Hukum Muraqqi/Bilal dalam Shalat Jumat

💢💢💢💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum wa Rahmatullah… Apakah adanya muraqqi itu bid’ah? (SQO)

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Jawaban:

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Perlu diingat, kita tinggal di negeri yg umumnya menjalankan fiqih syafi’iyyah. Termasuk tata cara shalat Jumat. Muraqqi juga kita temukan di negeri-negeri yang madzhabnya syafi’i, bukan hanya Indonesia.

Maka, jika kita menggunakan kaca mata penduduk Saudi yang Hambali, atau Maroko dan Tunisia yang Maliki, atau Pakistan, India, Banglades yang Hanafi, mungkin kita akan menyalahkannya dan menyebutnya bid’ah.

Tapi, bagi yang paham paradigma dan konsep fiqih madzhab Syafi’i maka kita akan paham dan maklum jika itu terjadi. Dalam madzhab Syafi’i, dikenal “bid’ah hasanah” seperti yang dikatakan para imam besar seperti Imam an Nawawi, Imam Ibnu Hajar, Imam as Suyuthi, Imam Abu Syamah, dan lainnya. Mereka adalah imamnya para imam dimasanya. Bagi Syafi’iyyah Muraqqi itu bid’ah hasanah. Bahkan bukan bid’ah tapi sunnah.

Berikut ini perkataan Imam Sulaiman al Jamal Rahimahullah:

واتخاذ المرقى بدعة حسنة لم تفعل في عهده – صلى الله عليه وسلم – ولا عهد الخلفاء الثلاثة بعده كذا في عبارة شيخنا

Mengangkat muraqi adalah bid’ah hasanah, belum terjadi di masa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan masa khalifah yang tiga. Demikian perkataan guru kami.

وعبارة غيره حدث بعد الصدر الأول قال حج وأقول يستدل لذلك أي للسنة بأنه «- صلى الله عليه وسلم – أمر من يستنصت له الناس عند إرادته خطبة منى في حجة الوداع» وهذا شأن المرقى فلا يدخل في حد البدعة أصلا انتهت

Sumber yg lain menyebut bahwa muraqqi ini sudah terjadi sejak masa awal Islam. Imam Ibnu Hajar berkata, “Dalilnya ada dalam sunnah, yaitu saat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan manusia untuk diam disaat Beliau hendak khutbah di Mina saat haji Wada’,” inilah muraqqi. Jadi, pada dasarnya itu BUKAN BID’AH.

(Hasyiyah al Jamal, 2/35)

Dalam rujukan kitab yang lain juga demikian, misalnya Imam Qalyubi dan Imam ‘Amirah:

اتخاذ المرقى المعروف بدعة حسنة لما فيها من الحث على الصلاة عليه – صلى الله عليه وسلم – بقراءة الآية المكرمة وطلب الإنصات بقراءة الحديث الصحيح الذي كان – صلى الله عليه وسلم – يقرؤه في خطبه ولم يرد أنه ولا الخلفاء بعده اتخذوا مرقيا. وذكر ابن حجر أنه له أصلا في السنة وهو «قوله – صلى الله عليه وسلم – حين خطب في عرفة لشخص من الصحابة استنصت الناس»

Mengangkat seorang muraqqi dikenal sebagai bid’ah hasanah. Sebab di dalamnya ada ajakan untuk shalawat, membaca Al Quran, dan perintah untuk diam, dimana haditsnya pernah dibaca Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam saat khutbah, para khalifah setelahnya tidak memaknainya sebagai muraqqi.

Sementara Imam Ibnu Hajar menilainya itu ada dasarnya dalam sunnah, yaitu disaat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam khutbah di Arafah Beliau memerintahkan salah satu sahabat untuk menyuruh manusia diam.

(Hasyiyata Qalyubi wa ‘Amirah, 1/326)

Maka, hendaknya kita lapang dada dalam masalah ini.

Demikian. Wallahu a’lam

🌳🌷🍁🍀🌻🌿🍃🌸

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top