Sabar Itu Meninggikan Derajat

💢💢💢💢💢💢💢💢

📌 Awal tahun 2020 Indonesia dirundung duka, banjir sangat luas menimpa tiga propinsi; DKI, Jawa Barat, dan Banten

📌 Musibah ini menelan banyak kehancuran, mulai dari rumah, sekolah, tempat ibadah, kendaraan, sawah, peternakan, bahkan jiwa manusia.

📌 Semua kita perlu muhasabah, tidak perlu saling menyalahkan sebab ini bencana alam yang menimpa semuanya.

📌 Bagi seorang muslim, perlu diingat, bisa jadi ini adalah cara Allah ﷻ menguji keimanan dan memunculkan siapa pemenangnya di sisiNya.

📌 Bisa jadi ada orang mulia dan tinggi derajatnya, bukan karena shalat, puasa, zakat, dan hajinya semata, tapi karena kesabaran dan keikhlasan yang tinggi saat menghadapi penderitaan, rasa sakit, dan musibah.

📌 Lihat Nabi Ayyub ‘Alaihissalam menjadi manusia terbaik karena kesabarannya atas ujian, dan dia tetap taat walau dalam keadaan sulit.

Allah ﷻ berfirman:

إِنَّا وَجَدۡنَٰهُ صَابِرٗاۚ نِّعۡمَ ٱلۡعَبۡدُ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٞ

Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sungguh, dia sangat taat (kepada Allah).

(QS. Shad, Ayat 44)

📌 Semua penderitaan ini akan menghapuskan dosa kita, asalkan sabar, Allah ﷻ akan ganti dengan surga.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِي نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ

“Ujian senantiasa menimpa orang mu`min pada diri, anak dan hartanya hingga ia bertemu Allah dengan tidak membawa satu kesalahan pun atasnya.”

(HR. At Tirmidzi no. 2399, hasan shahih)

Dalam hadits qudsi, Rasulullah ﷺ bersabda:

يَقُولُ اللَّهُ سُبْحَانَهُ ابْنَ آدَمَ إِنْ صَبَرْتَ وَاحْتَسَبْتَ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُولَى لَمْ أَرْضَ لَكَ ثَوَابًا دُونَ الْجَنَّةِ

Allah ﷻ berfirman kepada anak Adam: “Jika kamu bersabar dan dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali surga.”

(HR. Ibnu Majah no. 1597, Hasan)

Wa Shalallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa’ ala aalihi wa Shahbihi wa Sallam

🌿🌺🌷🌻🌸🍃🌴🌵

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top