🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾🐾
✅ Dari Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
إن الله يحب أن تؤتى رخصه كما يحب أن تؤتى عزائمه
“Sesungguhnya Allah suka jika keringanan yang diberikanNya dilakukan, sebagaimana DIa juga suka jika ‘azimah (kewajiban awal sebelum diringankan)nya dikerjakan.”
(HR. Ath Thabarani dalam Al Awsath No. 8032, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 3606, Ibnu Hibban No. 354. Syaikh Syu’aib Al Arna’uth: SHAHIH)
✅ Dari Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
إن الله يحب أن تؤتى رخصه كما يكره أن تؤتى معصيته
“Sesungguhnya Allah suka jika keringanannya dilaksanakan, sebagaimana Dia benci jika maksiat dikerjakan.”
(HR. Ibnu Hibban No. 2742. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 3607, Ahmad No. 5866. Imam Al Haitsami mengatakan rijalnya shahih. Syaikh Syu’aib Al Arnauth: isnadnya kuat)
✅ Dari Aisyah Radhiallahu ‘Anha:
مَا خُيِّرَ رَسُولُ اللهِ بَيْنَ أَمْرَيْنِ إِلَّا أَخَذَ أَيْسَرَهُمَا مَا لَمْ يَكُنْ إِثْمًا فَإِنْ كَانَ إِثْمًا كَانَ أَبْعَدَ النَّاسِ مِنْه
“Tidaklah Rasulullah dihadapkan dua perkara melainkan dia akan memilih yang lebih ringan, selama tidak berdosa. Jika mengandung dosa, maka dia paling jauh darinya. ”
(HR. Al Bukhari No. 3560, dan MuslimNo. 2327)
📚 Apakah Rukhshah (keringanan/dispensasi)?
Imam Ash Shan’ani Rahimahullah mengatakan:
وعند أهل الأصول أن الرخصة ما شرع من الأحكام لعذر والعزيمة مقابلها، والمراد بها هنا ما سهله لعباده ووسعه عند الشدة من ترك بعض الواجبات وإباحة بعض المحرمات
Menurut Ahli Ushul, rukhshah adalah hukum-hukum yang disyariatkan yang disebabkan adanya ‘udzur (penghalang). Sedangkan ‘Aziimah adalah kebalikannya (hukum saat tidak ada ‘udzur).
Sedangkan maksud rukhshah di sini adalah apa-apa yang dimudahkan oleh Allah ﷻ bagi hamba-hambaNya, dan Dia lapangkan dikala sulit, baik berupa meninggalkan sebagian kewajiban dan membolehkan sebagian perkara yang diharamkan .. (Subulus Salam, 2/38)
Imam Al Munawi mengatakan:
وهي تسهيل الحكم على المكلف لعذر حصل
Rukhshah adalah keringanan hukum atas mukallaf (hamba yang sudah kena beban syariat) karena adanya ‘udzur. (Faidhul Qadir, 2/376)
Beliau juga mengatakan:
ومفهوم محبته لإتيان الرخص أنه يكره تركه
Makna yang bisa dipahami dari “Allah suka bagi orang yang melaksanakan rukhshah” bahwa makruh jika meninggalkan rukshah tersebut.” (Ibid)
Tentunya, ini terjadi jika rukhshah tersebut memang sudah memenuhi syaratnya atau keadaan sudah tidak memungkinkan melakukan pekerjaan secara normal.
Wallahu A’lam
🌷☘🌺🌴🍃🌸🌾🌻
✍ Farid Nu’man Hasan