Berterima Kasihlah Kepada Manusia

🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لا يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لا يَشْكُرُ النَّاسَ

Tidaklah bersyukur/berterima kasih kepada Allah, orang yang tidak bersyukur kepada manusia. (Hr. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ahmad, Abu Daud. Shahih)

Dalam hadits lain:

مَنْ لمْ يشْكُر النَّاسَ لَمْ يشْكُر الله

Barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Allah Allah. (Hr. At Tirmidzi, katanya: hasan shahih)

Imam Al Khathabi Rahimahullah menjelaskan:

هذا الحديث فيه ذم لمن لم يشكر الناس على إحسانهم. وفيه أيضا الحث على شكر الناس على إحسانهم. وشكر الناس على إحسانهم يكون بالثناء عليهم وبالكلمة الطيبة وبالدعاء لهم

Hadits ini terdapat celaan bagi orang yang tidak berterima kasih terhadap kebaikan manusia, dan hadits ini juga terdapat dorongan untuk berterima kasih kepada manusia atas kebaikan mereka. Berterima kasih kepada manusia bisa terwujud dengan cara memujinya, berkata-kata yang baik, dan mendoakan mereka. (Ma’alim As Sunan, 4/133)

Imam Ibnul Atsir Rahimahullah mengatakan:

معناه إن الله تعالى لا يقبل شكر العبد على إحسانه إليه، إذا كان العبدُ لا يشكر إحسان الناس ويكفر أمرهم

Maknanya adalah sesungguhnya Allah tidak menerima syukurnya seorang hamba atas kebaikanNya kepadanya, selama hamba itu tidak bersyukur atas kebaikan manusia dan inkar terhadap urusan mereka. (An Nihayah fi Gharibil Hadits, 2/1200)

Cara bersyukur yang baik kepada manusia adalah dengan membalas kebaikannya, jika tidak mampu maka ucapkan: “Jazakallah khairan.”

Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

من أُتي إليه معروفٌ فليكافئ به، فإن لم يستطع فليذكره، فمن ذكره فقد شكره

Barang siapa yang diberikan kebaikan maka hendaknya membalasnya, jika tidak mampu maka hendaknya menyebut kebaikan itu, dan siapa yang menyebutnya maka dia telah bersyukur kepadanya. (Hr. Ahmad, Ath Thabarani, hadits ini hasan)

Dari Usamah bin Zaid Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

من صُنع إليه معروفٌ فقال لفاعله:جزاك الله خيراً، فقد بالغ في الثناء

Siapa yang telah dibuatkan kebaikan untuknya, maka katakanlah kepada pelaku kebaikan itu: “Jazakallah khairan,” maka itu pujian yang benar-benar mendalam baginya. (Hr. At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Hibban, dll. shahih)

Demikian. Wallahu A’lam

☘🌸🌺🌴🌻🌾🌷🍃

✍ Farid Nu’man Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

scroll to top