Syarah Hadits Arbain Nawawiyah (Bag. 20)

Sebelumnya:

Syarah Hadits Arbain Nawawiyah (Bag. 19)

🐾🐾🐾🐾🐾🐾

SYARAH HADITS KETIGA, terakhir

Selanjutnya:

ูˆูŽุตูŽูˆู’ู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ :
dan puasa Ramadhan

📌Definisi Shaum

Secara bahasa, berkata Syaikh Muhammad bin Shalih Al โ€˜Utsaimin Rahimahullah:

ุงู„ุตูŠุงู… ููŠ ุงู„ู„ุบุฉ ู…ุตุฏุฑ ุตุงู… ูŠุตูˆู…ุŒ ูˆู…ุนู†ุงู‡ ุฃู…ุณูƒุŒ ูˆู…ู†ู‡ ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: {ููŽูƒูู„ููŠ ูˆูŽุงุดู’ุฑูŽุจููŠ ูˆูŽู‚ูŽุฑู‘ููŠ ุนูŽูŠู’ู†ุงู‹ ููŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุชูŽุฑูŽูŠูู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุจูŽุดูŽุฑู ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ููŽู‚ููˆู„ููŠ ุฅูู†ู‘ููŠ ู†ูŽุฐูŽุฑู’ุชู ู„ูู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู† ุตูŽูˆู’ู…ู‹ุง ููŽู„ูŽู†ู’ ุฃููƒูŽู„ู‘ูู…ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฅูู†ู’ุณููŠู‘ู‹ุง } [ู…ุฑูŠู…] ูู‚ูˆู„ู‡: {ุตูŽูˆู’ู…ู‹ุง} ุฃูŠ: ุฅู…ุณุงูƒุงู‹ ุนู† ุงู„ูƒู„ุงู…ุŒ ุจุฏู„ูŠู„ ู‚ูˆู„ู‡: {ููŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุชูŽุฑูŽูŠูู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุจูŽุดูŽุฑู ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง} ุฃูŠ: ุฅุฐุง ุฑุฃูŠุช ุฃุญุฏุงู‹ ูู‚ูˆู„ูŠ: {ุฅูู†ู‘ููŠ ู†ูŽุฐูŽุฑู’ุชู ู„ูู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู† ุตูŽูˆู’ู…ู‹ุง} ูŠุนู†ูŠ ุฅู…ุณุงูƒุงู‹ ุนู† ุงู„ูƒู„ุงู… {ููŽู„ูŽู†ู’ ุฃููƒูŽู„ู‘ูู…ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฅูู†ู’ุณููŠู‘ู‹ุง}.

โ€œShiyam secara bahasa merupakan mashdar dari shaama โ€“ yashuumu, artinya adalah menahan diri. Sebagaimana firmanNya: (Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. jika kamu melihat seorang manusia, Maka Katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha pemurah, Maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”) (QS. Maryam (19):26). firmanNya: (shauman) yaitu menahan diri dari berbicara, dalilnya firmanNya: (jika kamu melihat seorang manusia), yaitu jika kau melihat seseorang, maka katakanlah: (Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha pemurah) yakni menahan dari untuk bicara. (Maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini). (Syarhul Mumtiโ€™, 6/296. Cet. 1, 1422H.Dar Ibnul Jauzi. Lihat juga Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/431. Lihat Imam Al Mawardi, Al Hawi Al Kabir, 3/850)

Secara syaraโ€™, menurut Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah, makna shaum adalah:

ุงู„ุงู…ุณุงูƒ ุนู† ุงู„ู…ูุทุฑุงุชุŒ ู…ู† ุทู„ูˆุน ุงู„ูุฌุฑ ุฅู„ู‰ ุบุฑูˆุจ ุงู„ุดู…ุณุŒ ู…ุน ุงู„ู†ูŠุฉ

โ€œMenahan diri dari hal-hal yang membatalkan, dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, dan dibarengi dengan niat (berpuasa).โ€ (Fiqhus Sunnah, 1/431)

Ada pun Syaikh Ibnul Utsaimin menambahkan:

ูˆุฃู…ุง ููŠ ุงู„ุดุฑุน ูู‡ูˆ ุงู„ุชุนุจุฏ ู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ ุจุงู„ุฅู…ุณุงูƒ ุนู† ุงู„ุฃูƒู„ ูˆุงู„ุดุฑุจุŒ ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ู…ูุทุฑุงุชุŒ ู…ู† ุทู„ูˆุน ุงู„ูุฌุฑ ุฅู„ู‰ ุบุฑูˆุจ ุงู„ุดู…ุณ.
ูˆูŠุฌุจ ุงู„ุชูุทู† ู„ุฅู„ุญุงู‚ ูƒู„ู…ุฉ ุงู„ุชุนุจุฏ ููŠ ุงู„ุชุนุฑูŠูุ› ู„ุฃู† ูƒุซูŠุฑุงู‹ ู…ู† ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ู„ุง ูŠุฐูƒุฑูˆู†ู‡ุง ุจู„ ูŠู‚ูˆู„ูˆู†: ุงู„ุฅู…ุณุงูƒ ุนู† ุงู„ู…ูุทุฑุงุช ู…ู† ูƒุฐุง ุฅู„ู‰ ูƒุฐุงุŒ ูˆููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูŠู‚ูˆู„ูˆู† ู‡ูŠ: ุฃู‚ูˆุงู„ ูˆุฃูุนุงู„ ู…ุนู„ูˆู…ุฉุŒ ูˆู„ูƒู† ูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ู†ุฒูŠุฏ ูƒู„ู…ุฉ ุงู„ุชุนุจุฏุŒ ุญุชู‰ ู„ุง ุชูƒูˆู† ู…ุฌุฑุฏ ุญุฑูƒุงุชุŒ ุฃูˆ ู…ุฌุฑุฏ ุฅู…ุณุงูƒุŒ ุจู„ ุชูƒูˆู† ุนุจุงุฏุฉ

โ€œAda pun menurut syariat, maknanya adalah taโ€™abbud (peribadatan) untuk Allah Taโ€™ala dengan cara menahan diri dari makan, minum, dan semua hal yang membatalkan, dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Wajib dalam memahami definisi ini, dengan mengaitkannya pada kata taโ€™abbud, lantaran banyak ahli fiqih yang tidak menyebutkannya, namun mengatakan: menahan dari dari ini dan itu sampai begini. Tentang shalat, mereka mengatakan: yaitu ucapan dan perbuatan yang telah diketahui. Sepatutnya kami menambahkan kata taโ€™abbud, sehingga shalat bukan semata-mata gerakan , atau semata-mata menahan diri, tetapi dia adalah ibadah.โ€ (Syarhul Mumtiโ€™, 6/298. Cet.1, 1422H. Dar Ibnul Jauzi)

Dari definisinya ini ada beberapa point penting sebagai berikut:

  1. Menahan diri dari perbuatan yang membatalkan
  2. Harus dibarengi dengan niat
  3. Bertujuan ibadah kepada Allah Taโ€™ala

📌Definisi Ramadhan

Ramadhan, jamaknya adalah Ramadhanaat, atau armidhah, atau ramadhanun. Dinamakan demikian karena mereka mengambil nama-nama bulan dari bahasa kuno (Al Qadimah), mereka menamakannya dengan waktu realita yang terjadi saat itu, yang melelahkan, panas, dan membakar (Ar Ramadh). Atau juga diambil dari ramadha ash shaaimu: sangat panas rongga perutnya, atau karena hal itu membakar dosa-dosa. (Lihat Al Qamus Al Muhith, 2/190)

Imam Abul Hasan Al Mawardi Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูŠูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ู†ุงุชูู‚ูŒ ุŒ ููŽุณูู…ู‘ููŠูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุฃู’ุฎููˆุฐูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽู…ู’ุถูŽุงุกู ุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุดูุฏู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ุญูŽุฑู‘ู : ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุญููŠู†ูŽ ููุฑูุถูŽ ูˆูŽุงููŽู‚ูŽ ุดูุฏู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฑู‘ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑูŽูˆูŽู‰ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู {ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ} ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุณูู…ู‘ููŠูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู : ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุฑู’ู…ูุถู ุงู„ุฐู‘ูู†ููˆุจูŽ ุฃูŽูŠู’ : ูŠูŽุญู’ุฑูู‚ูู‡ูŽุง ูˆูŽูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุจูู‡ูŽุง .

โ€œAdalah bulan Ramadhan pada zaman jahiliyah dinamakan dengan โ€˜kelelahanโ€™, lalu pada zaman Islam dinamakan dengan Ramadhan yang diambil dari kata Ar Ramdhaโ€™ yaitu panas yang sangat. Karena ketika diwajibkan puasa bertepatan dengan keadaan yang sangat panas. Anas bin Malik telah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda: sesungguhnya dinamakan Ramadhan karena dia memanaskan dosa-dosa, yaitu membakarnya dan menghapskannya.โ€ (Al Hawi Al Kabir, 3/854. Darul Fikr)

Secara istilah (terminologis), Ramadhan adalah nama bulan (syahr) ke sembilan dalam bulan-bulan hijriyah, setelah Syaโ€™ban dan sebelum Syawal.

📌Keutamaan-Keutamaannya

Sangat banyak keutamaan puasa. Di sini kami hanya paparkan sebagian kecil saja.

1. Berpuasa Ramadhan menghilangkan dosa-dosa yang lalu

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

ูˆู…ู† ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ุฅูŠู…ุงู†ุง ูˆุงุญุชุณุงุจุง ุบูุฑ ู„ู‡ ู…ุง ุชู‚ุฏู… ู…ู† ุฐู†ุจู‡

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari No. 38, 1910, 1802. Al Baihaqi, Syuโ€™abul Iman No. 3459)

Makna โ€˜diampuninya dosa-dosa yang laluโ€™ adalah dosa-dosa kecil, sebab dosa-dosa besar โ€“seperti membunuh, berzina, mabuk, durhaka kepada orang tua, sumpah palsu, dan lainnya- hanya bias dihilangkan dengan tobat nasuha, yakni dengan menyesali perbuatan itu, membencinya, dan tidak mengulanginya sama sekali. Hal ini juga ditegaskan oleh hadits berikut ini.

2. Diampuni dosa di antara Ramadhan ke Ramadhan

Dari Abu Hurairah Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุงู„ุตู„ูˆุงุช ุงู„ุฎู…ุณ. ูˆุงู„ุฌู…ุนุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌู…ุนุฉ. ูˆุฑู…ุถุงู† ุฅู„ู‰ ุฑู…ุถุงู†. ู…ูƒูุฑุงุช ู…ุง ุจูŠู†ู‡ู†. ุฅุฐุง ุงุฌุชู†ุจ ุงู„ูƒุจุงุฆุฑ

โ€œShalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.โ€ (HR. Muslim No. 233. Ahmad No. 9198)

3. Dibuka Pintu Surga, Dibuka pintu Rahmat, Dibuka pintu langit, Ditutup Pintu Neraka, dan Syetan dibelenggu

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู† ููุชู‘ูุญูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุบูู„ู‘ูู‚ูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽุตููู‘ูุฏูŽุชู’ ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†

“Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. bukhari No. 1800. Muslim No. 1079. Malik No. 684. An Nasaโ€™I No. 2097, 2098, 2099, 2100, 2101, 2102, 2104, 2105)

4. Buat Orang berpuasa akan dimasukkan ke dalam surga melalui pintu Ar Rayyan

Dari Sahl Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุจูŽุงุจู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽูŠู‘ูŽุงู†ู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ููŽูŠูŽู‚ููˆู…ููˆู†ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ููˆุง ุฃูุบู’ู„ูู‚ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ

โ€œSesungguhnya di surga ada pintu yang disebut Ar Rayyan, darinyalah orang-orang puasa masuk surga pada hari kiamat, tak seorang pun selain mereka masuk lewat pintu itu. Akan ditanya: โ€œMana orang-orang yang berpuasa? Maka mereka berdiri, dan tidak akan ada yang memasukinya kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup dan tak ada yang memasukinya seorang pun.โ€ (HR. Bukhari No. 1797, 3084. Muslim No. 1152. An Nasaโ€™I No. 2273, Ibnu Hibban No. 3420. Ibnu Abi Syaibah 2/424)

Dan lain-lain, sebagaimana tersebar dalam berbagai hadits-hadits shahih.

Wallahu A’lam

🍃🌷🌻🌸🌾☘🌿🌳

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top