Mestikah Bersuci Saat Hendak Sujud Tilawah?

💢💢💢💢💢💢

📨 PERTANYAAN:

Assalamualaikum. Afwan ustaz ingin bertanya. Apakah saat sujud tilawah harus dalam keadaan berwudhu dan menutup aurat? Jazakallah khoiron (+62 852-8730-xxxx)

📬 JAWABAN

🍃🍃🍃🍃🌵

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh ..

Ya, demikianlah mayoritas ulama. Bahwa sujud tilawah itu sebagaimana shalat.

Imam Al Qurthubi menjelaskan:

ولا خلاف في أن سجود القرآن يحتاج إلى ما تحتاج إليه الصلاة من طهارة حدث ونجس ، ونية ، واستقبال قبلة ، ووقت . إلا ما ذكر البخاري عن ابن عمر أنه كان يسجد على غير طهارة . وذكره ابن المنذر عن الشعبي

Tidak ada perselisihan bahwa sujud tilawah itu dibutuhkan padanya sebagaimana pada shalat baik berupa suci dari hadats dan najis, menghadap kiblat, dan waktunya.

Kecuali apa yg diceritakan oleh Imam Al Bukhari, dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma, bahwa Beliau pernah sujud tilawah tanpa bersuci. Ini juga diceritakan oleh Ibnul Mundzir dari Asy Sya’biy.

(Tafsir Al Qurthubi, 9/438)

Jadi, inilah pendapat umumnya ulama. Namun, sebagian ulama ada yang mengikuti pendapat bahwa sujud tilawah tidak mesti bersuci, walau sebaiknya bersuci.

Bagi mereka tidak disyaratkan wajib suci bagi yang ingin sujud tilawah, dengan kata lain BOLEH dan SAH tanpa wudhu.

Seperti pendapat Imam Ibnu Taimiyah. (Al Fatawa Al Kubra, 5/340), juga fatwa Al Lajnah Ad Daimah di Arab Saudi (7/263), begitu pula para ulama Saudi seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baaz (Fatawa Nur ‘Alad Darb, 10/461), Syaikh Ibnu Al ‘Utsaimin (Majmu’ Fatawa wa Rasaail, 11/215), dll.

Imam Asy Syaukani juga memperkuat pendapat ini dengan mengatakan:

ليس في أحاديث سجود التلاوة ما يدل على اعتبار أن يكون الساجد متوضئا ، وقد كان يسجد معه – صلى الله عليه وسلم – من حضر تلاوته ، ولم ينقل أنه أمر أحدا منهم بالوضوء

Tidak ada petunjuk dalam hadits-hadits sujud tilawah yg menyebutkan wudhu bagi yang sujud tilawah. Dahulu, orang-orang sujud tilawah bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan tidak ada riwayat yang menunjukkan bahwa mereka diperintahkan untuk berwudhu.

(Nailul Awthar, 5/347)

Bagi saya .. yang paling hati-hati adalah tetap berwudhu, sebagaimana pendapat jumhur ulama. Andaikan pendapat yg paling kuat adalah boleh sujud tilawah tanpa wudhu, tapi demi kehati-hatian maka lebih baik berwudhu.

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid mengatakan:

غير أن الأحوط ، على كل حال : ” ألا يَسْجُدَ الإِنسانُ إِلا وهو على طَهَارةٍ ، كما أنَّهُ يَنْبغي أَنْ يقرأ على طهارة

Hanya saja pendapat yg hati-hati, bagiamana pun juga adalah jangan lah manusia bersujud kecuali dalam keadaan suci, sebagaimana sebaiknya dia bersuci saat membaca Al Qur’an.

(Fatawa Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 235969)

Demikian. Wallahu a’lam

🌷🌱🌴🌾🌸🍃🌵🍄

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top