَأَهِلِّي بِالْحَجِّ وَدَعِي الْعُمْرَةَ
Setibanya aku di Makkah, kebetulan aku haid, sehingga aku tidak thawaf di Baitullah dan tidak sa’i antara Shafa dan Marwa. Hal itu kulaporkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau pun bersabda: “Lepas sanggulmu dan bersisirlah. Kemudian teruskan ihrammu untuk haji dan tinggalkan umrah.” (HR. Muslim no. 1211)
Dalam hadits lain:
الْحَائِضُ وَالنُّفَسَاءُ إِذَا أَتَتَا عَلَى الْوَقْتِ تَغْتَسِلَانِ وَتُحْرِمَانِ وَتَقْضِيَانِ الْمَنَاسِكَ كُلَّهَا غَيْرَ الطَّوَافِ بِالْبَيْتِ
“Wanita yang mengalami haidh atau nifas apabila mendatangi miqat maka mereka mandi dan melakukan ihram serta melaksanakan seluruh ibadah haji kecuali thawaf di Ka’bah.
(HR. Abu Daud no.1744, shahih)
Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:
فِي هَذَا دَلِيل عَلَى أَنَّ الْحَائِض وَالنُّفَسَاء وَالْمُحْدِث وَالْجُنُب يَصِحّ مِنْهُمْ جَمِيع أَفْعَال الْحَجّ وَأَقْوَاله وَهَيْئَاته إِلا الطَّوَاف وَرَكْعَتَيْهِ , فَيَصِحّ الْوُقُوف بِعَرَفَاتٍ وَغَيْره كَمَا ذَكَرْنَا , وَكَذَلِكَ الأَغْسَال الْمَشْرُوعَة فِي الْحَجّ تُشْرَع لِلْحَائِضِ وَغَيْرهَا مِمَّنْ ذَكَرْنَا . وَفِيهِ دَلِيل عَلَى أَنَّ الطَّوَاف لا يَصِحّ مِنْ الْحَائِض , وَهَذَا مُجْمَع عَلَيْهِ
Dalam hadits ini terdapat dalil, bahwa orang yang HAID, NIFAS, HADATS, JUNUB, adalah SAH melakukan semua aktifitas haji baik perkataan dan perbuatan, KECUALI thawaf dan shalat dua rakaat (di maqam Ibrahim). SAH pula wuquf di arafah sebagaimana yang telah kami sebutkan. Demikian juga disyariatkan mandi bagi yang haji, dan mandi bagi yg haid dan lainnya seperti yg kami sebutkan.
Dan ini menjadi dalil bahwa thawaf tidak sah bagi yang haid. Ini permasalahan yang telah disepakati ulama.
(Ibid, 8/146-147)
Demikian. Semoga bermanfaat ..
Wallahu a’lam
🌸🍃🌷🌿🌻💐🍄🍂
✍ Farid Nu’man Hasan