Mengintip Neraka Jahim

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

📌 Maknanya

Abu ‘Ubaidah mengatakan: An Naar Al Mutalazhiyah (Api yang sangat menyala). Al Farra’ mengatakan: An Naar ‘alan Naar (api di ata s api), Al Jamru ba’dhuhu ‘ala ba’dh wa hiya Al Jaahimah (Bara api yang saling bertindihan dan sangat panas). (Imam Abu Bakar Al Anbari, Az Zahir fi Ma’anil Kalimat An Naas, 2/120. Muasasah Ar Risalah)

👥 Dihuni oleh:

📌 Orang yang mendustakan ayat-ayat Allah

وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami mereka itulah para penghuni neraka Jahim. ( QS. Al Maidah: 10, 86)

📌 Kaum Musyrikin

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka Jahim.
(QS. At Taubah: 113)

📌 Orang yang durhaka/melawan kepada Allah Ta’ala dan lebih mendahulukan dunia

فَأَمَّا مَنْ طَغَى وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى

Ada pun orang-orang yang melampaui batas dan lebih mendahulukan kehidupan dunia, maka sungguh neraka Jahimlah tempat tinggalnya. (QS. An Naziat: 37-39)

🌷☘🌺🌴🍃🌸🌾🌻

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top