Makan atau Minum Bekas Non Muslim

💦💥💦💥💦💥💦

📨 PERTANYAAN:

Bolehkah minum bekas gelas atau wadah non muslim ?

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Bismillah wal hamdulilah ..

Tidak ada yang najis, kecuali yang disebutkan oleh syariat. Oleh karenanya, jika tak ada keterangan yang menyebutkan bahwa tubuh kaum Ahli Kitab adalah najis, maka tubuh mereka adalah suci sebagaimana sucinya tubuh kaum muslimin. Bahkan, ini juga berlaku bagi kaum musyrikin. Telah menjadi ijmaโ€™ โ€“sebagaimana dikatakan Imam An Nawawi, bahwa tubuh mereka adalah suci, yang najis adalah aqidah mereka yang musyrik, bukan tubuhnya.

Tentang ayat yang berbunyi: โ€œSesungguhnya orang-orang muysrik itu najis.โ€ Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah:

ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ู†ูŽุฌูŽุณูŒ ูููŠ ุงู„ูุงุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏู ูˆูŽุงู„ูุงุณู’ุชูู‚ู’ุฐูŽุงุฑู ูˆูŽุญูุฌู‘ูŽุชู‡ู…ู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฃูŽุจูŽุงุญูŽ ู†ููƒูŽุงุญ ู†ูุณูŽุงุก ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู

โ€œSesungguhnya maksud bahwa mereka najis adalah najis pada aqidahnya dan kotor. Hujjah mereka (mayoritas ulama) adalah sesungguhnya Allah Taโ€™ala membolehkan menikahi wanita ahli kitab (Yahudi dan Nasrani). โ€œ (Fathul Bari, 1/390)

Jadi, bagaimana mungkin syariat membolehkan menikahi wanita mereka, namun di sisi lain menajiskan tubuh mereka?

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan:

ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู’ุจูุฎูŽุงุฑููŠู‘ ูููŠ ุตูŽุญููŠุญู‡ ุนูŽู†ู’ ุงูุจู’ู† ุนูŽุจู‘ูŽุงุณ ุชูŽุนู’ู„ููŠู‚ู‹ุง : ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู… ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุฌูุณ ุญูŽูŠู‘ู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ู…ูŽูŠู‘ูุชู‹ุง . ู‡ูŽุฐูŽุง ุญููƒู’ู… ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู… . ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑ ููŽุญููƒู’ู…ู‡ ูููŠ ุงู„ุทู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉ ุญููƒู’ู… ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู… ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจ ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงู‡ููŠุฑ ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู„ูŽู . ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ : { ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููˆู†ูŽ ู†ูŽุฌูŽุณ } ููŽุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ู†ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉ ุงู„ูุงุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏ ูˆูŽุงู„ูุงุณู’ุชูู‚ู’ุฐูŽุงุฑ ุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุงุฏ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุถูŽุงุกูŽู‡ูู…ู’ ู†ูŽุฌูุณูŽุฉ ูƒูŽู†ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉู ุงู„ู’ุจูŽูˆู’ู„ ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุงุฆูุท ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆู‡ู…ูŽุง . ููŽุฅูุฐูŽุง ุซูŽุจูŽุชูŽุชู’ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉ ุงู„ู’ุขุฏูŽู…ููŠู‘ ู…ูุณู’ู„ูู…ู‹ุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุงููุฑู‹ุง ุŒ ููŽุนูุฑู’ู‚ู‡ ูˆูŽู„ูุนูŽุงุจู‡ ูˆูŽุฏูŽู…ู’ุนู‡ ุทูŽุงู‡ูุฑูŽุงุช ุณูŽูˆูŽุงุก ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุญู’ุฏูุซู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุฌูู†ูุจู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ุญูŽุงุฆูุถู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู†ูููŽุณูŽุงุก ุŒ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูู„ู‘ู‡ ุจูุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ู’ุชู‡ ูููŠ ุจูŽุงุจ ุงู„ู’ุญูŽูŠู’ุถ

โ€œImam Bukhari menyebutkan dalam Shahihnya, dari Ibnu Abbas secara muโ€™alaq (tidak disebut sanadnya): Seorang muslim tidaklah najis baik hidup dan matinya. Ini adalah hukum untuk seorang muslim. Ada pun orang kafir maka hukum dalam masalah suci dan najisnya adalah sama dengan hukum seorang muslim (yakni suci). Ini adalah madzhab kami dan mayoritas salaf dan khalaf. Ada pun ayat (Sesungguhnya orang musyrik itu najis) maka maksudnya adalah najisnya aqidah yang kotor, bukan maksudnya anggota badannya najis seperti najisnya kencing, kotorannya , dan semisalnya. Jika sudah pasti kesucian manusia baik dia muslim atau kafir, maka keringat, ludah, darah, semuanya suci, sama saja apakah dia sedang berhadats, atau junub, atau haid, atau nifas. Semua ini adalah ijmaโ€™ kaum muslimin sebagaimana yang telah lalu saya jelaskan dalam Bab Haid.โ€ (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 2/87. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam) selesai

Untuk kaum musyrikin, sebenarnya tidak ada ijmaโ€™ dalam sucinya tubuh mereka sebagaimana klaim Imam An Nawawi. Sebab, Ibnu Abbas Radhiallahu โ€˜Anhuma berpendapat bahwa sesuai zahir ayat: innamal musyrikun najasun โ€“ (sesungguhnya orang musyrik itu najis), maka tubuh orang musyrik itu najis sebagaimana najisnya babi dan anjing. Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, dari Al Hasan Al Bashri, katanya: โ€œBarang siapa yang bersalaman dengan mereka maka hendaknya berwudhu.โ€ (Lihat Tafsir Ayat Al Ahkam, 1/282)

Ini juga menjadi pendapat kaum zhahiriyah. Berkata Imam Ibnu Katsir Rahimahullah:

ูุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ุจู†ุฌุณ ุงู„ุจุฏู† ูˆุงู„ุฐุงุชุ› ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃุญู„ ุทุนุงู… ุฃู‡ู„ ุงู„ูƒุชุงุจุŒ ูˆุฐู‡ุจ ุจุนุถ ุงู„ุธุงู‡ุฑูŠุฉ ุฅู„ู‰ ู†ุฌุงุณุฉ ุฃุจุฏุงู†ู‡ู…

Maka, menurut jumhur bukanlah najis badan dan zatnya, karena Allah Taโ€™ala menghalalkan makanan Ahli Kitab, dan sebagian Zhahiriyah menajiskan badan mereka. (Tafsir Al Quran Al โ€˜Azhim, 4/131)

Namun yang shahih adalah pendapat jumhur bahwa mereka adalah suci, sebagaimana disebutkan dalam Tafsir Ayat Al Ahkam berikut ini:

ุงู„ุชุฑุฌูŠุญ : ุงู„ุตุญูŠุญ ุฑุฃูŠ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ู„ุฃู† ุงู„ู…ุณู„ู… ู„ู‡ ุฃู† ูŠุชุนุงู…ู„ ู…ุนู‡ู… ุŒ ูˆู‚ุฏ ูƒุงู† ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ูŠุดุฑุจ ู…ู† ุฃูˆุงู†ูŠ ุงู„ู…ุดุฑูƒูŠู† ุŒ ูˆูŠุตุงูุญ ุบูŠุฑ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

Tarjih: yang shahih adalah pendapat jumhur (mayoritas) karena seorang muslim berinteraksi dengan mereka, dahulu Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam minum dari wadah kaum musyrikin, dan bersalaman dengan non muslim. Wallahu Aโ€™lam (Ibid)

Untuk wadah ( Al Aaniyah) milik mereka, berikut keterangannya:

ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุญูŽุฏู ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽูŠู’ู†ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู : ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุงุณู’ุชูุนู’ู…ูŽุงู„ ุขู†ููŠูŽุฉู ุฃูŽู‡ู’ู„ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุชูŽูŠูŽู‚ู‘ูŽู†ูŽ ุนูŽุฏูŽู…ูŽ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุชูู‡ูŽุง . ูˆูŽุตูŽุฑู‘ูŽุญูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฑูŽุงูููŠู‘ู ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ู ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฌูŽู…ููŠุนูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽุตู’ู†ูŽุนูู‡ู ุฃูŽู‡ู’ู„ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃู’ูŽุทู’ุนูู…ูŽุฉู ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง ู…ูŽุญู’ู…ููˆู„ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุทู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽุฉู . ูˆูŽู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงู„ุฑู‘ููˆูŽุงูŠูŽุฉู ุงู„ุฃู’ูุฎู’ุฑูŽู‰ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู : ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ู ุงุณู’ุชูุนู’ู…ูŽุงู„ ุฃูŽูˆูŽุงู†ููŠ ุฃูŽู‡ู’ู„ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽูŠูŽู‚ู‘ูŽู†ูŽ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุชูŽู‡ูŽุง ููŽู„ุงูŽ ูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุฉูŽ

Kalangan Hanafiyah dan Malikiyah berpendapat, dan ini salah satu pendapat Hanabilah: bahwa boleh saja menggunakan wadah-nya Ahli Kitab, kecuali jika diyakini sudah hilang kesuciannya. Al Qarrafi Al Maliki menjelaskan bahwa semua yang dibuat oleh Ahli Kitab baik berupa makanan dan selainnya, dimungkinkan kesuciannya. Sedangkan pendapat Syafiโ€™iyah, dan riwayat lain dari Hanabilah: bahwa makruh menggunakan wadah Ahli Kitab, kecuali jika sudah diyakini kesuciannya, maka tidak makruh. (Al Mausuโ€™ah, 7/143)

Maka, jika kita lihat keterangan ini, semua madzhab sepakat bahwa bolehnya menggunakan wadah mereka jika wadah itu suci. Jika hilang kesuciannya, maka tidak boleh menggunakannya. Ini pun, sebenarnya juga berlaku bagi wadah umat Islam, yakni harus suci. Tidak mungkin syariat membolehkan wadah yang najis, hanya karena dia adalah milik seorang muslim. Yang jelas, milik siapa pun wadah itu, jika sudah disucikan maka tidak apa-apa menggunakannya.

Namun demikian, bagi seorang muslim yang waraโ€™ (hati-hati dengan yang haram) mereka akan mengutamakan wadah-wadah milik kaum muslimin. Sebab hampir bisa dipastikan kaum muslimin tidak akan memasukkan zat-zat najis ke dalam wadah mereka, seperti lemak babi, arak, dan semisalnya. Ada pun kaum Ahli Kitab dan musyrik, ada kemungkinan mereka pernah menggunakan zat-zat najis ke dalam wadah mereka, walaupun sekali dalam hidupnya.

Oleh karenanya, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam walaupun membolehkan makan menggunakan wadah Ahli Kitab jika suci, Beliau tetap lebih mendahulukan tidak menggunakannya selama masih ada alternatif wadah (baik piring, mangkok, nampan, ember, panci, wajan, bak) milik kaum muslimin.

Dari Abu Tsaโ€™labah Al Khusyani Radhiallahu โ€˜Anhu, katanya:

ู‚ูู„ู’ุชู ูŠูŽุง ู†ูŽุจููŠู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽุง ุจูุฃูŽุฑู’ุถู ู‚ูŽูˆู’ู…ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฃูŽููŽู†ูŽุฃู’ูƒูู„ู ูููŠ ุขู†ููŠูŽุชูู‡ูู…ู’ ….

Aku berkata: โ€œWahai Nabiyallah, sesungguhnya kami tinggal di negerinya kaum Ahli Kitab, apakah kami boleh makan di wadah mereka …. dst

Jawaban nabi adalah:

ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑู’ุชูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ููŽุฅูู†ู’ ูˆูŽุฌูŽุฏู’ุชูู…ู’ ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ูŽุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽุฃู’ูƒูู„ููˆุง ูููŠู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฌูุฏููˆุง ููŽุงุบู’ุณูู„ููˆู‡ูŽุง ูˆูŽูƒูู„ููˆุง ูููŠู‡ูŽุง

Ada pun apa yang kamu ceritakan tentang Ahli Kitab, maka jika kamu mendapatkan selain bejana mereka, maka kamu jangan memakan menggunakan wadah mereka. Jika kamu tidak mendapatkan wadah lain, maka cuci saja wadah mereka dan makanlah padanya .. (HR. Bukhari No. 5478)

Wallahu Aโ€™lam

🍃🌻☘🌷🌺🌸🌾

✏ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top