Hukum Talqin di Kubur

💢💢💢💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Ustadz.. Apakah kisah Rasulullah berbicara kpd mayat org kafir yg dimasukkam ke sumur badar stlg selesainya perang badar bisa dijadikan dasar hukum utk talqin mayit stlh pemakaman?

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Bismillahirrahmanirrahim..

Para ulama berbeda pendapat dalam hal talqin setelah di kubur.

– Sebagian mengatakan sunnah seperti Syafiโ€™iyah dan sebagian Hambaliyah,

– sebagian mengatakan tidak ada syariatnya seperti Hanafiyah, dan makruh menurut Malikiyah.

– Sementara sebagian Hambaliyah mengatakan boleh, bukan sunnah, seperti Imam Ibnu Taimiyah

– dan sebagian sahabat nabi ada yang melakukannya seperti Abu Umamah dan Watsilah bin al Asqa Radhiallahu ‘Anhuma

📌 Pihak yang mengatakan boleh dan sunnah, melandaskan pada beberapa hadits berikut:

Pertama. Hadits anjuran membaca Al Quran setelah mayit di kubur

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุฅูุฐูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ุงูŽ ุชูŽุญู’ุจูุณููˆู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฑูุนููˆู’ุง ุจูู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ูŽุจู’ุฑูู‡ู ูˆูŽู„ู’ูŠูู‚ู’ุฑูŽุฃู’ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูู‡ู ุจูููŽุงุชูุญูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูุฌู’ู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุฎูŽุงุชูู…ูŽุฉู ุณููˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุจูŽู‚ูŽุฑูŽุฉู ูููŠ ู‚ูŽุจู’ุฑูู‡ู

Diriwayatkan dari Ibnu Umar, Beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’Alaihi wa sallam bersabda, โ€œJika diantara kalian ada yang meninggal, maka janganlah ditunda, segeralah dimakamkan. Dan bacakanlah di samping kuburnya, Surat Al-Fatihah di dekat kepala dan ayat terakhir Surat Al Baqarah di dekat kakinyaโ€.

(HR. At Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 13613, Al Baihaqi dalam Syu’ab Al Iman No. 9294. Al Hafidz Ibnu Hajar Al ‘Asqalani, imam pakar hadits dizamannya menyatakan bahwa status hadits di atas adalah HASAN. (Fathul Bari, 3/184). Penghasanan ini juga diikuti oleh: Imam Badruddin Al ‘Ainiy. (‘Umdatul Qari, 12/382). Imam Ash Shan’ani (Subulussalam, 2/106). Syaikh Az Zurqani (Syarh Az Zurqaniy, 2/127). Sementara Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid, mengisyaratkan kedhaifannya karena ada perawi bernama Yahya bin Abdillah Al Baabilutty, dia dhaif. (Majma ‘Az Zawaid, 3/44). Juga didhaifkan oleh Syaikh Al Albani dalam beberapa kitabnya.

Kedua. Hadits anjuran dari Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam setelah selesai menguburkan mayit untuk berkata yang baik-baik dan memohonkan ampun.

ุนูŽู†ู’ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุนูŽูู‘ูŽุงู†ูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ุฅูุฐูŽุง ููŽุฑูŽุบูŽ ู…ูู†ู’ ุฏูŽูู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ูˆูŽู‚ูŽููŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซุงุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆุง ู„ูุฃูŽุฎููŠูƒูู…ู’ุŒ ูˆูŽุณูŽู„ููˆุง ู„ูŽู‡ู ุจูุงู„ุชู‘ูŽุซู’ุจููŠุชูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุขู†ูŽ ูŠูุณู’ุฃูŽู„ูยป

Dari โ€˜Utsman bin โ€˜Affan katanya: Dahulu Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam jika selesai menguburkan mayit dia akan berdiri di sisi kuburnya, dan berkata: โ€œMohonkanlah ampun untuk saudara kalian, dan doakan dia untuk tegar (at Tatsbit), karena dia sekarang sedang ditanya.โ€ (HR. Abu Daud no. 3221. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani, namun dihasankan oleh Syaikh Syuaib al Arnauth)

Ketiga, perilaku para sahabat Anshar yang membaca Al Quran setelah mayit di kubur.

Imam Amir Asy Sya’bi Rahimahullah menceritakan tentang para sahabat Anshar:

ูƒุงู†ุช ุงู„ุฃู†ุตุงุฑ ุฅุฐุง ู…ุงุช ู„ู‡ู… ุงู„ู…ูŠุช ุงุฎุชู„ููˆุง ุฅู„ู‰ ู‚ุจุฑู‡ ูŠู‚ุฑุกูˆู† ุนู†ุฏู‡ ุงู„ู‚ุฑุขู†

Orang-orang Anshar (para sahabat) jika ada yang wafat si antara mereka, mereka berkumpul di kubur mayit tersebut, dan mereka membaca Al Quran di sisinya. (Imam Abu Bakar Al Khalal, Al Qira’ah ‘Indal Qubur, no. 7)

Imam Badruddin Al โ€˜Aini Rahimahullah menerangkan hadits โ€œlaqqinuu mautaakum laa ilaha illallahโ€:

ูˆุงุณุชุฏู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุจุธุงู‡ุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ุฏูู†

Imam Asy Syafiโ€™i berdalil dengan zahirnya hadits, bahwa talqin dilakukan setelah penguburan. (Syarh Sunan Abi Daud, 6/36)

Imam Al Munawi Rahimahullah juga menjelaskan:

ุฃู…ุง ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ู…ูˆุช ูˆู‡ูˆ ููŠ ุงู„ู‚ุจุฑ ูู‚ูŠู„ ูŠูุนู„ ู„ุบูŠุฑ ู†ุจูŠ ูˆุนู„ูŠู‡ ุฃุตุญุงุจู†ุง ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ูˆู†ุณุจ ุฅู„ู‰ ุฃู‡ู„ ุงู„ุณู†ุฉ ูˆุงู„ุฌู…ุงุนุฉ

Ada pun talqin setelah kematian, yaitu di kubur, dikatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mayit selain Nabi ๏ทบ, itulah pendapat sahabat-sahabat kami Syafiโ€™iyah, dan menyandarkan hal

itu sebagai pendapat Ahlus Sunnah wal Jamaโ€™ah. (Faidhul Qadir, 5/281)

Imam Ibnu โ€˜Allan Rahimahullah mengatakan:

ูุงุณุชุญุจูˆ ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ุจุนุฏ ุงู„ู…ูˆุช ูˆุจุนุฏ ุงู„ุฏูู†ุŒ ูˆู‚ุฏ ุฃู„ู ููŠู‡ ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ุณุฎุงูˆูŠ ู…ุคู„ูุงู‹ ู†ููŠุณุงู‹

Mereka (para imam) menyunnahkan talqin setelah kematian dan setelah penguburan, Al Hafizh As Sakhawi telah membuat buku berharga tentang hal ini. (Dalilul Falihin, 6/392)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah termasuk ulama yang membolehkan, berikut ini kami kutipkan dua fatwa Beliau ketika ditanya tentang hukum talqin setelah mayit dikubur:

ุฃุฌุงุจ: ู‡ุฐุง ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ู‚ุฏ ู†ู‚ู„ ุนู† ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ: ุฃู†ู‡ู… ุฃู…ุฑูˆุง ุจู‡ุŒ ูƒุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ ุงู„ุจุงู‡ู„ูŠุŒ ูˆุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆุฑูˆูŠ ููŠู‡ ุญุฏูŠุซ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู„ูƒู†ู‡ ู…ู…ุง ู„ุง ูŠุญูƒู… ุจุตุญุชู‡ุ› ูˆู„ู… ูŠูƒู† ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูŠูุนู„ ุฐู„ูƒุŒ ูู„ู‡ุฐุง ู‚ุงู„ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ูˆุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก: ุฅู† ู‡ุฐุง ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡ุŒ ูุฑุฎุตูˆุง ููŠู‡ุŒ ูˆู„ู… ูŠุฃู…ุฑูˆุง ุจู‡. ูˆุงุณุชุญุจู‡ ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุดุงูุนูŠุŒ ูˆุฃุญู…ุฏุŒ ูˆูƒุฑู‡ู‡ ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ู…ุงู„ูƒุŒ ูˆุบูŠุฑู‡ู…. ูˆุงู„ุฐูŠ ููŠ ุงู„ุณู†ู† ยซุนู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… -: ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ูŠู‚ูˆู… ุนู„ู‰ ู‚ุจุฑ ุงู„ุฑุฌู„ ู…ู† ุฃุตุญุงุจู‡ ุฅุฐุง ุฏูู†ุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„: ุณู„ูˆุง ู„ู‡ ุงู„ุชุซุจูŠุชุŒ ูุฅู†ู‡ ุงู„ุขู† ูŠุณุฃู„ยป ุŒ ูˆู‚ุฏ ุซุจุช ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญูŠู† ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ู‚ุงู„: ยซู„ู‚ู†ูˆุง ุฃู…ูˆุงุชูƒู… ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ยป . ูุชู„ู‚ูŠู† ุงู„ู…ุญุชุถุฑ ุณู†ุฉุŒ ู…ุฃู…ูˆุฑ ุจู‡ุง. ูˆู‚ุฏ ุซุจุช ุฃู† ุงู„ู…ู‚ุจูˆุฑ ูŠุณุฃู„ุŒ ูˆูŠู…ุชุญู†ุŒ ูˆุฃู†ู‡ ูŠุคู…ุฑ ุจุงู„ุฏุนุงุก ู„ู‡ุ› ูู„ู‡ุฐุง ู‚ูŠู„: ุฅู† ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ูŠู†ูุนู‡ุŒ ูุฅู† ุงู„ู…ูŠุช ูŠุณู…ุน ุงู„ู†ุฏุงุก. ูƒู…ุง ุซุจุช ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญ ยซุนู† ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุฅู†ู‡ ู„ูŠุณู…ุน ู‚ุฑุน ู†ุนุงู„ู‡ู…ยป ูˆุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ยซู…ุง ุฃู†ุชู… ุจุฃุณู…ุน ู„ู…ุง ุฃู‚ูˆู„ ู…ู†ู‡ู…ยป ุŒ ูˆุฃู†ู‡ ุฃู…ุฑู†ุง ุจุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูˆุชู‰. ูู‚ุงู„: ยซู…ุง ู…ู† ุฑุฌู„ ูŠู…ุฑ ุจู‚ุจุฑ ุงู„ุฑุฌู„ ูƒุงู† ูŠุนุฑูู‡ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ููŠุณู„ู… ุนู„ูŠู‡ ุฅู„ุง ุฑุฏ ุงู„ู„ู‡ ุฑูˆุญู‡ ุญุชู‰ ูŠุฑุฏ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…ยป . ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

Beliau menjawab: โ€œTalqin seperti itu telah dinukilkan dari segolongan para sahabat bahwa mereka memerintahkan hal ini, seperti Abu Umamah Al Bahili dan selainnya. Dan, diriwayatkan hadits dari Nabi ๏ทบ tetapi tidak bisa dihukumi shahih, dan perbuatan ini tidak dilakukan banyak sahabat nabi. Oleh karena itu Imam Ahmad dan selainnya dari kalangan ulama mengatakan bahwa talqin seperti ini tidak apa-apa, mereka memberikan keringanan padanya namun tidak memerintahkannya. Ada pun sekelompok Syafiโ€™iyah menyunnahkannya, juga pengikut Ahmad (Hambaliyah), tetapi dimakruhkan oleh segolongan ulama Malikiyah dan lainnya.

Tertulis dalam kitab-kitab sunah, dari Nabi ๏ทบ bahwa Beliau berdiri di sisi kubur seorang sahabatnya saat dia dimasukan ke kubur, dan Beliau bersabda: โ€œBerdoalah untuknya keteguhan, karena dia sedang ditanya sekarang.โ€ Telah shahih dalam Shahihain bahwa Nabi ๏ทบ bersabda: โ€œTalqinkan orang yang sedang menghadapi kematian di antara kamu dengan La Ilaha Illallah.โ€ Maka, talqin ketika menghadapi kematian adalah sunah, dan diperintahkan. Telah shahih bahwa seorang yang dikubur akan ditanya dan mengalami ujian, dan dianjurkan untuk mendoakannya. Oleh karena itu, dikatakan bahwa talqin itu bermanfaat baginya, karena mayit mendengarkan panggilan. Sebagaimana hadits shahih: โ€œSesungguhnya mayit mendengar suara sandal kalian.โ€ Dan hadits lain: โ€œTidaklah kalian lebih mendengar apa yang aku katakan diband ing mereka.โ€ Serta perintah nabi kepada kita untuk mengucapkan salam kepada mereka. Nabi ๏ทบ bersabda: โ€œTidaklah seorang laki-laki melewati kubur seorang laki-laki yang dia kenal, lalu dia ucapkan salam, melainkan Allah akan mengembalikan ruhnya sehingga dia menjawab salamnya.โ€ Wallah Aโ€™lam. (Al Fatawa Al Kubra, 3/24)

Demikian penjelasan Imam Ibnu Taimiyah mengenai alasan bolehnya talqin setelah dikubur, dan ini merupakan pendapat Imam Ahmad, Imam Asy Syafi’, dan pengikutnya.

Dalam fatwanya yang lain Imam Ibnu Taimiyah menjelaskan:

ุงู„ุฌูˆุงุจ: ุชู„ู‚ูŠู†ู‡ ุจุนุฏ ู…ูˆุชู‡ ู„ูŠุณ ูˆุงุฌุจุงุŒ ุจุงู„ุฅุฌู…ุงุน. ูˆู„ุง ูƒุงู† ู…ู† ุนู…ู„ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุงู„ู…ุดู‡ูˆุฑ ุจูŠู†ู‡ู… ุนู„ู‰ ุนู‡ุฏ ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ูˆุฎู„ูุงุฆู‡. ุจู„ ุฐู„ูƒ ู…ุฃุซูˆุฑ ุนู† ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉุ› ูƒุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉุŒ ูˆูˆุงุซู„ุฉ ุจู† ุงู„ุฃุณู‚ุน. ูู…ู† ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ู…ู† ุฑุฎุต ููŠู‡ ูƒุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏุŒ ูˆู‚ุฏ ุงุณุชุญุจู‡ ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุฃุตุญุงุจู‡ุŒ ูˆุฃุตุญุงุจ ุงู„ุดุงูุนูŠ. ูˆู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู…ู† ูŠูƒุฑู‡ู‡ ู„ุงุนุชู‚ุงุฏู‡ ุฃู†ู‡ ุจุฏุนุฉ. ูุงู„ุฃู‚ูˆุงู„ ููŠู‡ ุซู„ุงุซุฉ: ุงู„ุงุณุชุญุจุงุจุŒ ูˆุงู„ูƒุฑุงู‡ุฉุŒ ูˆุงู„ุฅุจุงุญุฉุŒ ูˆู‡ุฐุง ุฃุนุฏู„ ุงู„ุฃู‚ูˆุงู„. ูุฃู…ุง ุงู„ู…ุณุชุญุจ ุงู„ุฐูŠ ุฃู…ุฑ ุจู‡ ูˆุญุถ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ูู‡ูˆ ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู„ู…ูŠุช. ูˆุฃู…ุง ุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ุจุฑ ููƒุฑู‡ู‡ุง ุฃุจูˆ ุญู†ูŠูุฉุŒ ูˆู…ุงู„ูƒุŒ ูˆุฃุญู…ุฏ ููŠ ุฅุญุฏู‰ ุงู„ุฑูˆุงูŠุชูŠู†. ูˆู„ู… ูŠูƒู† ูŠูƒุฑู‡ู‡ุง ููŠ ุงู„ุฃุฎ

ุฑู‰. ูˆุฅู†ู…ุง ุฑุฎุต ููŠู‡ุง ู„ุฃู†ู‡ ุจู„ุบู‡ ุฃู† ุงุจู† ุนู…ุฑ ุฃูˆุตู‰ ุฃู† ูŠู‚ุฑุฃ ุนู†ุฏ ู‚ุจุฑู‡ ุจููˆุงุชุญ ุงู„ุจู‚ุฑุฉุŒ ูˆุฎูˆุงุชูŠู…ู‡ุง. ูˆุฑูˆูŠ ุนู† ุจุนุถ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ู‚ุฑุงุกุฉ ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ. ูุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุนู†ุฏ ุงู„ุฏูู† ู…ุฃุซูˆุฑุฉ ููŠ ุงู„ุฌู…ู„ุฉุŒ ูˆุฃู…ุง ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ ูู„ู… ูŠู†ู‚ู„ ููŠู‡ ุฃุซุฑ. ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู….

Jawaban: Talqin setelah mati bukanlah kewajiban berdasarkan ijmaโ€™. Dan itu juga bukan perbuatan kaum muslimin pada masa Nabi ๏ทบ dan para khalifahnya, tetapi itu maโ€™tsur dari segolongan sahabat seperti Abu Umamah dan Watsilah bin Al Asqaโ€™. Di antara para imam yang memberikan keringanan masalah ini seperti Imam Ahmad, segolongan sahabat menyunnahkannya, juga para pengikut Asy Syafiโ€™i. Di antara ulama yeng memakruhkan meyakini itu adalah bidโ€™ah. Jadi, pendapat dalam hal ini ada tiga: SUNAH, MAKRUH, DAN MUBAH, DAN INILAH (YANG MUBAH) PENDAPAT HANG PALING LURUS.

Ada pun yang yang sunah, yang dianjurkan oleh Nabi ๏ทบ adalah berdoa bagi mayit, sedangkan membaca Al Quran di kubur dimakruhkan oleh Abu Hanifah, Malik, Ahmad dalam salah satu di antara dua riwayat darinya, dan dia tidak memakruhkan pada riwayat yang lainnya.

Beliau memberikan keringanan hal ini lantaran telah sampai kepadanya bahwa Ibnu Umar mewasiatkan agar membaca di sisi kuburnya awal surat Al Baqarah dan bagian akhirnya. Juga diriwayatkan dari sebagian sahabat nabi ๏ทบ membaca surat Al Baqarah. Maka, membaca Al Quran adalah maโ€™tsur (memiliki dasar) secara umum, ada pun setelah kelar di kubur tidak ada atsar-nya. Wallahu Aโ€™lam. (Ibid, 3/25)

📌 Sedangkan pihak yang menyatakan tidak adanya talqin setelah penguburan menganggap hadits-hadits tersebut tidak menunjukkan talqin, tapi mendoakan, dan memohon ampunan, dan sekedar membaca Al Quran. Bukan talqin yang artinya membimbing bacaan, mendikte, dan mengingatkan.

Imam Badruddin Al โ€˜Aini Rahimahullah menerangkan:

ูˆุฃุตุญุงุจู†ุง ุฃูˆู„ูˆู‡ ุจู…ุนู†ู‰: ู„ู‚ู†ูˆุง ู…ู† ู‚ุฑุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ูˆุช ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ุŒ ู„ุฃู† ุชู„ู‚ูŠู† ุงู„ู…ูŠุช ู„ุง ูŠููŠุฏ

Sahabat-sahabat (Hanafiyah) kami mentakwil dengan makna: talqinkanlah oleh kalian orang yang mendekati kematian dengan kalimat Laa Ilaha Illallah, karena talqin buat mayit tidak bermanfaat. (Syarh Sunan Abi Daud, 6/36)

Imam Al Munawi Rahimahullah juga menjelaskan:

ูˆู‚ูŠู„ ู„ุง ูŠู„ู‚ู† ูˆุนู„ูŠู‡ ุฃุจูˆ ุญู†ูŠูุฉ ุชู…ุณูƒุง ุจุฃู† ุงู„ุณุนูŠุฏ ู„ุง ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ูŠู‡ ูˆุงู„ุดู‚ูŠ ู„ุง ูŠู†ูุนู‡

Dikatakan, bahwa tidak ada talqin untuk yang sudah di kubur, inilah pendapat Abu Hanifah berdasarkan bahwa jika mayit ini bahagia maka dia tidak membutuhkannya, jika dia sengsara maka itu pun tidak bermanfaat baginya. (Faidhul Qadir, 5/281)

Imam Abul Hasan Al Mubarkafuri mengatakan:

ูˆููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ู…ุดุฑูˆุนูŠุฉ ุงู„ุงุณุชุบูุงุฑ ู„ู„ู…ูŠุช ุนู†ุฏ ุงู„ูุฑุงุบ ู…ู† ุฏูู†ู‡ุŒ ูˆุณุคุงู„ ุงู„ุชุซุจูŠุช ู„ู‡ุŒ ูˆุฃู† ุฏุนุงุก ุงู„ุฃุญูŠุงุก ูŠู†ูุน ุงู„ุฃู…ูˆุงุชุŒ ูˆู„ูŠุณ ููŠู‡ ุฏู„ุงู„ุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุชู„ู‚ูŠู† ุนู†ุฏ ุงู„ุฏูู† ูƒู…ุง ู‡ูˆ ุงู„ู…ุนุชุงุฏ ููŠ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉุŒ ูˆู„ูŠุณ ููŠู‡ ุญุฏูŠุซ ู…ุฑููˆุน ุตุญูŠุญุŒ ูˆุฃู…ุง ู…ุง ุฑูˆูŠ ููŠ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ุฃู…ุง ู…ุฉ ูู‡ูˆ ุถุนูŠู ู„ุง ูŠู‚ูˆู… ุจู‡ ุญุฌุฉุŒ ุนุฒุงู‡ ุงู„ู‡ูŠุซู…ูŠ ู„ู„ุทุจุฑุงู†ูŠุŒ ูˆู‚ุงู„: ููŠู‡ ุฌู…ุงุนุฉ ู„ู… ุฃุนุฑูู‡ู…. ูˆุฃู…ุง ู‚ูˆู„ู‡ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… -: ((ู„ู‚ู†ูˆุง ู…ูˆุชุงูƒู… ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡)) ุŒ ูุงู„ู…ุฑุงุฏ ุนู†ุฏ ุงู„ู…ูˆุช ู„ุง ุนู†ุฏ ุฏูู† ุงู„ู…ุจุช.

Dalam hadits ini merupakan dalil disyariatkannya memohonkan ampunan bagi mayit setelah selesai penguburan dan memohonkan tatsbit (peneguhan ketika ditanya oleh malaikat, pen) untuknya, dan bahwasanya doa orang hidup itu bermanfaat buat orang mati, tapi ini bukan dalil pembolehan talqin setelah dikubur sebagaimana kebiasaan golongan Syafiโ€™iyah. Serta tidak ada pula hadits marfuโ€™ shahih tentang itu. Ada pun hadits dari Abu Umamah adalah dhaif (lemah), dan tidak bisa dijadikan hujjah. Al Haitsami menguatkan riwayat Ath Thabarani dan mengatakan: โ€œDalam riwayat ini terdapat golongan manusia yang aku tidak kenal.โ€ Ada pun hadits โ€“talqinkan mautaakum laa ilaha illallaah, artinya ketika meghadapi kematian, bukan setelah mati. (Mirโ€™ah Al Mafatih, 1/229)

Demikian. Wallahu Aโ€™lam

🌿🌺🌷🌻🌸🍃🌵🌴

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top