Jangan Takut Menyerupai Orang Shalih, Walau Kita Merasa Belum Shalih

💢💢💢💢💢💢💢💢💢

📌 Manusia biasanya suka mengikuti atau meniru apa yang dilihatnya dan disukainya

📌 Maka tirulah orang-orang baik, baik pada penampilan, perbuatan, dan perkataannya

📌 Sering manusia berkata: “Jadilah diri sendiri!” Ini bagus jika memang diri kita baik. Tapi, jika ternyata buruk maka jangan berlama-lama dalam keburukan dgn alasan jadilah diri sendiri.

📌 Maka, tidak usah malu meniru para shalihin, ulama, dan orang-orang baik lainnya walau kita masih jauh seperti mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุดูŽุจู‘ูŽู‡ูŽ ุจูู‚ูŽูˆู’ู…ู ููŽู‡ููˆูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’

Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk kaum tersebut.

(HR. Abu Daud no. 4031. Dishahihkan oleh Imam Al โ€˜Iraqi dan Imam Ibnu Hibban. Lihat Imam Al โ€˜Ajluni, Kasyful Khafa, 2/240)

📌 Berdasarkan hadits ini, maka tirulah orang shalih pada kebaikan yang mereka lakukan.

Al ‘Alqami Rahimahullah mengatakan:

ุฃูŽูŠู’ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุดูŽุจู‘ูŽู‡ูŽ ุจูุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญููŠู†ูŽ ูŠููƒู’ุฑูŽู…ู’ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠููƒู’ุฑูŽู…ููˆู†ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽุดูŽุจู‘ูŽู‡ูŽ ุจูุงู„ู’ููุณู‘ูŽุงู‚ู ู„ูŽู…ู’ ูŠููƒู’ุฑูŽู…ู’ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูˆูุถูุนูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุงู„ุดู‘ูุฑูŽููŽุงุกู ุฃููƒู’ุฑูู…ูŽ ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽุญูŽู‚ู‘ูŽู‚ู’ ุดูŽุฑูŽููู‡ู

Yaitu siapa yang meniru orang-orang shalih maka dia akan dimuliakan sebagaimana orang-orang shalih dimuliakan. Siapa yang menyerupai orang fasiq maka dia tidak akan dimuliakan. Siapa yang pada dirinya ada tanda orang-orang mulia maka dia akan dimuliakan, walau dia sendiri belum bisa merealisasikan apa yang dilakukan orang-orang mulia tersebut. (Aunul Ma’bud, 7/153)

📌 Maka, janganlah mencela saudara-saudara kita yang kesehariannya memakai pakaian ala ulama, kiayi, dan shalihin, seprti peci, surban, gamis, kain sarung, koko, dan semisalnya. Walau kita kenal orang itu bukan siapa-siapa.

📌 Sebab, apa yang dilakukannya adalah upaya memulai utk meraih kemuliaan sebagaimana orang-orang baik yang diikutinya, dibanding tidak sama sekali.

Demikian. Wallahu a’lam

🌷🍀🌿🌸🌻🍃🌳🍁

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top