Fiqih Shalat Gerhana (Bag. 4)

💦💥💦💥💦💥

6⃣ Apakah Ada Cara Lain?

Dalam pandangan Imam Abu Hanifah dan pengikutnya, tatacara shalat gerhana adalah dua rakaat biasa dengan sekali ruku, sebagaimana shalat hari raya atau shalat Jumat.

Imam An Nawawi menyebutkan:

وقال الكوفيون هما ركعتان كسائر النوافل عملا بظاهر حديث جابر بن سمرة وأبي بكرة أن النبي صلى الله عليه و سلم صلى ركعتين

Berkata Kufiyyin (Para ulama Kufah), shalat gerhana adalah dua rakaat sebagaimana shalat nafilah lainnya, berdasarkan zahir hadits Jabir bin Samurah dan Abu Bakrah bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat dua rakaat. [1]

Dalilnya adalah bahwa:

▶     Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

فإذا رأيتم ذلك فصلوا كأحدث صلاة صليتموها من المكتوبة

Maka, jika kalian melihat gerhana, shalatlah kalian sebagaimana shalat wajib yang kalian lakukan. [2]

▶      Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

الشمس انخسفت فصلى نبي الله صلى الله عليه وسلم ركعتين ركعتين

Matahari mengalami gerhana, lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat dua rakat dua rakaat. [3]

Namun dua hadits ini dipermasalahkan para ulama.

📌 Hadits yang pertama, banyak imam yang mengisyaratkan kedhaifan hadits ini lantaran terputus sanadnya, seperti Imam Al Baihaqi   [4], Imam Yahya Al Qaththan[5], Imam Abu Hatim sebagaimana dikutip Az Zailai’i [6], Imam Al Haitsami [7], Syaikh Syu’aib Al Arnauth[8], Syaikh Al Abani mengatakan: sanadnya idhthirab (guncang).[9]

Sementara Imam Ibnu Abdil Bar menshahihkan hadits ini [10], juga Imam An Nawawi dan Imam Al Hakim menshahihkannya.[11]

📌 Sedangkan hadits kedua, dinyatakan dhaif oleh Syaikh Al Albani.[12]

Oleh karena pendapat jumhur ulama, bahwa shalat gerhana dengan cara dua rakaat yang masing-masing rakaat dua kali ruku’, adalah pendapat yang lebih kuat, sebagaimana pernyataan berikut:

📖 Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan:

وحجة الجمهور حديث عائشة من رواية عروة وعمرة وحديث جابر وبن عباس وبن عمرو بن العاص أنها ركعتان في كل ركعة ركوعان وسجدتان قال بن عبدالبر وهذا أصح ما في هذا الباب

Alasan jumhur adalah hadits ‘Aisyah dari riwayat, ‘Urwah, ‘Umrah, jabir, Ibnu Abbas, Ibnu Amr bin Al ‘Ash, bahwa shalat tersebut adalah dua kali ruku pada setiap rakaat, dan juga dua kali sujud. Ibnu Abdil Bar berkata: Ini adalah yang paling shahih tentang masalah ini.[13]

📖 Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah menjelaskan:

 السنة الصحيحة الصريحة المحكمة في صلاة الكسوف تكرار الركوع في كل ركعة، لحديث عائشة وابن عباس وجابر وأبي بن كعب وعبد الله بن عمرو بن العاص وأبي موسى الاشعري
كلهم روى عن النبي صلى الله عليه وسلم تكرار الركوع في الركعة الواحدة، والذين رووا تكرار الركوع أكثر عددا وأجل وأخص برسول الله صلى الله عليه وسلم من الذين لم يذكروه

Sunah yang shahih dan jelas, yang bisa dijadikan hukum tentang shalat kusuf adalah yang menunjukkan diulangnya ruku pada setiap rakaat, yang ditunjukkan oleh hadits ‘Asiyah, Ibnu ‘Abbas, jabir, Ubai bin Ka’ab, Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, dan Abu Musa Al Asy’ari.

Semuanya meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa ruku diulang dalam satu rakaat, orang-orang yang meriwayatkan berulangnya ruku lebih banyak jumlahnya, lebih berwibawa, lebih istimewa hubungannya dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dibanding orang-orang yang tidak menyebutkan hal demikian. [14]

Wallahu A’lam

📓📕📗📘📙📔📒

✏ Farid Nu’man Hasan


🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃

[1] Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6/198
[2] HR. Ahmad No. 20607, dari Qabishah, An Nasa’i dalam As Sunan Al Kubra No. 1870, dari An Nu’man bin Basyir, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 6128, Al Bazzar No. 1371, Ath Thabarani dalam Al Kabir No. 957, dalam Al Awsath No. 2805
[3] HR. An Nasa’i dalam Sunannya No. 1487, juga dalam As Sunan Al Kubra No. 1872, Al Bazzar No. 3294
[4] Imam Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra No. 6128
[5] Imam Ibnu Hajar, At Talkhish Al Habir, 2/215
[6] Imam Az Zaila’i, Nashbur Rayyah, 2/228
[7] Imam Al Haitsaimi, Majma’ Az Zawaid, 2/446
[8] Syaikh Syu’aib Al Arnauth, Ta’liq Musnad Ahmad No. 20607
[9]  Syaikh Al Albani, Tamamul Minnah Hal. 262
[10] Imam Ibnu Hajar, Talkhish Al Habir, 2/215
[11] Imam An Nawawi, Khulashah Al Ahkam, 2/863
[12]  Syaikh Al Albani, Dhaif ul Jami’ No. 1474, Shahih wa Dhaif Sunan An Nasa’i No. 1487
[13] Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6/198
[14] Syaikh Sayyid Sabiq,  Fiqhus Sunnah, 1/214. Lihat juga Raudhah An Nadiyah, 1/157

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top